Nis Windows

www.niswindows.com

Personal Branding untuk blogger

7 komentar

 



Setelah kemaren belajar berbagai materi ngeblog, ditugas kali ini belajar mengenai personal branding untuk blogger. Apa itu personal branding? kenapa sebagai blogger kita harus mempelajarinya?

Personal branding adalah ketika seseorang itu terkenal karena sesuatu yang ia miliki misalnya Ria Ricis dikenal sebagai seorang youtuber, lalu kak seto dikenal karena kiprahnya didunia anak. Nah mereka berdua memiliki karakter berbeda yang kuat dibandingan orang lainnya. 

Sedangkan menurut coach Marita Personal Branding itu adalah bagaimana seseorang mengembangkan dan memaksimalkan potensi/ketrampilan diri (skill), perilaku (behaviour) dan memahami nilai unggul (value) apa yang ingin dilakukan dan ingin dicapai dalam dirinya.

Dalam membuat personal branding kita juga jangan hanya berfokus dalam membuat brand atau karakter yang kuat tetapi kita juga perlu memperhatikan apakah yang kita lakukan menjadikan lebih baik dan bermanfaat untuk orang lain?

Ketika ingin bermanfaat untuk banyak orang lain nanti maka kita juga perlu memperkenalkan diri kita yang terbaik kepada orang lain. Nah maka dari itu aku setuju banget dengan quotes coach mahrita “ Agar lebih berdampak, maka kita harus tampak”. Sehingga dalam hal blog orang lain harus tau kalau kita ini adalah seorang blogger. 

Gimana caranya agar banyak orang tau kita adalah seorang blogger? Nah kita bisa mengkoneksikan seluruh akun sosmed kita sehingga isinya bisa membuat link blog kita. Jadi orang lain bisa dengan mudah mengaksesnya. Jaman sekarang waktu terbatas bahkan untuk mengisi survey beberapa menit saja kita malas kan melakukannya makanya biar orang lain gampang mengakses kita permudah dengan menampilkan link blog kita disosmed.

Selain itu kita juga bisa menambakan tulisan blogger di social media. Siapa tau ada yang mau kerjasama dengan bloggerkan. Nah apa aja sih social media yang perlu dirubah agar personal branding untuk blogger bisa maksimal? Yuk simak tulisan dibawah ini :


- Blog



Supaya orang lain mengenal kita si pemilik blog maka kita perlu memajang profil kita di blog. Misal pekerjaan kita apa, lalu hobi kita apa dan apa aja tulisan yang disenangi. Misal kita seorang mommy dan senang menulis tentang parenting itu bisa dicantumkan agar pembaca tau dan nanti jika mereka memiliki permasalahan tentang parenting atau sekedar ingin baca tentang parenting mereka akan ingat dengan kita.


Selain mencantumkan profil di blog kita juga perlu membuat tampilannya menjadi menarik dan mudah untuk diakses dengan cara memakai template yang user friendly. Disini aku baru saja menganti template menjadi fiksioner.


- Instagram





Nah ini adalah social media yang paling sering aku gunakan. Jadi dalam sosmed ini kita juga perlu untuk membrandingnya dengan cara menganti bio sehingga orang tau kita mempunyai blog jadi mereka bisa berkunjung kedalamnya dan membaca tulisan kita.

Sebagai blogger kita wajib menambahkan link blog dalam bio instagram. Tak lupa kita juga menshare postingan blog di feeds dan story instagram agar banyak yang tau dan mungkin akan berminat membaca artikel kita.

Sedikit cerita dulu 3 atau 4 tahun yang lalu nama instagram aku suka ganti-ganti tiap berapa bulan sekali ganti. Aku sengaja menamai instagramku berubah-rubah karena aku gak suka ditag atau dikomentari terus aku juga gak mau unfollow orang sedangkan aku ingin akun instagramku tetap public.  Jadi biar mereka yang komen dan tag adalah memang temen yang deket dan sering berinteraksi jadi aku sering ganti username.

hehe ya gitu deh namanya introvert, rasanya aneh aja tiba-tiba waktu upload foto ditanyain gimana kabar, kan bisa gitu ya nanyain kabarnya di DM. Beda kalau komentarnya berhubungan dengan konten yang ada di foto itu sih aku seneng-seneng aja.

Nah itu dulu sekarang aku menemukan suatu tujuan dimana ternyata sosmed itu bisa menebarkan manfaat. Sehingga membuat aku gak masalah lagi dengan hal yang tidak aku sukai itu. Ya itulah introvert kalau gak ada tujuan yang jelas jadi gak mau ngerjain.

Sampai aku ikut challenge baca 1 buku 1 minggu dan itu membuat aku bertahan dengan nama instagram @nswndt agar admin komunitas yang mendata gak kesusahan melihat nama instagram aku. Gara-gara itu nama @nswndt bertahan selama 2 tahun gak pernah ganti nama.

Kemudian setelah aku ganti nama domain blog aku mengubah nama instagramku menjadi @niswindows_com daripada @nswndt kan lebih susah buat disebutkan. Awalnya aku pengen namanya itu @niswindows.com tapi karena titik gak bisa dipakai jadi pakai undercrosss aja deh. 



- Facebook



Nah sekarang kita bisa nambahin profil facebook tepat dibawah nama facebook kita. Disitu bisa diisi pekerjaan dan hobi kita. Jangan lupa karena blogger kita juga masukkan tulisan blogger disitu.


Dan disini nama facebookku niswin niswindows sebenarnya masih salah karena aku pengennya sih sama semua nama itu dengan instagram aku. Tapi karena perubahan nama itu ada batasnya jadi aku nunggu beberapa bulan dulu setelah mengganti nama sebelumnya. Oh ya aku juga belum ganti nama yang ada di link. Nanti kalau sudah beberapa bulan dan udah bisa diganti bakal aku ganti menjadi niswindows_com



- Twitter



Di twitter aku sudah menyamakan foto profil dengan foto profil blog. Sedangkan instagram dan facebook fotonya masih berbeda. Ya tidak apa-apalah yang penting link blog sudah kepasang di social media ku.


Sekian dulu tulisan tentang personal branding untuk blogger. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kalian yang mau memperbagus blog dan sosmednya.


x

Niswin
Hey you can call me Niswin. I born and live at Banjarmasin City, Kalimantan Selatan Province. I work as an administration in a small government office. I am blogger and reviewer book. I also love cat. You can follow my instagram @niswindows_com and also my lifestyle blog www.niswindows.com

Related Posts

7 komentar

  1. Udah keren mbak sosmednya bisa seragam gitu, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba perlahan-lahan diganti biar seragam

      Hapus
  2. Langsung semua sosmed bernama niswin,
    aku belum sanggup sama semua, minimal ada inisial dikit2lah hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. perlahan-lahan aja mba, emang gak bisa sebentar, awalnya cuma nyeragamin blog sama dengan twitter aja aku kemaren

      Hapus
  3. Aku juga belum seragam mba foto profilnya. Btw aku liat instagramnya udah cukup rapi feednya, aku suka :)

    BalasHapus
  4. Instagramnya keren ih, feed-nya rapi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mba dini, next feeds ig mungkin bakal gak rapi karna pengen post foto artikel blog. nyari akal dulu biar gak amburadul di ig hehe

      Hapus

Posting Komentar

Follow by Email