Nis Windows

www.niswindows.com

Review Buku (15) Alfatih 1453

11 komentar

 Judul buku : Alfatih 1453 

Penulis: Felix Siauw
Penerbit : Alfatih Press
Tahun :  cetakan ke 2 thn 2020
Jumlah : 166 halaman 



buku komik islam, tentang masa kecil seorang pahlawan pembebasan kota konstantinopel yang saat ini kotanya bernama istanbul di Turki. Dahulu kota konstantinopel ini dimiliki oleh bangsa romawi.

Cerita berawal dari Ayah Alfatih yang bernama Sultan murad II yang memiliki dua orang putra, Ahmed dan Alauddin. Sultan Murad II berkeinginan untuk menaklukan konstantinopel sebagai suatu kota yang telah dijanjikan Rasulullah untuk dibebaskan oleh seorang pemuda terbaik, yang memimpin pasukan terbaik.

Dan Di kota Edirne beliau sedang menunggu kelahiran anak ke 3 yang kemudian anaknya dinamakan Mehmed II sebagaimana nama kakeknya(ayah murad II) dan anak ke tiga beliau ini juga dikenal dengan Muhammad Alfatih. Beliau lahir pada 30 maret 1432 di kota Edirne.

Pada tahun 1434 mehmed II yang masih kecil dipindahkan dari kota Edirne ke kota Amasya bersama ibunya untuk belajar bersama dua orang kakaknya yang sudah menunggu disana. Jadi Kota Edirne itu adalah basis militer dari kesultanan ustmani. Dan Sultan Murad II akan membukakan jalan untuk anaknya membebaskan konstantinopel suatu kota yang dijanjikan akan dibebaskan. Semua anak sultan Murad II berlomba untuk memetik apel merah yang artinya membebaskan kota konstantinopel.

Kemudian beberapa tahun setelah itu kakak Alfatih pertama, Ahmed, sang putra mahkota diracuni di kota Amasya. Hal ini membuat sultan Murad II memindahkan Alaudin dan Mehmed II ke kota Manisa.

Di kota Edirne tahun 1437 sultan murad II yang mempersiapkan pasukan melihat beberapa anak-anak yang tangkas dibanding yang lain. Beliau memanggil anak itu dan memindahkannya ke kota Manisa untuk menemani Alaudin dan Mehmed II.
Sayang sekali ceritanya tamat sampai disitu dikira sampai penaklukan konstantinopel oleh Mehmed II.
.
Keren bangetlah sultan Murad II ini, beliau mempersiapkan segala hal terbaik untuk anaknya. Mulai dari guru terbaik, lokasi terbaik, teman terbaik bahkan juga membantu membukakan jalan untuk perjuangan anaknya nanti. Tak lupa mereka adalah ayah dan ibu terbaik yang patut menjadi teladan. Maka dari itu bukan hal ajaib jika Mehmed II bisa membebaskan konstantinopel dalam usia yang hanya 21 tahun. Persiapan Sultan Murad II sudah terencana dari jauh hari. Bahkan mungkin sudah berjalan dari sultan terdahulu.

Entah kenapa pemilihan tema warnanya kurang warna warni jadi cuma coklat agak ke hijau lumut. Jadi diawal cerita rada bingung ini kakaknya yang kesatu atau kedua soalnya warna bajunya mirip sih. Mungkin supaya keliatan jadul gitu kali ya.

Over all aku suka banget ceritanya, bahkan bikin nangis wkwk kok komik bikin nangis sih? iya beneran dibagian waktu sultan murad II bilang akan membukakan jalan untuk anak-anak nya terus juga waktu sultan Murad II inspeksi dadakan para pasukan tengah malam eh ternyata mereka lagi pada sholat tahajud.
Niswin
Hey you can call me Niswin. I born and live at Banjarmasin City, Kalimantan Selatan Province. I work as an administration in a small government office. I am blogger and reviewer book. I also love cat. You can follow my instagram @niswindows_com and also my lifestyle blog www.niswindows.com

Related Posts

11 komentar

  1. Oh ternyata buku ini disajikan dalam bentuk komik. Baru tau aku hehehe

    Ceritanya bagus ternyata, sebuah gambaran bahwa di balik kesuksesan seorang anak, ada usaha dan doa orang tua yang tulus dan hebat

    BalasHapus
  2. Hallo kak, makasih atas referensi bukunya ya. Menarik banget dibuat dalam bentuk komik sehingga buku bertemakan sejarah yang berat jadi cocok untuk segala umur.

    Oia nama Mehmed sendiri buat saya sangat familiar, banyak banget orang Turki di Jerman dengan nama itu. Nama yang sangat popular.

    BalasHapus
  3. Ini kover baru ya? Dulu pernah baca yang masih kover lama. Pas kuliah juga Alhamdulillah pernah berkesempatan ikut seminar Ustadz Felix dan dengerin langsung cerita Al-Fatih. MasyaaAllah selalu merinding kalau baca dan dengar ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu tuh yang covernya kuning itu ya mba? Kalo yg itu judulnya Muhammad Al-Fatih 1453 buku nonfiksi sejarah yang isinya tulisan semua. Kalo yg ini komik jd buat anak2 cocok banget

      Hapus
  4. Mau baca juga... Komiknya bisa jadi buku bacaan anak juga kah? Mau aku dongengin buat anakku kalau nanti udah bisa beli bukunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa banget mba, ilustrasinya bagus mba. Sama ada peta wilayah zaman dulu juga

      Hapus
  5. Ini masuk dari list bacaan anak saya nih Mbak Niswin, komik Al Fatih, anak2nya temen udah baca smua kayaknya, tp lha kok saya baru tau yg ngarang Ust. Felix. Tfs yaa

    BalasHapus
  6. Wah, aku juga pernah baca kisah AlFatih ini versi komik yang judulnya serial Dracula itu mbaa. Ngga pernah bosan rasanya kalau diulang-ulang

    BalasHapus
  7. Kepengen banget beliin buku ini buat anak saya. Nanti saya cari deh di toko buku online.
    Saya cukup mengidolakan Al fatih. Makanya anak di rumah sejak kecil harus subuh tepat waktu.

    BalasHapus
  8. Aku baru tahu kalau buku ini tampilannya komik. Pasti seru ya kak, siap masuk daftar wajib baca nih

    BalasHapus
  9. Komik.bergambar memang bagus buat edukasi anak anak ya. apalagi ada pesan moralnya di dalam. eh sholat tahajud ya sultannya.anak anak bisa diajarin tahajudan nih.

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email