Nis Windows

www.niswindows.com

Optimalkan Blog dengan SEO

Posting Komentar



Hai kembali lagi di niswindows, kali ini aku akan menulis tentang gimana sih caranya Optimalkan Blog dengan SEO? Apasih SEO itu?


Sebelumnya aku sudah bikin artikel tentang blog. Artikel ini adalah tugas dari kelas Blogspedia Coaching for Newbie. Jadi merupakan rangkuman dari kelas blogspedia. Kalau kalian mau baca boleh banget.


- Hari Blogger Nasional dan Blogger terkenal yang menceritakan sejarah blog dan tokoh yang sukses di dunia Blog.
- Kemudian ada artikel tentang Adab Blog yang perlu diketahui sebelum mulai ngeblog nih. Gimana sih jadi blogger yang baik itu?
- Dan artikel sebelum ini adalah Istilah Blog, disini tuh jadi bisa lebih tau istilah blog jadi nanti saat membuat blog gak bingung-bingung banget. Terus ada juga bagian perincian blog yang membahas tentang mimpi dari blog kamu.


Oke kembali ke judul artikel ini yaitu Optimalkan blog dengan SEO.


Apasih SEO itu?

SEO adalah Search Engine Optimation. Kebetulan kemaren tanggal 11 Oktober 2020 ada Class Online bersama kak Irwin dalam rangka 4th Anniversary Female Blogger of Banjarmasin. Beliau membawakan materi tentang SEO On Page.
SEO kata kak Irwin adalah tindakan atau praktik untuk mengoptimalkan blog kita. Optimasi ini akan memungkinkan search engine atau mesin pencari dalam menilai apakah blog/website kita layak untuk ditampilkan di posisi teratas hasil pencarian atau tidak.


Kenapa harus tau SEO?

Ketika menjadi pengiklan kita mau agar orang membaca iklan kita. Yang dalam konteks blog adalah beriklan di blog. Jadi kita ingin agar orang membaca blog kita atau paling tidak melihat iklan kita.
Nah tentunya sebagai pengiklan kita akan mencari tempat terbaik dimana banyak orang yang melihat iklan kita. Dimana tuh tempat terbaik kita beriklan? Tentu saja ditempat ramai yang strategis, misalnya mau beriklan di jalan utama atau di lampu merah.
Kenapa disana lebih ramai? karena disana jalannya strategis dong, orang suka lewat jalan itu karena lebih cepat sampai ketujuan mereka dan juga jalannya lebih mulus dibandingkan dengan jalan gang kecil yang bisa aja banyak lubang kan.



Dengan adanya SEO, mesin pencari lebih mudah menemukan blog kita. Yang artinya akan mendatangkan banyak trafik.

Jenis SEO


Ada 3 jenis SEO yaitu

-SEO Experience,

 adalah teknik optimasi dari luar dalam blog yang sudah cocok dengan blog

-SEO Off Page, 

adalah teknik optimasi dari luar. Contohnya Blogwalking.

-SEO On Page, 

adalah teknik optimasi dari dalam blog contohnya memiliki konten yang bagus. Nah ini yang akan aku ceritakan lebih dalam nanti.

Kalau kalian mau lebih mengerti  bisa liat di blogspedianya mba Marita tentang Pengertian Jenis dan cara belajar SEO. Disana tuh lebih lengkap lagi pembahasannya. 

Wajib banget deh mengunjungi blogspedia untuk blogger baru kayak aku. Banyak insight yang didapatkan. Kalau ada waktu akupun mau mengkatamkan postingannya mba Marita.


13 Tips SEO On Page

Selain bikin tulisan sebanyak 800 kata, ini adalah tugas yang juga bikin keteteran ngerjainnya. Kenapa? karena menulis jadi lebih lama gak bisa asal posting. Kita tuh harus bisa mikirin gimana agar kata kuncinya pas sama di awal dan di akhir paragraph. Terus juga harus sesuai dengan batas maksimal karakternya.

Dan tips SEO ini di praktekan ke semua postingan yang kalian punya. Duh kebayang ini baru beberapa bikin postingan yang pakai SEO aja gimana lamanya. Apa lagi semua postingan aku yang totalnya ada 100 postingan. Perlu berapa purnama biar selesai di optimasi SEO semua.

Supaya lebih gampang buat cek yang mana postingan yang sudah optimasi dan belum. Caranya bikin list judul postingan kalian di excel dan tandain yang mana yang sudah optimasi dan belum. Atau kalau mau per tanggal aja juga bisa.


