Nis Windows

Tentang Niswin

8 komentar

Tentang Niswin dan Blog

Niswin


Hai, namaku Niswin, perempuan yang lahir dan tinggal di Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan. Saat ini kegiatanku bekerja khususnya bagian pelayanan dan keuangan. Aku juga bekerja sebagai pelatih ekskul drumband untuk anak-anak madrasah Ibtidaiyah di daerahku. Tetapi karena sekarang sedang covid maka sekolah masih di liburkan.

Kegiatan

Sekarang aku menjadi member di Komunitas Blogger lokal di daerahku yaitu Female Blogger of Banjarmasin sebagai pengurus di bagian Sosial Media Management. Dan barusan komunitas ini merayakan acara Anniversary yang ke 4 tahun, Sehingga banyak acara yang harus diurus. Sebelum Covid aku juga menjadi volunteer di suatu komunitas yang mengajarkan anak-anak desa yang tidak memiliki fasilitas untuk belajar komputer. Kemudian saat ini aku sedang belajar mengenai blogger dengan mengikuti kelas dari blogspedia .


Kesukaan

  • Baca Buku

Aku yang introvert ini mulai suka membaca sejak MTs(SMP) dan pernah dapat hadiah sebagai salah satu peminjam buku terbanyak di Perpustakaan sekolah. Setelah membaca aku suka mencatat bagian favoritku di buku tulis. Kemudian aku mulai aktif menulis review buku di instagram dan blog sejak awal tahun 2019. Kalian bisa kunjungi instagram aku di @nswndt

  • Desain

Selain suka membaca aku juga suka ngedesain, Dulu aku suka bermain photoshop dan corel draw meski tidak terlalu jago. Sekarang tidak terlalu lagi karena lebih sering memakai Canva dan untuk membuat ilustrasi aku juga suka memakai aplikasi Medibang. Di instagramku @nswndt aku sering membagikan quotes buku yang menggunakan ilustrasi sendiri. Kemudian aku juga punya instagram satunya yang khusus untuk membuat ilustrasi dan gambar-gambar di @winniswin_

  • Kucing

Dari kecil pengen banget punya kucing tapi sadar diri belum sanggup merawat. Jadi diam-diam setiap ada kucing kecil lewat selalu aku dan adikku culik untuk masuk ke rumah. Lalu sekitar akhir tahun 2018 karena suatu insiden yang tak terduga akhirnya diperbolehkan punya kucing. Sekarang kalau pulang ke rumah selalu nyariin kedua kucingku terlebih dulu. Tahun lalu aku kehilangan 5 ekor kucingku yaitu satu induk dan keempat anaknya.


Tentang Blog Impian


1. Judul blog 

Mungkin judul blog menyamakan dengan nama domain blogku yang sudah ada saja. Aku pengennya orang memanggil aku dengan nama Niswin. Kalau ada spasi antara nis dan win orang mungkin mengira namaku nis aja. Pengennya sih Niswin Windows, tapi keliatan agak belibet nyebutnya, iya nggak? 

Namaku aslinya Anis Winda. salah satu alasan kenapa aku milih nama Niswin adalah karena di suatu lingkungan entah kampus, komunitas atau sekolah dimana aku berada itu pasti ada yang namanya dipanggil nis, entah Nisa dari Khairunnisa, Annisa yang dipanggil Anis juga. Aku kadang suka nengok padahal yang dipanggil bukan aku. 

Terus juga ada nama yang mirip-mirip winda, kayak Winarni, Erwin dipanggil win. Atau ada dua winda di lingkungan aku. Jadilah aku pilih Niswin. Kata yang menurutku tidak pasaran. 

Eh pas aku cek sudah ada tuh website www.niswin.com . Websitenya tentang perusahaan pertanian gitu. Padahal pengen banget namanya niswin doang. Dan aku mikir lagi apa perlu ya ditambahin kata-kata gitu kayak niswinstory.com niswincerita.com niswinjournal.com coretanniswin.com. Itu juga aku tanyakan pendapat temen-temen tentang nama blogku mereka bilang Niswindows itu udah bagus, itu aja udah yang di TLD, soalnya itu unik win. Gak semua orang namanya pas ditambahin kata bahasa inggris gitu. 

Oh ya salah satu kenapa aku menulis adalah aku itu introvert yang pemikir. Dalam hal komunikasi lisan aku belibet banget ngomongnya. Kadang ngomong itu harus ngejelasin dua kali ke orang lain. Atau kadang mau ngomong mikir dulu kalau gini terus dia bakal jawab gini nanti aku Tanya lagi gini. Wkwk.. 

Nah komunikasikan gak hanya lisan, ada tiga kalau gak salah. Lisan, Tulisan dan Bahasa Tubuh. Jadi aku berusaha mengasah skill dibidang tulisan karena menulis itu menggunakan pikiran yang aku banget, kalau salah masih bisa diedit beda kalau ngomong langsung. Dan aku berharap juga dengan menulis aku bisa memperbaiki skill komunikasi di lisanku. 

