Nis Windows

www.niswindows.com

Baca Ebook dengan Aplikasi Ipusnas dan Gramedia Digital

Posting Komentar



IPUSNAS
Ipusnas itu aplikasi perpustakaan gratis dari Perpusnas jadi udah pasti legal dan katanya sih udah ada kesepakatan dengan penerbit bukunya gitu. Nah dengan mengunakan Smartphone, kamu bisa pinjam buku dalam format digital, bisa juga disebut e-book (Electronic Book). Aplikasinya bisa didownload di Playstore terus kalian bisa pinjam berbagai buku dengan syarat-syarat tertentu, yaitu :
1. mendaftar dulu dengan email dan membuat password, setelah login baru bisa pinjam buku
2. maksimal batas waktu pinjam selama 3 hari, lebih dari 3 hari buku akan otomatis di tarik dari galeri peminjaman buku kita
3. maksimal cuma pinjam 3 buku dalam 1 hari
4. kalau mau pinjam lebih dari 3 buku dalam 1 hari harus dikembalikan dulu salah satu bukunya baru bisa nambah pinjam buku
kelebihan di Ipusnas :
- gratisss.
siapa sih yang gak suka gratisan apalagi buku yang dimau itu benar-benar diperlukan. dari januari sampai akhir bulan juli 2019 ini di riwayat peminjaman buku, aku sudah pinjam 300an lebih buku. jangan syok itu 300 buku gak semuanya dibaca kok. karena apa? ya karena di ipusnas gak ada fitur wishlist book jadi untuk menandai buku yang ingin ku baca aku akali dengan meminjamnya sebentar lalu kukembalikan lagi agar dia masuk kedalam riwayat buku yang sudah kupinjam. nah coba bayangin kalau satu buku seharga Rp. 50.000 ( malah lebih mahal bisa 70rb ke atas sampe 100rb an harga buku tu) kalikan dengan 300 buku totalnya seharga Rp. 15.000.000 loh. lumayankan gak keluar uang lima belas juta, uangnya bisa beli buku yang gak ada di ipusnas. atau bisa juga beli buku walaupun sudah ada di ipusnas. apalagi bukunya mau dicoretin gitu kan kalau buku di ipusnas cuma bisa baca gak bisa dikasih highlight atau dicoretin gitu.
- buku nya banyak
berbagai jenis buku ada. aku lupa totalnya berapa kalau gak salah tuh 30.000 an lebih. waktu mau instal apa dari mana gitu ada dikasih tau jumlah bukunya. tapi tentunya bukunya selalu bertambah ya.
- mudah dibaca dimana aja.
kadang bawa buku kemana-mana itu bisa bikin buku jadi kelipet, lecek kegesek-gesek barang lain yang ada di dalam tas. nah kalau bacanya dari HP atau gadget kamu kan gak bakal kelipat terus kamu juga gak bakal repot dan memberati tas kamu. juga kadang agak risih aja gitu kalau baca buku fisik diluar kadang jadi diliatin orang atau jadi ngerasa dikatain sok pinter padahal mah gak juga.
- mengunakan waktu secara bermanfaat
lagi ngantri atau lagi nungguin apapun kamu bisa scroling-scroling ipusnas, milih-milih buku atau ngebaca bukunya. daripada kamu scroling sosial media kayak instagram cuma buat ngecek story instagram temen kamu atau berita dan gosip gak penting.
Kekurangan di Ipusnas :
- cuma bisa pinjam selama 3 hari itu kurang.
iya kurang apalagi kalau tuh buku halamannya banyak misal 500 atau 600 halaman bisa jadi 4 kali pinjam bukunya baru selesai dibaca. belum lagi kalau tulisan bukunya rapat tapi kalau kecepatan membaca kamu tinggi bisa jadi gak perlu pinjam lagi udah selesai. kalau belum selesai baca ya bisa sih pinjam lagi, atau kalau bukunya banyak diincar orang berarti harus nunggu antrian dulu. nah masalahnya kalau bukunya ditarik emang sih kita bisa pinjam lagi. tapi bookmarknya jadi hilang kan jadi lupa terakhir kali baca dihalaman berapa.
-kadang aplikasinya nge lag atau eror gitu.
padahal bukunya sudah di download tapi gak bisa dibuka bukunya, kadang tiba-tiba gak bisa pinjam buku, atau keluar otomatis dari ipusnas jadi harus login lagi. eh tapi pas mau login gak bisa-bisa juga karena eror tadi. tapi jangan khawatir errornya paling sebentar. selama ini  aku gak sampai 2 hari errornya udah bisa baca buku dari ipusnas lagi.
- gak ada fitur wishlist book
susah mau ngingetin buku apa aja yang mau dibaca. makanya buku di ipusnas tu aku pinjam sebentar lalu dikembalikan agar bukunya masuk ke riwayat daftar buku yang sudah dipinjam. setidaknya kalau sudah selesai baca buku yang satu jadi gak bingung lagi mau lanjut baca buku yang mana. milih-milih dan cari-cari buku yang mau dibaca itu kan juga membuang waktu walau cuma 5 atau 10 menit atau lebih. kadang ada juga buku yang judul dan covernya menarik terus sudah aku masukan ke list riwayat pinjam buku eh tapi ternyata isinya bukan seperti yang aku bayangkan akhirnya gak bakal pinjam lagi itu buku. Tapi karena ini fitur riwayat pinjam buku ya dia akan tetap nongol disitu. nah kalau ada fitur khusus wishlist book yang bisa dihapus dan ditambah gitu kan enak.
selain ipusnas ada juga aplikasi ebook gratis lainnya dari perpustakaan seperti ijakarta, ikalsel dan daerah lainnya. Kalau ijakarta lumayan banyak buku-buku untuk anak dan juga sering ngadain kuis giveaway gitu. terus kalau di ijakarta si penguna bisa kasih donasi gitu ke bukunya.