1. Judul

Jangan membuat judul yang terlalu panjang. Jumlah karakter untuk judul maksimal 55 karakter. Dan sisipkan keyword di dalamnya.  Contohnya kayak artikel ini tuh keywordnya : Optimalkan Blog dengan SEO. Nah Keyword ini nanti juga harus disebutkan di Heading 1 (Judul Utama) dan nama foto.

2. Permalink

Permalink contohnya seperti ini : https://niswindows.blogspot.com/2020/11/optimalkan-blog-dengan-seo.html . Permalink yang aku sebutkan ini tuh ada 72 karakter dihitung dari huruf “h” sampai “l”. Permalink juga harus disisipkan keyword. Panjang maksimal permalink sebaiknya tak lebih dari 75 karakter. 

3. Deskripsi

Panjang deskripsi maksimal 155 karakter dan bagusnya bisa memuat dua kali penyebutan keyword secara natural.

4. Paragraf Pertama

Lagi-lagi si keyword juga harus muncul di paragraph pertama. Tepatnya keyword harus berada dalam 150 karakter pertama di dalam paragraph pertama. 

5. Stop Cara Jadul Penulisan Keyword

Dulu keyword itu dituliskan dengan tanda cetak miring, cetak tebal atau garis bawah. Tetapi sekarang tidak perlu lagi.

6. Paragraf Akhir

Keyword harus muncul dimana-mana ya teman-teman. Nah diparagraf akhirpun juga gitu. jadi biar mudahnya kalian bisa menyisipkan keyword dalam sebuah kesimpulan atau penutup.

7. Jumlah Kata

Dulu ada yang bilang artikel yang bagus dalam SEO minimal 500 sampai 700 kata. Tetapi aku baru tau nih katanya tergantung dengan saingan di peringkat google. Kalau artikel teratas itu berjumlah 1000 kata maka agar bisa masuk dalam layar pertama google kita juga harus berjumlah 1000 kata atau bisa mendekati sejumlah itu.

8. Optimalkan Paragraf

Paragraf itu gak perlu panjang-panjang. Maksimal hanya 4 kalimat. Karena kalau terlalu menumpuk orang jadi malas buat baca. Dan ini PR aku banget gak boleh buang-buang kata dan harus singkat, ringkas, padat dan berisi.

9. Heading 

Dalam sebuah artikel harus ada H1, H2 dan H3. Di blogger sekarang H1 diganti dengan kata Judul Utama, H2 menjadi Judul dan H3 menjadi Sub Judul. Penggunaannya pun wajib urut. Tidak boleh loncat dari H1 langsung H3, atau H2 dulu baru H1. Yang perlu diperhatikan, H1 hanya ada satu.

Selain menggunakan heading dengan urutan yang tepat, jangan lupakan si keyword juga harus masuk dalam salah satu Heading.

10. Optimasi Gambar

Memasukan gambar dengan nama yang sesuai. Jadi di dalam file computer fotonya sudah harus di rename dan jangan mengunakan spasi. Contohnya di artikel ini tuh fotonya di dalam file computer aku namai  “Optimalkan-Blog-dengan-SEO”. Kemudian baru aku upload ke blog. 

Lalu kalian juga harus mengisi Title Image dan Alternative image. Di isi dengna kalimat yang berbeda ya. 

11.  Link pada Artikel

Ketika menyisipkan 1 link artikel luar sebaiknya kita juga menyisipkan 3 internal link. Agar teman yang baca juga tertarik dengan tulisan kita yang lain. Dalam artikel sendiri kita dibatasi dengan hanya menyisipkan 150 link. Dan penyisipan link ini juga harus sesuai dengan alur cerita di artikel kita. 

12. Share di Media Sosial

Setelah sudah menerbitkan artikel jangan lupa untuk share ke media social kalian entah itu FB/TW/IG/Linkedin. Dengan begitu akan menambah traffic orang yang mengunjungi blog kita. 

Ada dua hal lagi dari tips SEO On Page. Yaitu Gunakan LSI Keyword dan Lakukan Inspect URL. Tetapi aku masih belum mengerti tentang materi itu.

Jadi sekian dulu cerita tentang Optimalkan Blog dengan SEO. Semoga kita bisa menerapkan semua tips di atas dengan mudah.


Niswin
Hey you can call me Niswin. I born and live at Banjarmasin City, Kalimantan Selatan Province. I work as an administration in a small government office. I am blogger and reviewer book. I also love cat. You can follow my instagram @niswindows_com and also my lifestyle blog www.niswindows.com

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email