Nis Windows

www.niswindows.com

Serunya Perayaan 4 Tahun Komunitas Blogger Perempuan FBB

9 komentar


Hai aku mau cerita tentang perayaan HUT komunitas yang luar biasa. Yaitu FBB atau Female Blogger Banjarmasin yang merupakan komunitas blogger perempuan pertama dan terbesar di Kalimantan Selatan. Alhamdulillah tahun ini sudah berumur 4 tahun dari 6 Oktober 2016 sampai 6 Oktober 2020 ini.

Puncak acara HUT FBB sendiri dilaksanakan pada hari minggu tanggal 11 Oktober 2020. Dan pelaksanaan tahun ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya karena adanya pandemic covid-19 ini membuat kami tidak bisa berkumpul-kumpul dan memilih melaksanakan HUT FBB dengan aplikasi Zoom. 


 
Acara HUT FBB ke 4 ini juga live dari Meeting Room Fave Hotel Banjarmasin yang diperuntukkan untuk operator Aplikasi Zoom dan beberapa member. Tepatnya di Minelli Meeting Room lantai dua yang tempatnya tuh luas banget dengan banyak fasilitas. Kami disediakan LCD Proyektor, Layar, Sound System dan Meja Kursi yang banyak banget. Selain itu petugasnya sigap banget melayani waktu kami kebingungan buat menggunakan LCD Proyektornya.



Meeting Room Fave Hotel ini cocok banget buat yang mau meeting gak pakai ribet.  Oh ya lokasi meeting room ini juga dekat dengan mushola jadi kalau lagi break meeting gak jauh-jauh buat sholat. Terus ada juga Rustic Bistro yang makanannya enak-enak loh, waktu itu aku pesan nasi goreng di Rustic Bistro ini dan mendapatkan makanan dengan tampilan yang instagramable buat difoto juga rasanya yang beda. Nasi gorengnya itu bercampur dengan parutan kelapa dan ditambah sayur-sayuran beserta acar.
 

Sekilas tentang komunitas blogger perempuan

komunitas blogger perempuan


Yuk mengenali sedikit sejarah komunitas blogger perempuan pertama yang sudah berumur 4 tahun ini. FBB pertama kali didirikan oleh Ruli Retno Mawarni, Nurul dan Rima Angel. Mereka mendirikan FBB melalui media sosial What's App pada tanggal 6 Oktober 2016. 

Seiring berjalan waktu para blogger perempuan di Kalimantan Selatan saling bertemu pada event-event blogger sehingga member FBB terus bertambah dan akhirnya FBB berkembang hingga menjadi komunitas blogger perempuan terbesar di Kalimantan Selatan.

Saat ini FBB memiliki  47 member dan diurus oleh 5 orang yang diketuai oleh Putri Santoso, HR dan Blog oleh Triyatni Ashari, Admin Sosial Media oleh Niswin dan dua orang founder yaitu Ruli Retno dan Rima Angel. 

Selain merayakan HUT FBB Dalam acara puncak 4 tahun ini para member FBB juga bisa mendapatkan ilmu dan doorprize. Ada dua materi class online yaitu SEO On Page dan Optimasi Instagram untuk Blogger oleh pemateri yang luar biasa.

Online Class SEO On Page

Materi Online Class SEO On Page


Materi ini dibawakan oleh Kak Irwin Andriyanto founder tanggerangdigital.id, beliau berasal dari Tegal dan saat ini tinggal di Tanggerang. Pekerjaan sekarang sebagai SEO strategic di Kursus IT, Digital Marketer di perusahaan ekspedisi, dan sedang mengembangkan beberapa startup.

Search Engine Optimation(SEO) kata kak Irwin adalah tindakan atau praktik untuk mengoptimalkan blog kita. Optimasi ini akan memungkinkan search engine atau mesin pencari dalam menilai apakah blog/website kita layak untuk ditampilkan di posisi teratas hasil pencarian atau tidak. Lalu dengan naiknya posisi menjadi teratas maka akan menambah traffic pada blog kita.

Mengapa Blogger harus paham Traffic? Bayangkan ketika kita menjadi pengiklan pasti kita mau agar orang membaca atau paling tidak melihat iklan kita. Jika diberi pilihan mau beriklan di gang sempit atau jalan utama tentu sebagai pengiklan kita memilih beriklan di jalan utama yang sering dikunjungi orang. Nah maka dari itu perlunya SEO agar jalan atau dalam hal ini blog kita sering dikunjungi orang dan mudah untuk dikunjungi.

Jenis-jenis SEO ada tiga, yaitu

-SEO Experience

 adalah teknik optimasi dari luar dalam blog yang sudah cocok dengan blog


-SEO Off Page

adalah teknik optimasi dari luar. Contohnya Blogwalking.

