Nis Windows

www.niswindows.com

Istilah Blogging

Posting Komentar
istilah blogging

Di tulisan kali ini kita akan bahas tentang Istilah Blogging dari materi ke-2 Blogspedia Coaching for Newbie. Setelah sebelumnya kita bahas tentang adab seorang blogger, kita akan mulai masuk ke dalam dunia bloging nih. Jadi biar lebih mudah kita harus ngerti dulu istilah-istilahnya. 

Oh ya apakah ada orang banjar disini? Atau mungkin bisa bahasa banjar? aku pernah nulis tentang Istilah Dasar Dalam Dunia Blog ini beberapa bulan lalu. Disitu aku nulis tetang 6 istilah dasar blogging. Itu tulisannya bahasa banjar ya. Kalau bukan orang banjar ya susah bacanya hehee..


Nah di artikel kali ini aku juga akan nulis tentang Istilah Blogging yang merangkum dari materi mba Marita.

1. Platform

Apasih platform itu? 


Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) platform diartikan sebagai sebagai sebuah program, rencana kerja, sebuah pernyataan dari kelompok partai tentang program kebijakan, sampai dengan mimbar, pentas, atau panggung.


Sedangkan menurut Wikipedia, platform komputasi didefinisikan sebagai sebuah kombinasi asitektur perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Secara sederhana menurut Wikipedia platform adalah media atau wadah yang digunakan untuk menjalankan software.


Jadi intinya Platform itu adalah suatu media. Ada Platform Instagram, blog, bahkan platform android. Tergantung apa yang lagi maksud.


Nah karena kita lagi bahas tentang blog, tentu aja platform yang dimaksud adalah Platform Blog. Jadi artinya platform blog adalah suatu media yang menampung untuk menulis di internet. Contohnya Blogger.com , Wordpress.com bahkan juga Tumblr.com


Sebagai blogger pemula mungkin kita bingung mau menggunakan platform blog yang mana. Mana sih yang paling mudah? Mana sih yang paling bagus?


Jawabannya tergantung, karena semua platform punya keunggulannya masing-masing. Menurut kita ini yang bagus belum tentu bagi temen kita itu juga bagus. Yang paling bagus adalah yang paling nyaman buat kalian.


Tetapi kalau dilihat dari sisi kemudahan dan ekonomisnya Blogger.com lah jawabannya. Karena blogger.com itu sudah dimiliki oleh Google. Kalian bisa lihat tulisan aku yang ada membahas sejarah blog ini di Hari Blogger Nasional dan Blogger Terkenal https://niswindows.blogspot.com/2020/10/hari-blogger-nasional.html


Ada kelebihan tentu ada kekurangannya. Jadi blogger.com atau bisa juga disebut blogspot ini tuh Template bawaannya terbatas dan tidak ada Plugin SEO nya. Untuk blogger pemula kayak aku hal ini masih belum terlalu penting sih jadi bisa di skip aja.



2. Niche

Niche adalah topic blog atau tema yang kalian bahas di blog. 


-spesifik blog

contohnya blog yang khusus membahas mengenai kesehatan seperti alodoc.com, nah gak mungkin kan tiba-tiba di dalamnya ada posting tentang spare part motor. Ada juga blog yang membahas kecantikan, nah orangnya biasa disebut sebagai Beauty Blogger. 


Ada juga yang khusus bahas makanan jadi Food Blogger. Terus ada juga nih yang suka tulis tentang traveling namanya travel blogger. Biasanya sih food blogger dan traveling blogger itu mirip-mirip atau jadi satu ya. Karena kalau travel ya selain posting pemandangan pasti juga makanannya kan


-Lifestyle blog

Blog gado-gado kayak blogku ini, walaupun seringnya menulis tentang buku aku juga menulis hal random lain. Kayak pengalaman jalan-jalan, review kosmetik, materi pelajaran yang sedang aku pelajari atau artikel lain. Untuk pemula yang belum ketemu niche enaknya jadi lifestyle blog aja. Kelamaan mikir gak jadi mula-mulai deh ngeblognya.


Tapi kalau kalian udah punya keahlian nih gak papa langsung aja bikin blog yang spesifik. Menentukan niche ini sangat penting untuk dilakukan diawal ya. Jangan sampai gara-gara mikirin niche jadi lama bikin blognya.



Rincikan Blogmu


Dari niche kalian tadi kita bisa untuk merincikannya lagi seperti apasih blog impian kamu. Ini tuh penting banget biar kalian lebih terarah dalam membuat blog.


- Judul, Tagline, Logo, 

Pikirkan apa judul blogmu, apakah kamu mau pakai namamu aja? Atau kalau topic blogmu tentang puisi atau sajak gitu bisa tuh judulnya pengagumsenja. Kita liat Blogspedia.my.id itu judulnya Blogspedia, taglinenya tongkrongan blogger cupu dan logonya adalah animasi gambar dari mba marita. Ini lah pentingnya menentukan niche di awal jadi gak bingung lagi kan.


- Template

Pemilihan niche juga akan mempengaruhi template, seperti warna dasar apa yang sesuai untuk blogmu. Bentuknya apakah ramai atau simple. 


- kategori/label.

Kategori/label ini adalah macam-macam yang kalian bahas diblog dan isinya tetap dipengaruhi oleh niche kamu. Seperti blogspedia yang memiliki beberapa niche, tentang tips blog, tutorial, blogspot dan wordpress. Yang kesemua kategori tadi masih masuk dalam topik blogger pemula.


Nah ada banyak istilah blogging, istilah selanjutnya akan sering kalian temukan setelah membuat sebuah blog.


3. Meta Deskripsi

Adalah ketika kita membuat suatu artikel dan hanya mendeskripsikannya dalam 150 karakter. Tujuannya agar mesin pencari google lebih mudah mendatanya


4. Dashboard

bagian awal ketika kita masuk dalam akun blogger kita


5. layout

tampilan dalam blog, misalnya letak postingan di sebelah kiri atau kanan


6. header

tampilan yang ada di paling atas blog, biasanya bisa digunakan untuk memasukkan judul dan tagline


7. footer

tampilan bagian bawah blog.


8. Sidebar

Samping dari postingan biasanya ada pilihan artikel lain untuk dibaca nah itu termasuk side bar. Artinya adalah kolom samping.


9. Widget

Gadget tambahan misalnya kalender, jam ataupun penghitung pengunjung


10. URL

Alamat lengkap blog


11. Domain

Adalah alamat blog, misal niswindows.blogspot.com nah domainnya adalah blogspot.com


12. Blogwalking

Saling meninggalkan komentar di blog orang lain


13. Monetisasi

Blog yang sudah bisa menghasilkan uang


Ada istilah lain yang masih belum aku pahami seperti istilah dibawah : 

14. Google Analytics

15. Google Search Console

16. Domain Authority & Page Authority (DA/PA)

17. Alexa

18. Domain Rating & URL Rating (DR/UR)

19. SEO

20. Content Planner

21. Rate Card

22. Back Link


Sekian dulu istilah blogging yang aku tahu, semoga dengan berjalannya waktu bisa semakin memahami istilah lainnya.


Niswin
Hey you can call me Niswin. I born and live at Banjarmasin City, Kalimantan Selatan Province. I work as an administration in a small government office. I am blogger and reviewer book. I also love cat. You can follow my instagram @niswindows_com and also my lifestyle blog www.niswindows.com

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email