Oh ya kenapa windows nya gak window aja ? gak ada alasan khusus sih kayak lebih bagus aja jika s nya ada dua di dalam niswindows.com masa niswindow.com ntar dikira widow lagi nikah aja belum wkwk.. 

2. Tagline dan cerita awal ngeblog

Tagline ku : Review Buku dan Cerita Niswin lainnya.

Aku bikin blog itu tahun 2016. Dan masih gitu-gitu aja baru dua tahun ini jadi lebih berisi postingan. Alasannya jadi minim postingan karena aku bingung mau nulis apa. Akhirnya aku mikir apa sih yang aku suka dan sering banget aku lakukan secara rutin. Kepikirlah untuk menuliskan tulisan review buku yang sudah aku baca di blog. 

Dan kemudian aku ketemu juga sama komunitas di instagram yang punya kegiatan bikin review buku satu minggu satu buku. Aku ikutan disana ternyata lebih senang di instagram karena ada yang liat tulisanku. Dan karena ada challenge dari instagram komunitas kalau telat kena warna merah. Jadi aku memprioritaskan instagram dan kadang untuk blog Cuma aku jadikan arsip agar tulisan reviewku lebih mudah waktu mau dicari.

Kalau nulis di blog ya gak masalah karena gak ada yang komentar juga. Nah di instagram waktu itu aku masih malu bikin review buku jadi selama satu tahun foto postingan review buku di instagram ku itu komentarnya aku nonaktifkan. Karena aku takut ada temen yang bilang di komentar aku terlalu rajin baca buku atau mereka berpikir aku sok pinter. Eh ada loh temenku yang ngira aku jualan buku. Syukurnya dia lewat dm aja sih nanyanya. Tapi tahun ini udah aku buka komentarnya. Udah lebih bisa menerima gitu akunya. Heheee.. 

Dan kemudian aku ikutan suatu komunitas blog dan sekarang pengen bener-bener belajar tentang blog. Ya setelah aku mengisi diriku dengan buku-buku sudah saatnya untuk aku yang mengeluarkan pikiranku bukan hanya tentang buku yang aku baca. Sekarang review buku di instagram udah keteteran sering kena merah karena aku lebih prioritaskan ngeblog. 

3. Meta Deskripsi 

Blognya Niswin yang suka berbagi tulisan mengenai review buku dan pengalaman lainnya lewat tulisan. 


4. Logo 

Logo Blog

Logo masih kurang sreg dengan gambarnya pengen yang mengambarkan buku dan menulis juga ada gambar jendela biar ada nyambungnya dengan Niswindows. Karena aku gak bisa ubah warna template yang ada ini yaudah ngikutin aja warnanya pink, orange, merah. 

5. Header 

Header Niswin



Header sama juga belum sreg dengan warnanya karena gak tau cara ganti warna template.

    niswindows.com

Header terbaru 6/1/2020


6. Label/ kategori yang akan ada di dalam blog 

aku nichenya lifestyle blogger karena walaupun lebih banyak posting tentang buku tetapi ada juga postingan random yang lain. Mungkin ada 8 label blog yang aku inginkan berdasarkan macam-macam artikel yang sudah aku buat 

  • About me / contact me 

Tentang diri supaya kalo ada yang mau kerjasama gitu. Hehee.. 

  • Buku 

Tentang review buku yang sudah aku baca atau tips baca

· Tahun 2019 : ada 45 artikel review buku. Awal tahun 2019 waktu itu aku mau bikin 50 tulisan review dari target 100 buku yang sudah dibaca. Target baca udah okay 100 buku tapi tulisannya yang keteteran cuma 45 buku. Dari 45 buku itu pun ada 5 bukuan yang gak bisa aku tulis full di blog. Waktu itu aku berpikir harus banyakin kuantiti biar kualitas nanti menyusul. 

· Tahun 2020 : baru 17 review buku. Awal tahun 2020 aku menurunkan target bacaku menjadi hanya 60 buku tetapi tulisan review bukunya tetap jadi 50 tulisan. Jadi masih kurang 33 tulisan buku lagi dan 28 buku yang harus dibaca padahal 2020 bakal selesai dalam 3 bulan ini. Huhuuu… 

  • Tips 

Aku pernah bikin artikel tips kayak gini : 

    • tips pola password bentuk alphabet 
    • tutorial : membuat database myadmin di php my sql 

(ada 4 artikel seperti ini karena waktu itu masih kuliah jadi biar ingat aku tulis di blog. Tapi sekarang udah kerja paling kalau bikin tips ya tentang pekerjaan aja misal tips pakai ms excel, tips desain dengan canva, tips efektif dalam bekerja) 

    • belajar toefl bahasa inggris 
(ada 7 artikel karena waktu itu aku ikut kursus belajar toefl jadi biar mengendap ilmunya aku tulis di blog. Nah sekarang udah gak khursus bahasa inggris lagi karena pandemi. Malah aku sekarang lagi kursus menjahit karena pulang kantor lebih cepat dan hanya kursus ini yang buka saat pandemic. aku suka bebikin bros dulu tuh siapa tau nanti punya toko baju sendiri kan wkwkw..) 