-SEO On Page

adalah teknik optimasi dari dalam blog contohnya memiliki konten yang bagus. Sesuai dengan judulnya di class online ini lebih menjelaskan tentang SEO On Page. Ada lima teknik yang dijelaskan yaitu :

1. URL

Url atau link ini harus Memiliki keyword yang di bidik di dalam URL
usahakan keyword berada didepan setelah .com/
panjang maksimal URL adalah 75 karakter dihitung dari H di HTTP/HTTPS. 

Contoh
keyword : Komunitas Blogger Perempuan
Url : https://www.niswindows.com/2020/11/komunitas-blogger-perempuan-FBB.html (71 karakter)

2. Judul

Judul harus mengandung keyword 
usahakan keyword ada di depan atau sebelah kiri (Opsional) 
maksimal 55 karakter
Judul wajib harus H1. 

Judulku masih belum sesuai nih dengan peraturannya. Karena jumlah karakternya masih kepanjangan dan Judulku belum H1 karena template yang aku pakai belum SEO Friendly. 

Serunya Perayaan 4 Tahun Komunitas Blogger Perempuan FBB (56 Karakter)

3. Description

Ada keyword di meta description
usahakan keyword hanya diulang maksimal 2 kali di dalam meta description
panjang maksimal 155 karakter
Isi meta description usahakan menarik dan membuat orang ingin membaca.
Jangan hanya memasukkan paragraf pertama di dalam meta description.

4. Heading

Pastikan hanya ada satu H! dan satu-satunya di setiap halaman
Heading yang paling awal adalah H1 (optional)
Jangan meloncati Heading, buatlah heading yang urut.
        Contoh : H1 untuk bab, H2 untuk sub bab, H3 untuk poin poinnya saja
Masukan keyword di salah satu heading.

5. Image

Mengisi Teks Alternatif
Mengisi Judul Gambar
Rename file gambar sesuai dengan gambarnya.
Gunakan garis strip sebaga ganti spasi. Jangan gunakan file gambar bernama seperti : “WhatsApp Image 2020-11-05 at 8.55.13 PM” tetapi ubahlah di laptop terlebih dulu menjadi “cara-mengatasi-rasa-malas”


Oke sekian dulu tulisan aku mengenai Serunya Perayaan 4 Tahun Komunitas Blogger Perempuan. Selain Online Class ada beragam acara dalam puncak perayaan ini seperti, ucapan selamat dari para komunitas lainnya, tokoh lain dan juga brand. Ada juga pembagian doorprize untuk perserta yang memberi pertanyaan terbaik, yang bisa menjawab pertanyaan, dan yang masuk zoom pertama kali. 

Setelah acara puncak Perayaan 4 Tahun Komunitas Blogger Perempuan FBB juga ada lomba blog dan giveaway untuk umum. acaranya HUT FBB ini benar-benar bertabur hadiah. Selamat Ulang Tahun Female Blogger of Banjarmasin!

Niswin
Hey you can call me Niswin. I born and live at Banjarmasin City, Kalimantan Selatan Province. I work as an administration in a small government office. I am blogger and reviewer book. I also love cat. You can follow my instagram @niswindows_com and also my lifestyle blog www.niswindows.com

Related Posts

9 komentar

  1. Wah aku jarang banget rename gambar, biasnya cuma nulis alt text nya doank. Nanti pengen aku rapikan ah

    BalasHapus
  2. Pertama2 aku mau ucapin selamat udah TLD
    semoga ilmu yg di dapat pas acara selalu diterapkan setiap pembuatan artikel

    BalasHapus
  3. semoga tahun depan kita sudah bisa ngadain acara offline yaa biar bisa ketemuan para member FBB

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah bisa ikut di moment ulang tahun FBB tahun ini. Keren banget deh para panitia yang udah menyiapkan semuanya. Semoga tahun depan makin tambah seru nih acaranya!

    BalasHapus
  5. Ilmu yang di dapat pas acara kemaren emang daging banget, wawasanku ttg nge blog juga jadi bertambah

    BalasHapus
  6. Mbak Niswin., Terima kasih banyak sudah menjadi salah satu panitia tersibuk di acara ini. Acaranya keren banget.

    BalasHapus
  7. Meskipun gak bisa ketemu langsung tapi lewat online juga tak masalah dan tetep semangaaat dan seruuu sekali :D

    BalasHapus
  8. Blog Niswin tambah cantik deh. Akhirnya juga bisa ketemu niswin di acara anniv.

    BalasHapus
  9. Mbak, aku auto laper liat foto makanan itu serasa pengen kesana ih buat makan lagi.

    Eh, itu aku kok gt ya ekspresinya haha

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email