Nis Windows

www.niswindows.com

Pengalaman Pasang Domain di blog

3 komentar

Hai, jadi di tulisan ini aku mau cerita tentang pengalaman pasang domain di blog aku ini. Ternyata pemasangannya lumayan rumit juga.  Tapi jangan berkecil hati karena mba marita udah ngejelasin lengkap di blognya beliau dalam artikel Tutorial Membeli dan Memasang Custom Domain dari Rumahweb

pengalaman pasang domain di blog


Kenapa pengen pasang domain?

Sebelum ikut kelas blogspedia aku gak terlalu banget pengen TLD blog. Dulu waktu kuliah komunitasku punya blog yang pakai domain .com gitu, nama link web bikin keren sih tapi artikelnya gak banyak dan kemudian alamatnya hilang gak bisa diakses karena gak keurus blognya.

Jadi aku mikir aja sia-sia bikin domain kece gitu. toh di blogspot juga bisa buat nulis. Dulu tujuan aku cuman nulis doang sih. Terus nanti gimana tulisan yang ada jadi hilang juga dong. Pokoknya banyak pertanyaan dan ketakutanku untuk TLD.

Semakin belajar tentang blog dan ikut kelas dari blogspedia aku mulai pengen nih ngeTLD, bukan karena keharusan tugas aja. Tapi karena di blogspedia itu materinya dari dasar. Dimulai dari harus bisa nyelesaikan tugas tulisan. Itu membuat aku udah mulai mudah buat menulis.

Terus juga aku baru tau kalau blognya nanti kalau berubah nama bisa di pindahin ke alamat gratisan lagi. Oh jadi aman nih dalam hati kalau suatu saat vakum tulisan gak hilang.


Mencari Penyedia Domain

1. Hostinger.com

Dulu aku pernah pakai Hostinger waktu masih kuliah. Sebenarnya sih dibantuin juga gak ngurus sendiri belinya. Tapi karena udah familiar sedikit sama hostinger itu dan tampilan hostinger pun cukup nyaman dibaca dan berbahasa Indonesia bikin aku pertimbangkan untuk membeli di sana.

2. Sahabathosting.com

Kemudian ada juga teman yang selalu ngomporin buat TLD dan dia ngasih situs penyedia domain. Webnya Sahabathosting.com katanya lagi ada diskon bahkan ada yang 10ribuan beli domainnya. Terus aku juga chat whatsapp customernya ini, resposif banget. Tapi karena baru liat webnya jadi rada bingung sama jasa yang dijual macam-macam. Dan masalahnya gak tau tutorial cara belinya itu.

3. Rumahweb.com

Terakhir aku bertemu dengan namanya Rumahweb.com dari kelas blogspedia. Gara-gara kelas ini aku jadi lebih mudah buat TLD. Penjelasannya oke banget, di tiap foto screenshot itu dikasih panah, kotak merah buat menandain mana yang diklik terus juga bisa menutupi bagian yang privasi seperti password dengan rapi.

Kalau aku buat screenshot layar laptop pakai aplikasi lightshot. Aplikasinya bisa menscreenshot bagian yang dimau aja. Jadi gak kayak klik tombol keyboar d“prt sc sysrq” itu membuat semua layar terscreeshot padahal yang diperlukan hanya sebagian layar saja. 

Nah lightshot ini bedanya gak bisa menutupi bagian privasi dengan rapi. Jadi kalau ditutupi itu hasilnya kayak pensil yang dicoret-coret. Aku penasaran mba marita pakai aplikasi apaan ya tutorialnya jadi rapi gitu.


Proses Pembelian Domain

Aku akhirnya memilih beli domain di rumahweb karena udah jelas banget cara-caranya ada di blognya mba marita. Terus kalau kenapa-kenapa banyak temen kelas blogspedia yang pakai jadi aku bisa Tanya-tanya kalau ada masalah.

Proses pembeliannya sebenarnya mudah tapi bikin lama karena aku lupa password email. Lupa juga kalau bisa konek ke nomor handphone kalau lupa passwod. Jadinya aku nyariin berkas catatan password dan akun dulu. Terus nyoba berapa kali, ngingetin passwordnya. Beberapa bulan lalu aku ganti password tapi setelah aku ganti aku lupa buat catat. Jadinya yang diingat password sebelumnya aja. Terpaksa harus reset lagi.

Nama domain awal blogku ini www.niswindows.blogspot.com dan aku beli domain menjadi www.niswindows.com seharga 125ribu tapi dengan beberapa tambahan biaya seperti ppn 10%, fee dll jadi total aku bayar menjadi 141.100


Proses Pemasangan Domain

Nah ini yang susah, tahapnya ada banyak dan diakhir harus sabar menunggu sampai halaman kita bisa konek di domain baru. Dan anehnya ya ditempat temen-temenku bisa mengakses halaman domain baruku. Tapi aku gak bisa. Bener-bener gak bisa sama sekali.

Aku coba semua browser di laptop. Mulai yang sering dipakai sampai yang gak pernah kepakai aku coba. Chrome, Mozilla, opera, Internet Explorer, Microsoft Edge itu semua aku coba gak bisa. Terus di opera udah aku clear chache dan clear history juga gak bisa. Aku coba juga dihandphoneku pakai aplikasi chrome juga sama gak bisa diakses. Browser handphoneku juga udah aku clear chase sama clear history juga gak bisa. Heran kok bisa semuanya kompakan gitu ya.

Baru aja beberapa menit yang lalu blogku udah bisa diakses. Aneh banget gak diapa-apain bisa muncul sendiri. Apa karena habis posting tulisan ya?

Aku habis selesai nulis ini kan laporan tuh di grup whatsapp. Aku udah tau gak bisa dibuka ditempatku jadi udah pasrah gak ngecek-ngecek lagi. mungkin aku perlu restart gadget dulu atau clearin beberapa memori gitu tadi mikirnya.

Pas iseng ngeklik link sendiri dari laporan grup whatsapp eh mau muncul. Apa gara-gara habis posting ya.. wkwk sungguhku terheran-heran.

Oke sekian dulu pengalaman pasang domain di blog. Semoga dengan TLDnya blog tambah semangat buat nulisnya.

Niswin
Hey you can call me Niswin. I born and live at Banjarmasin City, Kalimantan Selatan Province. I work as an administration in a small government office. I am blogger and reviewer book. I also love cat. You can follow my instagram @niswindows_com and also my lifestyle blog www.niswindows.com

Related Posts

3 komentar

  1. Aku juga sempet ga bisa konek ke domain baru, masuk lewat domain lama juga ga bisa... Hahahaha...

    Tapi diakses via hpku bisa.
    Akhirnya matiin laptop, akses lagi malamnya, baru dekh bisa... Hehehehe...

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah, selamat kak TLD-nya sudah terpasang. Semoga semakin semangat nge-blog nya ya

    BalasHapus
  3. Aku pakai lightshot juga mbak, tapi habis itu kuedit lagi di paint. Untuk beberapa yang butuh privasi kucoret2 di paint wkkw...

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email