Nis Windows

www.niswindows.com

Wisata Bukit Matang Kaladan Kalimantan Selatan

Posting Komentar

Ini cerita perjalanan aku tahun 2019 yaitu wisata Bukit Matang Kaladan Kalimantan Selatan. Lokasinya di dekat Waduk Riam Kanan, Tepatnya di Aranio, Kec. Aranio, Kab. Banjar, Prov. Kalimantan Selatan. Kalian juga bisa baca perjalananku tahun 2016 ke Pulau Pinus Waduk Riam Kanan Kalimantan Selatan

Wisata bukit matang kaladan

Kenapa berwisata ke Bukit Matang Kaladan

bukit matang kaladan

Bulan-bulan mendekati akhir tahun itu waktu yang paling melelahkan dan sibuk-sibuknya apalagi masalah keuangan di kantor akhir tahun itu banyak banget diminta laporan. Sering lembur dan bawa pekerjaan ke rumah membuat ingin berada di tempat lain yang gak mikirin lagi masalah kerjaan.

Aku sebenernya gak terlalu suka jalan-jalan karena pasti memakan banyak tenaga dan repotnya nyari temen yang pas buat ngantur tanggal. Yang janjian hari biasa aja susah apalagi liburan yang bisa seharian jalannya.

Tapi di saat akhir tahun yang melelahkan aku perlu banget. Kalau gak liburan mungkin bakal gak bersemangat lagi ngapa-ngapain. Alhamdulillah juga gak repot nyari temennya haha.. pas banget mereka lagi free.

Aku rindu banget waktu ke Bromo gimana feelnya perjalanan kesana dan udaranya yang sejuk. Aku suka banget tempat yang sejuk, dan menantang. Perlu perjuangan jalan kaki naik ke puncak kawah bromo itu. Dan aku kurang suka dengan pantai karena panas belum lagi pengalaman ke pantai selalu naik bus bikin pengap buat napas.

Aku mikirin pengen ke gunung tapi di Kalimantan Selatan gak ada gunung yang familiar buat pemula gini. Mungkin ada tapi tidak mudah untuk didatangi atau lokasinya yang butuh berpuluh jam untuk didatangi. Akhirnya pilihan ada antara Bukit Matang Kaladan di Kabupaten Banjar atau Bukit Teletubis dan Taman Labirin di Pelaihari.

Akhirnya kami memilih untuk pergi ke Bukit Matang Kaladan karena katanya Labirinnya kurang begitu bagus lagi waktu itu. Jadi kami pergi ke Bukit Matang Kaladan hari Minggu, tanggal 8 Desember 2019. Sudah hampir setahun berlalu ya.

Tahun ini mau liburan gak ya.. hmm kayaknya nggak deh pengen nyelesain tugas-tugas dan kursus jahit ku yang udah vakum berapa bulan supaya tahun 2021 udah bisa jahit dan beli mesin jahit sendiri. Tapi gak tau sih ya siapa tau suasana hati berubah nanti.. wkwk

Perjalanan wisata Bukit Matang Kaladan

spot foto wisata bukit matang kaladan

Aku pergi ke Bukit Matang Kaladan berempat orang bersama ketiga orang temanku, kami menggunakan motor dari Banjarmasin sekitar jam 10 pagi. Maunya sih pagi ya biar pas diatas gak terlalu terik dan masih bagus buat foto-foto tapi karena kita juga harus beres-beres rumah dulu jadi jam 10 baru pergi.

Ditengah perjalanan aku isi bensin lagi harganya sama kayak di Banjarmasin 1 Liter/Botol harga 8.000 dan aku beli 2 Liter/Botol. Aku takut gak ketemu bensin lagi apalagi kiri kanan kebanyakan pohon. Padahal dari Banjarmasin udah lumayan penuh sih.

Waktu perjalanan itu sekitar 2 jam karena waktu adzan zuhur sekitar jam 12.30 siang kami udah sampai di lokasi waduk riam kanan. Perjalanan 2 jam harus istirahat dulu dong ya biar pegel-pegel duduk di motor bisa hilang.

Sebelum ke Bukit Matang Kaladan kami sholat di masjid dekat waduk itu dan setelah itu makan mie instan dulu. Karena rasanya juga gak terlalu lapar dan lagi kalau makan yang berat nanti perut keram buat jalan di Bukit Matang Kaladan nanti.

Jam 1 siang sesudah perut terisi kami minta bantuan paman parkir buat mencarikan ojek naik ke atas Bukit Matang Kaladan. Kalau kalian jalan juga bisa mungkin sekitar sejam kali ya jalan kakinya. Kalau pakai ojek sebentar aja sekitar 15 menit sudah sampai. Sekali jalan naik ojek biayanya 20.000 itu biaya tahun 2019 lalu gak tahu tahun ini ya mungkin biayanya bertambah. Aku juga gak tau masa covid ini apa masih buka atau ada syarat apa buat naik kesana.

