Nis Windows

www.niswindows.com

Ganti Template Baru dengan Fiksioner

8 komentar

Ini adalah tugas kelas blogspedia yang tersusah bagi aku. Karena selain ganti template baru kita juga harus mengubah beberapa tampilan yang mana mengubahnya harus mencari kode-kode HTML. Dan tugas kali ini tidak ada tutorial disetiap tahapan jadi aku sedikit meraba-raba dari petunjuk yang sudah dikasih.


Template Lama

 


Template awal aku adalah tema yang tersedia gratis dari blogspot.com yaitu Emporio Porcelain. Foto diatas senggaja aku perkecil agar kalian melihat bagian bawah dari blog aku juga. Tema ini aku suka karena tampilannya bisa memunculkan beberapa foto dan judulnya saja. Berbeda dengan template lain yang juga akan menampilkan seluruh tulisan postingan. Itu membuat pengunjung jadi susah untuk memilih artikel yang dia sukai. 

Selain tampilan postingannya aku juga suka Emporio Porcelain ini karena gambar headernya bisa pas diatas dengan ukuran yang juga sedang bagiku. Tapi sayangnya semua template dari blogspot itu masih tidak SEO friendly. Contohnya judul postingan tidak otomatis menjadi H1 dan kadang fitur yang ada diatas bisa menjadi H1 misalnya fitur pencarian di blog.

Di tugas kali ini kita bisa memilih mau kustomisasi tema dari blogspot atau memasang template gratisan. Nah karena aku ingin mencoba ganti template akhirnya aku memilih opsi kedua yaitu memasang template gratis. Disini aku memasang template bernama fiksioner dari igniel yang bisa kalian download gratis di website fiksioner https://fiksioner.blogspot.com/2018/10/fiksioner-template-documentation.html


Cara Download Template Baru

 Kalian masuk ke dalam web fiksoner kemudian nanti dibagian atas ada label “DOWNLOAD THEME” yang berada dibagian paling atas yang bersampingan dengan “Menu 1”. Setelah kalian klik maka akan dibawa ke halaman https://www.igniel.com/2018/10/fiksioner-blogger-template.html nah disini lah tempat downloadnya.


Pada awalnya aku bingung karena ada beberapa tombol download. Dibagian atas ada tulisan “Fiksioner v3” dan dibagian bawahnya ada pilihan Demo dan Download. Nah klik lah bagian Download itu maka nanti akan otomatis mendownload template fiksioner nya.

Jika kita scrolling ke bawah lagi ada bagian “Fiksioner v3 Premium” nah jangan terkecoh dengan tulisan ini karena tulisan ini itu untuk yang ingin membeli. Sebenarnya tidak ada perbedaan yang gratis dan bayar, semua fitur sama hanya saja yang berbayar bisa menghilangkan footer pembuat template jadi tidak ada link yang mengarahkan ke link download fiksioner gratis.


Cara Ganti Template Baru

-pertama kalian harus melakukan backup terlebih dulu pada template blog kalian yang sekarang. dengan cara klik dibagian tema – klik segitiga ikon disamping tulisan sesuaikan – klik cadangkan – lalu unduh.

-setelah backup di download hasil filenya akan bernama angka acak dan tidak rapi. Jadi kalian perlu melakukan rename file tersebut agar mudah dicari jika ingin mengembalikan tema blog seperti sebelumnya.

-setelah di back up kita bisa klik segitiga ikon di samping tulisan sesuaikan tadi lalu memilih “edit”. Di dalamnya ada banyak kode HTML dan kita harus menghapus semua kode tersebut dan menggantinya dengan kode fiksioner yang kita download tadi.  Yaitu file bernama Fiksioner v3 yang bertype file XML Document.

-kemudain klik simpan dan blog kalian sudah berubah menjadi template fiksioner. 



 

Hasil ganti template baru seperti diatas, tampilan yang Nampak berbeda yaitu bagian profil aku tidak hanya foto saja tapi juga bisa memunculkan tulisan about me. Lalu dibagian label sudah muncul tanpa harus mengklik lagi. Ada bagian lain juga yang perlu di rapikan seperti printilan nama menu diatas dan fitur bacaan yang popular dibaca.

Bagian yang aku kurang suka dari template ini adalah banner foto yang jadi mengecil di ujung kiri atas. Sehingga blog aku tidak terlalu nampaknamanya karena tulisan banner yang tidak bisa diperbesar.

 


Masih sama seperti tadi halaman browsernya aku perkecil jadi bisa lihat tema dibagian bawah itu uratannya kayak gimana. Aku juga udah ganti beberapa fitur. Tapi ada juga fitur yang tidak dapat aku temukan seperti google plus, dan kode lain yang belum dapat dicari, padahal aku udah cari pakai fitur find tapi tetep aja gak nemu. Heran juga mungkin harus belajar baca tiap baris kali ya.. hhu pusing deh baca kodenya.


Oke sekian dulu tulisan aku mengenai ganti template baru dengan Fiksioner. semoga dilain waktu bisa memperbaiki printilan template yang lainnya.




Niswin
Hey you can call me Niswin. I born and live at Banjarmasin City, Kalimantan Selatan Province. I work as an administration in a small government office. I am blogger and reviewer book. I also love cat. You can follow my instagram @niswindows_com and also my lifestyle blog www.niswindows.com

Related Posts

8 komentar

  1. akhirnya sudah ubah tampilan blog,,
    makin keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya akhirnya ya.. tinggal perlahan2 benerin printilannya

      Hapus
  2. Wow sejuk warnanya. Kayak lagi di pantai membiru.

    BalasHapus
  3. Tahniah mbak, akhirnya pakai template fiksioner juga, makin fresh penampilannya, which is good

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku sampai googling nyari arti tahniah rupanya selamat toh, makasih pak

      Hapus

Posting Komentar

Follow by Email