Nis Windows

www.niswindows.com

Review Buku (18) Khilafah Remake

8 komentar



Deskripsi Buku Khilafah Remake

Judul buku    : Khilafah Remake

Penulis          : Felix Y. Siauw

Penerbit      : Alfatih Press

Tahun      : cetakan ke 2, Januari 2015

Jumlah Hal    : 296 Halaman

Genre      : Sejarah Islam

Nomor ISBN : 978-602-17997-8-9

Harga Buku   : +/- Rp. 90.000,-


Kenapa Pengen Baca Buku Khilafah Remake?

Aku pengen baca buku Khilafah Remake karena pengen tahu tentang khilafah dalam pandangan ust. Felix Siauw dan juga karena penasaran dengan berita yang beberapa waktu lalu beredar tentang dinas pendidikan yang awalnya mewajibkan siswa SMA membaca buku Felix Siauw yang berjudul  “Muhammad Al-Fatih 1453” kemudian membatalkannya. 

Katanya disitu ada bagian yang menggiring opini dan juga karena penulis adalah mantan anggota organisasi yang sudah dilarang. Aku pernah baca buku “Muhammad Al-Fatih 1453” itu tapi sudah agak lupa juga sih isinya. Tapi menurutku sendiri buku nya termasuk berat dan full tulisan, yang untuk anak SMA pasti susah untuk dimengerti. Gak tau ya kalau sekarang bukunya udah dicetak ulang dengan desain yang menarik dan tidak full tulisan saja.

Oh ya selain itu aku suka buku-buku Ust. Felix Siauw karena aku pernah baca buku beliau lainnya yang desainnya manjain mata banget. Dan bikin gak pening.


Isi Buku Khilafah Remake



Ada 24 Bab dalam buku ini. Bagian Pertama dimulai dengan sejarah pusat dunia yang berada di Timur Tengah. Wilayah yang memunculkan salah satu peradaban manusia paling awal, yaitu Peradaban Mesopotamia. Mesopotamia sendiri berarti “diantara sungai-sungai”, lokasinya terletak di antara Sungai Eufrat dan Sungai Tigris. 

Di daerah Timur Tengah ini pula lah Allah mengutus para Nabi-Nya kepada umat manusia contohnya seperti Nabi Ibrahim, dan Nabi-Nabi yang lain. Disinilah episode terbesar sejarah dunia dimulai.

Episode pertama adanya Imperium Persia yang wilayahnya mencakup Asia Kecil, seluruh Mesir hingga perbatasan Hindustan. Mereka merupakan penyembah dewa matahari.  Episode kedua dimainkan oleh Imperium Romawi yang wilayahnya terdiri dari Spanyol, Portugal, Inggris, Italia, Turki dll. 

Lalu didalam buku ini dikatakan juga ada episode ketiga yang tidak  semua orang mengetahui keberadaan episode ini. Dikatakan episode ketiga karena peradaban ini lebih luas wilayahnya dan lebih tinggi peradabannya dibandingkan dua episode sebelumnya, tetapi tetep saja tidak banyak yang mengenal Episode ketiga ini, yaitu episode Islam. Mungkin maksudnya banyak yang tidak menyadari kejayaan islam pada masa dulu.

Kemudian bab selanjutnya menceritakan tentang Kebangkitan Islam. Dimana isinya langsung menceritakan bagian dimana Nabi Muhammad Hijrah ke Madinah dan disana membangun Daulah Islam Nabawiyah atau Negara Islam Nabi. Nabi mulai mengirimkan surat untuk para pembesar. Sayang banget gak dijelasin bagian awal nabi berdakwah itu kan tentang tauhid dan akidah.

Lalu di bab Kegemilangan Peradaban Islam adalah salah satu bab yang aku suka dan mencengangkan karena jarang kita tahu. Disebutkan penemu-penemu islam contohnya Ibnu Al-Haitsami yang menuliskan teori tentang mata, Abu Qasim AL-Zahrami yang memberikan sumbangan dalam dunia kedokteran yaitu alat bedah dalam operasi Caesar dan yang sering kita dengar adalah ahli matematika Al-Khwarizmi. 

Ada juga angka-angka pencapaian lain seperti Universitas pertama, perpustakaan yang banyak dimiliki Islam. Sayangnya ketika Hulagu Khan menghancurkan Baghdad buku-buku yang berjumlah ratusan ribu itu hanya bisa diselamatkan 400.000 eksemplar saja.

