Nis Windows

www.niswindows.com

Ini Cara Aku Mengatasi Rasa Malas

10 komentar

mengatasi rasa malas


Belakangan ini aku lagi suka banget cari tahu cara buat mengatasi rasa malas. Aku banyak dapat ilmu dari chanel youtube satu persen mengenai mengatasi rasa malas dan juga tentang produktifitas. Kalian bisa nonton youtubenya tapi nanti habis selesai baca tulisan ini aja ya, hehe

Kita sama-sama dikasih waktu 24 jam sehari tapi kok ada yang bisa ngerjain banyak hal sedangkan kita yang urusan-urusan sekarang aja rasanya keteteran. Entah itu urusan rumah, kerjaan, kuliah atau kelas online. 

Tentunya banyak factor yang membuat urusan-urusan jadi keteteran, mungkin salah satu masalahnya adalah rasa malas. Misalnya nih malas mencari tahu cara mengatasi rasa malas. Malas ini sumber yang bisa punya banyak cabang. Bisa jadi nih kita ngerasa gak malas tapi padahal kita malas. Lah gimana tuh?

Contohnya kalau kalian suka menunda-nunda pekerjaan. Suka ngerjain yang lain dulu sampai nemu waktu yang pas alias mood buat ngerjain sesuatu yang seharusnya dilakukan. Kalau kayak gini istilahnya disebut prokastinasi. Tapi ya sama ajakan namanya malas melakukan sesuatu yang seharusnya dilakukan. 

Menurut KBBI Malas adalah tidak mau bekerja atau mengerjakan sesuatu. Contohnya waktu mau kerja malah melakukan hal lain dulu. Mau minum dulu lah, mau jajan dulu lah. Malas juga membuat kita suka jadi Deadliner mengerjakan sesuatu di akhir batas ijury time, dan membuat tidak ada motivasi lagi sehingga hal ini membuat kerja tidak maksimal.


Penyebab atau Jenis Rasa Malas

Nah sebelumnya kalian juga harus bisa mengenali rasa malas kalian itu alasannya apa? karena malas ini juga banyak jenisnya, ada malas karena kelelahan fisik dan kelelahan mental. Ada juga malas karena cuaca, contohnya pernah gak kalau harinya hujan kalian jadi malas pergi-pergi? Ada juga malas karena cerdas, ya karena ngerasa gak penting dan udah paham sama pelajaran bisa jadi bikin malas. Atau yang paling parah malas karena ya malas aja dan emang orangnya gak punya daya juang.


Kenapa sih kita bisa memiliki rasa malas?

Manusia mempunyai default behaviour yang membuatnya bergerak secara autopilot. Ini biasa terjadi di dalam rutinitas hidup kita, misalnya menyikat gigi dan mandi. Autopilot ini membuat kita tidak perlu berusaha keras karena sudah otomatis bisa dilakukan. Makanya tidak heran kalau kalian lebih mudah untuk nonton tv dan scolling instagram. Karena hal itu sangat mudah dilakukan. 


Cara mengatasi sifat malas

Terus gimana nih cara mengatasi rasa malasnya? Nah dibawah ini aku udah praktekkan beberapa hal yang bisa mengatasi rasa malas.

cara-mengatasi-rasa-malas


1. Prinsip 1 Menit Setiap Hari

Mulai sesuatu secara perlahan, kalau kalian ingin mulai belajar sesuatu baru jangan dipatok harus belajar dalam waktu lama. Mulai aja dulu 1 menit setiap hari.  Manusia punya sense of progress yang akan membuat ketagihan. Hal ini tidak hanya berlaku dalam hal tidak baik tapi juga hal baik. 

Pernah gak kalian Cuma berencana bersihin ruang tamu eh malah seluruh rumah dibersihin, otak kita berpikir “duh tanggung ah sedikit lagi juga selesai”. Dengan satu menit ini juga akan mengantarkan agar tidak menunda-nunda dan cepat mencapai tujuan.


2. Mengatasi Rasa Malas Dalam 20 Detik

Prinsip 20 detik ini berlaku dengan menambah atau mengurangi rintangan. Kalau ingin tidak malas belajar kalian harus mengurangi rintangan dalam belajar. Tapi sebelumnya kita harus tau kebiasaan apa yang ingin ditambah atau dikurangi.

Misal kalian ingin belajar membuat kue sedangkan alat untuk pembuatan kue ini terletak di dalam lemari dan masih berbungkus. Tentu ini akan membuat kita malas untuk belajar, membayangkan harus berdiri mengambil bungkus wadah-wadah di dalam lemari dan mengeluarkan lagi wadah dari bungkusnya. 

Belum kalau kita sudah selesai menggunakannya kita harus memasukkan kembali ke tempatnya. Mungkin kalian bisa mengeluarkan perlatan membuat kue di tempat yang mudah dijangkau agar rintangan berkurang. Terlihat sepele mungkin, hanya beberapa detik tapi hal itu jadi mempengaruhi semangat kita untuk belajar membuat kue.

Sedangkan dalam hal keburukan kalian juga bisa menambahkan rintangan. Contohnya ketika kalian ingin mengurangi menonton tv kalian bisa menambahkan rintangannya dengan menyimpan remot di tempat yang jauh dan mencabut kabel TVnya. Sehingga ketika kita ingin menonton tv otak akan berpikir dan malas untuk mencari remote dan memasang kabel karena banyak rintangannya.


