Nis Windows

www.niswindows.com

Mengapa Menulis di Blog & Tips Atur Waktu

8 komentar

Mengapa Menulis dan Tips

Mengapa Menulis di Blog & Tips Atur Waktu


Dua hal yang saling berhubungan ini penting banget dibahas untuk blogger pemula. Mengapa Menulis di blog, membuat kita mengali alasan-alasan sehingga bisa lebih kuat dalam menulis. Kalau sudah ketemu alasannya tinggal eksekusinya, yaitu gimana tips atur waktu biar menulis di blognya konsisten.

Mengapa Menulis di Blog

Mengapa menulis di blog ini pernah aku tulis di awal-awal postingan blogku, tepatnya tanggal 6 desember 2016. Ya 4 tahun yang lalu, judulnya postingannya "Buat apa menulis". Waktu itu aku sengaja bikin tulisan itu biar semangat menulis.

Untuk ku yang terlalu banyak mikir dan pemalu ini awal-awal nulis itu takut mengutarakan apa yang ku pikir. Masih sampai sekarang sih. Tapi udah mendingan, dan ya udah nekat aja. Namanya berproses kan gak bisa langsung bagus.

Pun gaya nulis tetep lah sesuka hati aku. Apa yang dipikir ya udah langsung tulis. Belum bagus untuk menyaring tulisan dan masih belajar buat tulisan yang banyak poin-poin nya gitu.

Oh ya aku cerita dikit ya biar nambahin kata tulisan. Wkwkw

Jadi ini tugas pertama dari kelasnya mba Marita Ningtias yaitu Blogspedia Coaching for Newbie Batch 1. Uh awalnya kek ah gampang ternyata nulis dalam waktu dua hari itu susah juga ya. Mana nulisnya langsung 800 kata pula. Kalau gak selesai bakal ditendang dari grup. Ngewriii.. 

Aku aja biasanya nulis satu postingan itu satu minggu itupun gak mesti dapat 800 kata, rata-rata sih cuma 500 kata. Kecuali aku nulis sesuatu yang aku suka banget sampai keinget mulu. Misal nih ada buku yang bagus banget, eh gak mesti bagus juga sih buku yang ngeselin juga bisa. Yang bikin pengen bahas itu buku terus saking ngeselinnya.

Hari Senin, tanggal 12 Oktober kemaren dikasih materi pertama dan di diskusikan di jam 8 malam. Terus malam itu habis diskusi dikasihlah tugas. Dan hari ini Rabu, tanggal 14 Oktober jam 6 sore tugasnya harus selesai dikumpul di Google Class. Uwaw.

Oke balik ke topik : Mengapa Menulis di Blog? Kenapa gak di tempat lain ? 

Kan ada bermacam platform. Misal nulis di caption intagram atau corousel instagram yang lagi booming itu. Bisa juga di media web lain seperti kompasiana, nulis di twitter atau di facebook. Kenapa harus di blog?

Dengan alasan mengapa menulis di blog ini akan membuat kamu terfokus. "Innamal a'malu binniyat" yang artinya sesungguhnya amal perbuatan itu bergantung pada niatnya. Ada juga yang mengatakan sesesorang akan mendapatkan sesuatu yang diniatkannya.

Kalau memang alasan menulis di blog tidak sesuai dengan apa yang diinginkan bisa aja kalian gak meneruskan kan. Siapa tau kamu salah alamat. Mau ke Surabaya karena banyak yang suka ke sana aja. Padahal sebenernya kamu pengen banget liat Monas. Dan monas itu adanya di Jakarta. 

Nah kalau apa yang bisa di dapat di blog bukan yang kamu inginkan masih ada kan opsi atau platform lain yang mungkin cocok dengan kamu. Makanya kamu perlu tau dan bener-bener menggali mengapa menulis di blog. Bahkan yang udah tahu alasan aja bisa berubah tujuan apalagi yang gak ada tujuan. Malah jadi bingung nanti.

Sebenarnya ada banyak alasan mengapa kita menulis di blog. Tapi disini aku hanya akan kasih 7 aja sesuai sama yang dikasih tau mba Mahrita. Biar tambah lengket ilmunya beliau aku tulis ulang. Hehe..

1.    Mudah bikinnya

        Asal kamu punya e-mail google kamu pasti bisa bikin blog. Atau bisa langsung punya karena sekarang google udah ngebeli blogger gitu jadi gak perlu daftar blogger tinggal aktifin gitu.