Ojek naik ke bukit matang kaladan ini emang sudah terorganisasi. Mereka menggunakan seragam dan mangkal di dekat bukit. Jadi buat yang kecapekan naik jalan kaki dan turunnya mau pakai ojek bisa langsung ketemu ojeknya. Nah aku tadi dari bawah di dekat waduk ditelponin sama tukang parkir. Dan gak ada biaya sih buat minta bantuan tukang parkirnya.
Oh ya biaya parkir motor tahun 2019 kemaren 5.000 per motor sedangkan tahun 2016 itu masih 2.000. apakah tahun 2020 ini ada naik juga ya?

Tak berapa lama saat naik motor kita akan bertemu dengan mba-mba yang nerima pembelian tiket. Harga masuknya 10.000 sudah termasuk paket berfoto di 18 spot foto dan asuransi jasa raharja.

Yang perlu diperhatikan sebelum naik sediakan uang pas ya biar aman gak buka dompet lagi supaya dompet kalian gak jatuh.  Karena nanti ojeknya akan ngebut kalau gak ngebut kalian malah bakal jatuh, Karena lumayan juga kemiringan jalan dakiannya. Oh ya jalannya itu gak lebar jadi jalan ojek sama jalan orang jalan kaki itu sama. Jadi ojek itu sering klakson biar orang yang jalan kaki agak minggiran.

Motor si ojek bukan motor khusus, motor yang biasa kita pakai kayak metic gitu. Tapi mereka udah tiap hari naik turun bukit ini jadi udah biasa. Dan gak bisa kalau kita naik motor sendiri bisa-bisa jatuh ke bawah terus kayaknya juga gak diperbolehkan sih soalnya sama sekali gak ada yang bawa motor sendiri sampai ke atas bukit.

Di Atas Bukit Matang Kaladan

Nah sudah sampai diatas kalian akan dimintai karcis 10.000 tadi sama bapak yang ada diatas. Di tempat pos bapaknya kalian juga bisa menaruh barang-barang. Saranku gak usah bawa banyak barang biar aman gak was-was saat foto-foto. Bapaknya baik loh nawarin kalau mau dibantu buat foto bersama. Ini gratis ya tapi minta fotoinnya jangan jauh-jauh juga dari pos beliau kan kasihan.

rumah pohon bukit matang kaladan

Aku hanya berfoto beberapa spot foto aja gak sampai 18 spot karena udah capek dan udah cukup puas foto-foto. Tempat Favorit spot fotoku di atas rumah pohon. sejuk dan adem disitu dan bisa leluasa melihat kemana-mana.

Setelah capek jalan buat foto-foto kami minum teh diatas bukit. Harga tehnya 5.000 tapi air mineral botolnya rada kemahalan harganya 10.000. Kata bapak yang punya warung Bukit ini juga menyediakan Kamar untuk nginap supaya ketemu sama sunrise, biasanya sih mereka nginap hari sabtu dan pulang minggu. Biaya semalam buat menyewa rumah ini seharga 150.000 bisa untuk berempat dalam kamar itu.

Sekitar jam 3 sore kami turun pakai ojek lagi dan bayar lagi 20.000. pulangnya kami bayar parkir 5.000 dan berangkat buat pulang ke Banjarmasin.

Kami sampai dirumah jam 7.30 waktu adzan isya berkumandang. Jadi perjalanan pulang memakan waktu hampir 4 jam dari jam 3 sore sampai jam 7 malam. Kenapa lama dibandingan waktu pergi ke Matang Kaladan? karena kami berhenti buat makan, sholat ashar dan sholat magrib. Dan juga jalannya lebih santai.

Jadi memang pas kalau pergi ke Bukit Matang Kaladan itu pagi-pagi aja biar pulangnya gak malam. Dari Banjarmasin mulai jam 7 atau 8 pagi gitu.

Pulang ke rumah badan pegel-pegel tapi gak apa-apa karena pikiran jadi fresh dan bersemangat lagi !

Biaya Wisata Bukit Matang Kaladan tahun 2019

Makan mie instan : lupa
Beli kripik emping dan roti : 11.000
Minum Teh di Bukit : 5.000
Makan di perjalanan pulang : lupa
= 32.000 + yang tak terhitung

Jadi total biaya aku sekitar 87.000an buat liburan ke Matang Kaladan. Harga yang cukup murah untuk melepas penat dan merefresh semangat. Selain itu juga dapat foto-foto yang kece. Tapi sebenarnya liburan itu yang paling menyenangkannya adalah berkumpul dengan teman-teman yang kita sukai.
bersama liburan wisata bukit matang kaladan

Sekian dulu cerita perjalanan wisata Bukit Matang Kaladan Kalimantan Selatan. Semoga bermanfaat buat kalian yang mau merancang liburan di tahun 2020 ini.

Niswin
Hey you can call me Niswin. I born and live at Banjarmasin City, Kalimantan Selatan Province. I work at Province government. I am blogger and reviewer book. I also love cat. You can follow my instagram @niswindows_com and also my lifestyle blog www.niswindows.com