3. Mengatur diri/ self regulation

Mengatur waktu dalam mengatasi rasa malas ini penting agar kita berada di jalur yang tepat


a. membuat rencana

Dalam membuat rencana kita harus mengukur kemampuan diri sekarang, missal nih pengen rajin baca buku sedangkan dalam setahun baca buku satu juga gak tentu. Jadi mulai aja di pikirkan secara realistis kira-kira berapa buku yang ingin dicapai. 

Perkirakan hasil yang di inginkan berapakah jumlah buku yang diinginkan. Hal ini juga harus dipikirkan waktunya berapa lama dan yang terpenting adalah apa saja yang menghambat dalam mencapai tujuan. Misalnya nih scrolling intagram adalah hal yang membuat malas menuntaskan pekerjaan maka perlu menerapkan banyak rintangan agar malas untuk melakukan hal yang jauh dari tujuan


b. Eksekusi atau memantau strategi rencana

Setelah rencana sudah dibuat kita bisa langsung melaksanakan dan kemudian memantau apakah sudah sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai ataukah ada permasalahan.  Bukan melakukan apa yang ingin dilakukan saja tapi juga tidak melakukan apa yang tidak dilakukan dan mampu menghindari tindakan yang menghambat kepada tujuan


c. Refleksi/evaluasi

Di tahap ini kita sudah tau apa saja yang sudah tercapai, Apa saja yang masih harus dibuat/dilakukan, Apakah sudah efektif strateginya. Penting untuk melihat seberapa jauh kita berhasil dan apa yang harus diperbaiki. Contoh ada olahraga yang mebuat kita semangat atau tidak seperti jogging dan aerobic. Pilih mana yang efektif dan mana yang enggak. Pilih mana yang membuat semangat dan mana yang enggak. Kalau sudah tau itu bisa tinggalkan perilaku yang tidak efektif dan lanjutkan yang memang ngefek dan semangat.


Biar gampang kalian bisa gunakan buku jurnal, kalian bisa coba-coba gimana system yang cocok untuk kalian. Dulu aku suka bikin to do list gitu tapi kurang efektif sampai akhirnya aku coba untuk menuliskan to do list dengan cara dicontren dan ditambah juga menuliskan done list aku. Aku jadi bisa tau yang mana yang aku suka kerjakan dan yang mana yang harus aku perbaiki.



Kalian juga bisa gunakan aplikasi di android yang membantu kalian mengatasi rasa malas ini. Namanya Aplikasi Kesejahteraan Digital dari Google dan bisa digunakan di handphone android kita. Aplikasi ini bisa mendata total penggunaan waktu setiap aplikasi yang dibuka. 

Selain itu aplikasi ini juga bisa menutup aplikasi lain. missal kita ingin menutup instagram setelah menggunakan 1 jam maka nanti aplikasi ini akan menutup instagram secara otomatis. Ini masuk kedalam menambahkan rintangan agar malas dalam melakukan hal buruk berkurang dan tidak menunda pekerjaan lain lagi.


Sekian caraku dalam mengatasi rasa malas. Kalau kalian ada tips lain lagi boleh dong kasih tau aku di kolom komentar..


Niswin
Hey you can call me Niswin. I born and live at Banjarmasin City, Kalimantan Selatan Province. I work as an administration in a small government office. I am blogger and reviewer book. I also love cat. You can follow my instagram @niswindows_com and also my lifestyle blog www.niswindows.com

Related Posts

10 komentar

  1. Wow wow.. saya yakin artikel ini banyak manfaatnya. 🤩
    Kalau saya, yang membuat tidak malas adalah deadline. Hehehe..

    BalasHapus
  2. Waah artikelnya sangat menarik mba niswiin. Rasa malas memang sulit di hindari dan artikel ini membahas mengenai tips cara menghadapi rasa malas. Toss aku juga kadang nonton chanel 1%, channel ini sangat bagus menurutku.

    BalasHapus
  3. Wahh wahh, tips yg cocok buat semua org nii mba, apalagi aku 🤭😂

    Makasiih loh ini tipsnya.
    Penyakit sejuta umat bangett yaa ini, hehehe

    BalasHapus
  4. Malas adalah problem yang tiada henti. Huhuhuuu. Menarik tips menerapkan prinsip 20 detik. Patut dicoba! Dan rekomendasi aplikasi dari Google juga bikin aku penasaran. Auto download :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. patut dicoba banget kak aplikasinya, gak berasa loh bentar-bentar sekali buka instagram cuma 10 menitan tapi pas ditotal seharian jeng jeng berapa jam habis waktu terbuang

      Hapus
  5. Relate banget sih, apalagi di masa-masa seperti ini yang memang kebanyakan bekerja dari rumah terkadang bosan lalu jadinya malas wkwk. Dalam hati ingin berkata agar tak malas, namun tetap saja rasa malas masih menyelimuti karena kadang kita lupa, kita harus menyingkirkan/mengurangi rintangan yang ada. Baca tips dari kak niswin sekaligus jadi reminder nih bagi para kaum mageran sepertikuu wkwk, terimakasih kak. Semangat selalu :)

    BalasHapus
  6. Prinsip 1 menit setiap hari. Betul terbukti. Thank you ya

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email