Nis Windows

www.niswindows.com

Review Buku : 99 Sedekah Kreatif

Posting Komentar

Judul buku : 99 Sedekah Kreatif

Penulis : Dewi Ambarsari

Penerbit : PT Elex Media Komputindo

Tahun :  2017

Jumlah : 148 halaman ebook



Review Isi Buku 99 Sedekah Kreatif

Dalam buku 99 Sedekah Kreatif ini ada beberapa cara agar bisa sedekah kreatif dan bervariasi. Sehingga sedekah  tidak hanya membangun masjid, memberikan alat sholat dan al-quran saja tapi banyak hal yang bisa dilakukan untuk bersedekah. Misalnya senyum saja bisa dapat dianggap sedekah. 

Sebagian besar isinya lebih menitikkan cara-cara untuk bersedekah jadi kalian tidak akan kebingungan lagi untuk mencari varian sedekah. Selain varian sedekah yang banyak kalian juga diberikan ilustasi yang menarik dibagian 99 macam sedekah kreatif.

Dibagian awal buku ini menjelaskan teori tentang sedekah apa perbedaannya dengan zakat dan infak. Lalu juga keutamaan sedekah, jenis-jenis sedekah dan kisah teladan orang yang bersedekah.

 Sedekah ini bisa bermacam-macam sehingga kita dapat kelompokan menjadi sedekah Ilmu, sedekah Harta, dan sedekah tenaga dan pikiran. Seperti senyum itu dapat di kelompokan dalam sedekah tenaga karena memerlukan bibir untuk berusaha dinaikkan.

Berikut adalah beberapa sedekah kreatif yang menarik bagiku:

- Sedekah pada Tukang Sampah

Jika kebetulan bertemu dengan tukang angkut sampah keliling berilah sedikit rezeki untuk mereka. Sambil ucapkan “Pak ini ada titipan rezeki dari Allah, terimakasih sudah membantu kami membuat bumi ini menjadi bersih dari sampah”. Jangan lupa ya suatu perkataan yang baik dan menyenangkan hari muslim lainnya itu merupakan sedekah juga loh.


- Sedekah Buku Saku Zikir atau Doa

Belilah beberapa buku saku zikir atau doa sebagai souvenir saat ada arisan. Mungkin bisa juga sebagai souvenir nikahan kalau dananya cukup. Setiap doa yang digunakan dari buku saku yang kita berikan bisa jadi pahala kita juga.


- Sedekah peralatan salat untuk satpam

Menjelang lebaran berikanlah hadiah berupa alat salat dan sarung hal tersebut lebih banyak manfaat dan pahalanya bisa kita dapat setiap kali dipakai untuk beribadah.


- Gerakan belanja warung tetangga

Biasakanlah belanja bulanan di warung tetangga agar perekonomian tetangga kita terbantu.  Mungkin harganya sedikit mahal dibandingkan ditempat lain atau tidak seperti supermarket yang pelayanannya bagus dan ber-AC tapi hal itu dapat mempererat tali silaturrahmi/ukhuwah antar tetangga.


- Sedekah pada orang yang sedang sakit

Sakit merupakan pengguran dosa dan tanda cinta Allah agar hambanya berkurang dosanya. Jika ada saudara muslim yang sakit jenguk dan berilah hadiah. Jangan ada satu detik dari waktu kita yang sia-sia, kecuali diisi dengan kebaikan, kebaikan dan berbuat kebaikan. Karena sedekah secara luas dapat diartikan tindakan menyenangkan hati orang lain.


- Membantu orang menaikkan barang

Melihat ada yang kesulitan menaikan barang maka bantulah. Kalau kalian perempuan mungkin tidak kuat menaikkan barang bisa dengan membantu ibu untuk membawakan belanjaannya. Karena setiap kemudahan yang kita berikan untuk orang lain merupakan sedekah.


Tentang Penulis Buku

Penulis bernama Dewi Ambarsari ini merupakan ibu dari dua orang anak yang juga bekerja di perusahaan BUMN serta mengelola bimbel STANHunters.com bersama suami. Penulis dan suami adalah pengurus yayasan Darul Mustofa. Sosok yang Masya Allah keren ya ditengah kesibukan juga bisa menghasilkan buku ini.



Kesimpulan

Bukunya hanya 148 halaman dengan tulisan yang tidak banyak membuat kalian cepat selesai dalam membacanya. Cocok untuk yang tidak ingin membaca bahan bacaan yang terlalu berat. Ilustrasinya cukup menarik. 

Dari 99 cara sedekah kreatif sebagian besar sudah kita ketahui tapi tidak mengapa biar kita tambah ingat.



Niswin
Hey you can call me Niswin. I born and live at Banjarmasin City, Kalimantan Selatan Province. I work at Province government. I am blogger and reviewer book. I also love cat. You can follow my instagram @niswindows_com and also my lifestyle blog www.niswindows.com

Related Posts

Posting Komentar