  • Pengalaman 
    • cara mengganti kartu sim yang rusak di tri store 
    • Review : sarung tangan karet untuk cuci piring 
    • belanja buku di gramedia.com 

  • Travel 

    • Pernah bikin artikel pengalaman ke pulau pinus waduk riam kanan 
Aku jalan-jalan paling setahun sekali aja, dan dihitung selama 4 tahun ini tulisan tentang travel cuma satu. Rencana pengen nulis tentang liburan ke bukit dan ke Makassar tapi belum ada mood. Wwkwk.. Yang lainnya paling nulis tentang tempat-tempat kayak kolam renang dan perpustakaan 

  • Film 

· Kadang aku ngereview film juga. Dalam 4 tahun ini tentang film Cuma 3 artikel. 

  • Makanan

· shin ramyun noodle soup rasa jamur. Cuma satu doang apa gak perlu dibikin label tersendiri ya? 

  • Beauty 

    • sebamed lip defense sfp 30 
    • review masker qiansoto 

( dulu aku banyak baca blog tentang review product gini akhirnya juga ikutan nulis ala-ala review blogger. Tapi mandeg karena aku jarang dandan atau maskeran karena dulu belum kerja dan uang terbatas, seminggu belum tentu pakai lipstick atau maskeran. Terus sekarang udah kerja dan juga bergabung di komunitas blogger khusus wanita jadi kayaknya bakal sering review produk gini. Aku bingung nih kalau nanti aku review tentang handphone atau barang aku masukin mana ya? Apa beauty ini aku ganti jadi “Product” aja? 

Ada juga Artikel lain itu kayak renungan dan pendapat aku tentang sesuatu, enaknya tulisan kayak gitu dimasukin ke label apa ya? Soalnya Cuma satu atau dua artikel sih. 

7. Domain 

domain saat ini www.niswindows.blogspot.com mungkin bakal ganti jadi www.niswindows.com 


8. Template impian; desain dan warnanya 

Duh aku masih bingung kalau masalah warna. Karena aku pun bingung kalau disuruh pilih warna kesukaan sampai sekarang. Kalau beli baju aku liat dulu pilihannya ada warna apa aja, misal kuning pink dan biru. Nah kuliat lagi barangnya yang paling bagus jahitannya yang mana jadi aku pilih yang bagus. Misal nih aku liat warna pink itu ada cacat sedikit ya aku pilih biru. Kalau yang cacat warna biru ya aku pilih pink. Terus kalau ternyata warna pink dan biru nya itu gonjreng banget dibanding kuning ya aku pilih kuning. 

Di instagram pun gitu aku bikin desain feeds warna warni sesuai dengan cover review bukunya. Karena aku kalau nentuin warna lama banget kadang udah klop terus ganti lagi. Jadi daripada bingung aku samain aja dengan warna cover bukunya jadi tiap feeds ganti warna desain. Padahal kata salah satu yang experd di instagram kita tuh harus nentuin satu warna biar ada ciri khasnya. 

Aku sebutin ya semua warna yang sering aku pilih, kali aja salah satu dari yang aku sebut ini klop dihati buat warna template. 

-hijau (karena rumahku hijau, suka juga warnanya segar dan sejuk, warna surga katanya) 

-putih (biar keliatan luas dan simple) 

-abu-abu (karena mudah dipadu padankan) 

-pink (biar kelihatan girly, cewek) 

-biru muda (cantik juga kok lembut gitu kayak langit) 

-warna auntm, merah orange kuning ( semacam warna semangat dan kayak matahari terbenam) 

-biru tua 

-merah maroon 

-warna emas atau coklat 

Kalau secara desain tampilan template pengennya yang simple, cantik dan cerdas. 

9. Portfolio 

Dari awal tahun 2019 mulai aktif mereview buku di instagram.

Itulah hal-hal tentang Niswin dan blog impian. Semoga bisa terwujud dan semakin latihan semakin mantap semuanya. Seperti domain, warna, label yang masih bingung, ragu dan bimbang bisa semakin mantap di hati. 

Contact Me :
BLOG

FB
(Display Name : Niswin Niswindows)

TW
(Display Name : Niswin)

IG
(Display Name : Niswin | BookReader & Reviewer)

EMAIL









8 komentar

  1. Mau dong diajarin canva. Mbak Niswin ilmunya segudang. Pengalamannya banyak dan unik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehee.. boleh2.. Bisa aja nih mba desi, nanti kasih tips aku juga ya biar tulisannya bisa diterbitkan kayak mba

      Hapus
  2. Wow suka desain ya, mau dong diajarin.
    Blognya juga sudah banyak isinya. Kapan-kapan berkunjung lagi ah

    BalasHapus
  3. Aku juga gak semua review buku di blog.

    BalasHapus
  4. Menarik mbak profilnya . Hehe oiya dari Banjarmasin? Wah .minggu lalu aku juga barusan liburan ke Kalimantan Selatan.

    BalasHapus
  5. Waah keren pernah menyelesaikan 100 buku dalam satu tahun😀. Memang kalau udah suka gampang ya di jalani dan membaca jadi sebuah kebutuhan😊.

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email