Nis Windows

www.niswindows.com

Review Buku 22 - Hidup itu harus pintar ngegas & ngerem

Posting Komentar
Judul Buku: Hidup itu harus pintar ngegas & ngerem
Penulis: Emha Ainun Nadjib
Penerbit : Noura Books
Tahun : 2016
Jumlah : 230 halaman
Membaca buku ini serasa mendengar ceramah. Katanya sih rata-rata buku cak nun(nama panggilannya) tuh lumayan berat, tapi bukunya yang ini termasuk kategori mudah dicerna. Kalau bagi aku sih ini masih agak susah dicerna. Mungkin karna kurang suka gaya tulisannya itu.
Isi di tiap babnya itu random. gak saling menyambung gitu. Gak semua isi buku membahas tentang hidup yang harus pintar ngegas ngerem, karna judul bukunya sendiri diambil dr salah satu judul babnya bukan intisari dari seluruh isi buku. Ada 11 bab seperti ; gusti allah siap memberi ampunan, pemahaman melalui rasa, belajar ilmu ashhabul kahfi, Hidup itu harus pintar ngegas & ngerem, dll.
Nah di bab ke 4 dengan judul Hidup itu harus pintar ngegas & ngerem. Disitu awalnya membahas orang yang berpergian, nyambung lagi ke bahasan tentang pemerintah, trs ke bahasan tentang hukum islam (kewajiban sholat, sunnah dll) baru ke bahasan tujuan agama. Nah disini baru agak nyambung sama judul babnya.
"Tujuan agama hanya satu. Mendidik manusia agar mengendalikan diri. Kamu sholat 5 waktu supaya kamu punya ritme mengendalikan diri"
"Jangan memasuki suatu sistem atau keadaan yang membuatmu melampiaskan diri. Tapi dekat-dekatlah dengan sesama sahabat yang membuatmu mengendalikan diri. Karna islam mengendalikan sementara internet itu melampiaskan. Hidup itu harus pintar ngegas dan ngerem."
Dalam hati lah kok nyambung ke internet? Mungkin ini bahasanya beliau emang dibikin puitis ya.. soalnya bapak berumur 66 tahun ini juga seorang penyair jadi mungkin ya gitu bahasanya ya.. selain penyair cak nun ini juga tokoh intelektual, seniman, budayawan, dan pemikir. Tulisannya banyak yang bagus untuk di ingat. Tapi karna tulisannya agak random kemana-mana, akunya jadi suka lupa karna kurang membekas.









Niswin
Hey you can call me Niswin. I born and live at Banjarmasin City, Kalimantan Selatan Province. I work as an administration in a small government office. I am blogger and reviewer book. I also love cat. You can follow my instagram @niswindows_com and also my lifestyle blog www.niswindows.com

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar

Follow by Email