Terus kita dipertanyakan dengan keadaan sekarang. kenapa islam masa kini tuh dianggap gak baik? Apa yang bikini islam masa dulu Berjaya? Nah ternyata ada 3 pilar yang menyokong kejayaan islam pada masa dulu yaitu,  Individu yang bertakwa pada Allah, Masyarakat yang berdakwah, dan Negara yang menerapkan syariah.

- Khilafah



Selanjutnya adalah bagian tentang khilafah. Khilafah menurut bahasa adalah mengantikan atau menempati. Inilah alasan mengapa penguasa tertinggi umat islam di sebut sebagai Khalifah yang artinya, dia yang menggantikan penguasa sebelumnya. 

Dibagian ini dikasih tau peta-peta kepemimpian para khilafah berikut dengan infografis seluruh nama khilafah yang ada. Terus nanti ada pembahasan mengapa khilafah bisa runtuh, sistem pemerintahan khilafah zaman dulu seperti apa, dan metode pengangkatan bai’atnya.

Nah dibagian akhir tuh ngebahas gimana sih biar islam bisa bangkit lagi? Ya ternyata jawabannya mirip kayak 3 pilar penyokong kejayaan islam masa dulu. 

Pertama kita harus mengkaji islam secara mendasar seperti tentang akidah hingga masalah yang lebih besar lagi, lalu setelah kita memahami wajib berupaya untuk menjelaskan apa yang dipahami ke orang lain, maka apabila pemikiran dan pemahamannya sudah Islami, umat akan meminta penerapan syariah. 


Pendapatku tentang Buku Khilafah Remake

Aku kasih nilai 4/5 deh untuk buku ini. Menurutku buku ini bagus dibaca untuk anak kuliah dan umur diatasnya. Biar wawasan tambah mantap. Desainnya juara aku suka banyak infografisnya. Apalagi untuk bagian sejarah yang ada tanggalnya. Mantap lah bikin cepet ngerti.

Tapi sayang sekali kenapa tulisannya kecil banget. Padahal masih banyak space margin kosong di bukunya loh. Paling gak kayak ukuran tulisan di buku  Felix Siauw yang ‘Art of Dakwah’ itu kan enak bacanya. 

Terus alangkah baiknya kalau warna background halamannya itu terang jangan bikin tulisannya terang juga. Kurang jelas lihatnya apalagi jenis fontnya juga tipis. Contohnya yang ada di halaman 258 itu background halamannya warna putih dan tulisannya warna kuning. hanya aku aja yang ngerasa gitu atau gak ya? Soalnya aku minus sih, dan bacanya waktu malam jadi rada harus dimelek-melekin. 


Daftar Isi

Biar kalian ada gambaran lebih mengenai buku ini aku sertakan juga ya Daftar Isinya, aku bagi jadi 4 bagian ya biar enak.



Nah itu tadi Review Buku Khilafah Remake karya ust. Felix Siauw. Semoga bisa jadi referensi bahan bacaan kalian yaa..

Niswin
Hey you can call me Niswin. I born and live at Banjarmasin City, Kalimantan Selatan Province. I work as an administration in a small government office. I am blogger and reviewer book. I also love cat. You can follow my instagram @niswindows_com and also my lifestyle blog www.niswindows.com

Related Posts

8 komentar

  1. wah boleh juga nih buat nambah wawasan sejarah. aku masih berburu buku sejarah yang ringan dibaca.

    BalasHapus
  2. Tertarik sekali dengan buku-buku Ustadz Felix Siauw, apalagi buku ini bisa menjadi penjelasan betapa tidak menyeramkannya sistem khilafah itu

    BalasHapus
  3. aseli ini langsung masuk daftar bacaan. selalu suka sama cara cerdasnya Ustadz Felix Siauw dalam menulis. aku juga selalu belanja ide dengan baca tulisan-tulisan beliau 😁

    BalasHapus
  4. wah serunih buku sejarah kebudayaan Islam

    BalasHapus
  5. Ustad felix adalah salah satu uztad yang saya suka lihat ceramahnya di youtube. Bahasanya mudah dicerma oleh saya yang masih belajar ini

    BalasHapus
  6. Wah pembahasan tentang khilafah yang lengkap banget.. Semoga nanti bisa baca isi buku ini..

    BalasHapus
  7. Tulisan beliau emang udah gak bisa diragukan lagi. Orang yang cerdas menghasilkan tulisan yang bernas. Layak masuk perpus rumah nih..

    Btw, artikelnya juga menarik. Suka karena ada krisan yang membangun di dalamnya. Barakallah mbak Niswin

    BalasHapus
  8. Buku tentang khilafah, mau banget baca ini.
    Karya ust Felix emang seru dan manjain mata.
    Jadi penasaran sama buku ini hm

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email