Nis Windows

www.niswindows.com

Review Buku (16) Membasuh Luka Pengasuhan

8 komentar

 Judul buku : Membasuh Luka Pengasuhan

Penulis: Ulum A. Saif & Febrianti Almeera
Penerbit : Strong from home publishing
Tahun :  2020
Jumlah : 209 halaman 


luka pengasuhan adalah adanya beban psikologis, luka batin atau mental illness pada diri, yang umumnya berakar pada masa sebelum aqil balig. ini disebabkan oleh ketidaksengajaan orangtua( atau siapa pun disekitar diri ) dalam menerapkan pola asuh yang kurang tepat.

Jika dalam jiwa ini banyak tumpukan emosi negatif yang tidak dialirkan bahkan sejak dari masa pengasuhan, maka emosi negatif itu akan mempengaruhi tindakan. karena Respons cenderung berlebihan dan tidak terkendali maka di sebut" Respon Eror". hal ini dipicu karena adanya kejadian Saat ini yang mirip dengan kejadian masa lalu.

ada tiga pihak yang berpotensi menjadi rusak hubungannya oleh sebab adanya luka pengasuhan : orang tua, anak, diri sendiri.

5 hal yang sangat penting untuk dilalui semua anak di usia awal kehidupannya:
1. kesadaran akan nama emosi
2. pengungkapan emosi
3. pengontrolan emosi
4. memahami emosi orang lain
5. menyelesaikan masalah emosi

Cara membasuh muka pengasuhan ada dengan keilmuan yaitu terapi DEPTH, dimana setiap luka itu dimunculkan kembali dan diharuskan untuk dituntaskan. kemudian ada juga cara qur'ani yaitu dengan Tazkiyatun Nafs, berbeda dengan terapi sebelumnya yang akan terasa perubahan, di Tazkiyatun Nafs ini diperlukan waktu yang lama, intinya di sini kita harus berprasangka baik dengan Allah, dan melakukan langkah2 pembersihan atau pendekatan dengan Allah. maka dari itu perpaduan antara terapi DEPTH dan tazkiyatun Nafs Sanggat pas. 
Niswin
Hey you can call me Niswin. I born and live at Banjarmasin City, Kalimantan Selatan Province. I work as an administration in a small government office. I am blogger and reviewer book. I also love cat. You can follow my instagram @niswindows_com and also my lifestyle blog www.niswindows.com

Related Posts

8 komentar

  1. Kereen juga buku ini.. Jadi takut juga pengasuhan yang salah kepada anak2 pas belum aqil baliq mereka. Tapi tampaknya masih bisa diperbaiki ya. Terima kasih sharingnya

    BalasHapus
  2. Dari kedua pembasuhan luka itu keknya keduanya penting ya buat diterapkan cuma keknya buat menjalani dalam hal pembasuhan luka ini dimana org yg sudah ada lukanya aku rasa akan berproses lama ya.

    BalasHapus
  3. Luka pengasuhan menjadi tema trending akhir2 ini. Sbg anak, kita mungkin punya luka yang sama. Giliran kita sbg orangtua, jangan buat luka yg sama pada anak.

    BalasHapus
  4. Hm buku ini isinya mengajak pembaca buat intropeksi diri agar hal itu tidak berlanjut. Perlu upaya keras buat menjalankannya.

    BalasHapus
  5. Tanpa ada salah pengasuhan aja kita tuh harus prasangka baik terus sama Allah, apalagi kalo ada kejadian gini ya. Utama banget

    BalasHapus
  6. judulnya termasuk unik lo, 'luka pengasuhan'. unik tapi bisa terlihat kalo kontennya tentang pengasuhan yang salah pada anak. jadi pengen baca juga deh aku.

    BalasHapus
  7. sebagai ibu aku kayaknya perlu banget nih buku ini biar bisa jadi pegangan juga buat ngasuh anak-anakku. luka pengasuhan ini kayaknya mirip sama inner child ya?

    BalasHapus
  8. Ini buku yg pengen banget aku bs dr kmrn. Krn dr judulnya aja udah mancing banget klo isinya ttg membasuh penyesalan n innerchild

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email