2.    Mudah dan lebih rapi penyimpanannya

        Kalau kita bikin instagram dan pengen nyari postingan berdasarkan tanggal gak bisa. Nah di blog kita bisa mengurutkan sesuai tanggal atau tinggal cari di tombol pencarian, ketemu deh. Beda sama aplikasi yang lain kita harus scrool panjang dan itu bakal makan waktu

3.    Mudah dibagikan ke orang lain

        Yap semudah itu, kita juga bisa naruh alamat web kita di bio kita entah instagram atau twitter.

4.    Murah perawatannya

        Murah da nada juga yang gratis

5.    Proses publish cepat.

        nggak perlu diseleksi penerbit, nggak perlu menanti di acc editor, dll

6.    Personal touch - menjadi diri sendiri

        Beda dengan bikin di Koran harus menyesuaikan dengan Koran tersebut dan mungkin ada aturan-aturan lain yang harus di ikuti.

7.    Personal branding

        Memperkenalkan diri kamu.

  

Selain mengapa menulis di blog harus juga tau mengapa pengen menulis? Nah ini cerita aku kenapa mau menulis.

iya buat apa menulis? dapat apa emang?

 

1. Orang bilang untuk menjadi cerdas ada 10 hal yang bisa dilakukan. Salah satunya menulis.

 2. Menyimpan tips-tips dan tutorial, misal bikin tutorial apa gitu nanti kalo lupa kan bisa dilihat lagi.

 3. Sebagai penambah amal, karena mungkin blog ini bisa membantu orang lain dalam mencari informasi,

 4. Berusaha tidak hanya menjadi konsumen alias penikmat. Suka baca buku masa gak bisa nulis? suka baca blog orang masa gak bikin blog sendiri?

 5. Mengalihkan waktu luang kepada hal yang bermanfaat daripada scroll-scroll handphone mending nulis(alias ngetik).

 6. Bisa menghasilkan sesuatu. Pernah dengar bahwa zaman nabi dulu seseorang santri atau pelajar di nilai berdasarkan kebermanfaatan dirinya. Bukan dari nilai diatas kertas saja. Mereka disuruh membuat tulisan buku-buku, yang mana nantinya buku tersebut akan ditimbang dan akan dikasihkan emas setara dengan ukuran timbangan buku itu.

Semakin tebal buku semakin banyak dapat emasnya dari pemerintah. sayangnya setelah itu ada insiden laut hitam. buku-buku dibakar perpustakaan dihancurkan dengan tujuan agar ilmu dalam dunia muslim menghilang.

 7. sarana berkomunikasi dengan sesama penulis, dapat teman baru,

 8. mengikat ilmu. iya ilmu itu harus di ikat biar tidak hilang. someone say carilah ilmu dengan membaca. lalu ikatlah dengan menuliskannya.

 

Tips Atur Waktu

Menulis ngatur waktunya gimana ? ya ini aku masih bingung juga. Mungkin tiap orang beda-beda ada yang waktunya bisa diatur dan ada yang enggak.


- selesaikan pekerjaan yang lain

Kalau aku sih biasanya nulis hari minggu. Nah biar gak keganggu bisa tuh di hari sabtu pekerjaan rumah diselesaikan dulu jadi hari minggunya bisa puasin buat nulis.


Nah sekian dulu tulisanku mengenai dua hal yang saling berhubungan untuk blogger pemula yang penting banget dibahas. Mengapa Menulis di blog benar-benar membuat aku jadi mengali alasan-alasan sehingga bisa lebih kuat dalam menulis. Terus tips atur waktu  juga membuat agar menulis di blognya jadi konsisten. Semoga aku bener-bener bisa konsisten menulis blog ya :)

Niswin
Hey you can call me Niswin. I born and live at Banjarmasin City, Kalimantan Selatan Province. I work as an administration in a small government office. I am blogger and reviewer book. I also love cat. You can follow my instagram @niswindows_com and also my lifestyle blog www.niswindows.com

Related Posts

8 komentar

  1. Wokay kakak, siap-siap ya habis ini 2 kali dalam sepekan harus nulis panjang yaaks hehe.

    BalasHapus
  2. wah jadi setiap pekan sudah mengagendakan buat menulis, ikut komunitas 1minggu1cerita kak hehe /malah promosi

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih sarannya mba Aky, semoga diberikan kemudahan atur waktu nanti

      Hapus
    2. Siaaaaap, ternyata agak beda sama yg dulu hehehe mampir lagi dan dapet insight baru lagi

      Hapus
  3. Hayukkk semangat menulis, saya juga lagi belajar paling tidak 1 minggu 1 postingan.. hehe

    BalasHapus
  4. Bareng2 perbaharui semangat nulis lagi dengan lebih berilmu tentunya hehehe

    BalasHapus

Posting Komentar