GRAMEDIA DIGITAL
selain aplikasi ebook gratis ada juga yang berbayar loh kayak Gramedia Digital. biaya langganannya 89 ribu per bulan dan bisa untuk 5 device/gadget. jadi kamu bisa patungan 20rb masing-masing  dengan 5 orang tuh.
kelebihan di Gramedia Digital  :
- bukunya gak dibatasin mau berapa hari dibacanya asalkan kamu sudah download maka akan selalu tersedia di akun gramedia digital kamu. kecuali aplikasinya kamu uninstall ya berarti galeri buku kamu jadi kosong dan harus download lagi.
- gak dibatasin jumlah buku yang di download. jadi gak hilang bookmarknya.
- bisa baca banyak buku dengan hanya 20rb kalau patungan dengan 5 orang. dengan buku sebanyak itu dan biaya cuma 20rb kan lumayan ya dibanding beli buku fisiknya aja udah 50rban dan itu cuma dapat 1 buku kalau ini bisa dapat banyak buku.
- lebih rapi dan nyaman dibanding ipusnas, bisa langsung menuju ke halaman tertentu, kalau ipusnas kalau ada di daftar isi baru bisa menuju halaman tertentu, padahal dulu di ipusnas bisa pilih halaman juga tapi sekarang jadi berubah gitu
kekurangan di Gramedia Digital:
- tetap harus berlanganan. kalau berhenti ya gak bisa ngebuka akunnya dan jadi gak bisa baca lagi.
- nyari temen yang mau patungan itu gampang-gampang susah
- karena gak dibatasin download bukunya akhirnya memperbanyak memori di gadget juga

Mungkin kalian tertarik mau baca salah satu referensi buku di ipusnas dibawah. wish list judul buku dan jumlah halaman ini baru awal bulan tadi dibuat jadi sebagian buku sudahku baca dan sebagian lagi belum, ada juga sih list yang gak pengen ku baca lagi tapi biar ajalah masuk list malas menghapusnya bakal butuh waktu lagi mikir yakin di hapus atau gak wkwk. kalau kalian liat setelah judul itu ada angka itu jumlah halamannya ya jadi aku taro biar ketauan jumlahnya menghitung  kesanggupan waktuku membaca dengan target jumlah buku pada resolusi 2019ku. Sengaja juga aku taroh disini wishlish bukunya supaya aku bisa diakses dimana aja. maklum HPku memorinya kecil jadi aplikasi sering ku hapus-hapus sampai memo catatan atau foto catatan sering hilang. dan karena riwayat buku di ipusnasku udah kebanyakan dan sering tercampur sama buku yang gak pengen-pengen banget dibaca. untuk yang gramedia digital aku baru-baru aja makai jadi gak terlalu banyak yang aku pengen baca. ntar aja kalau udah banyak mungkin aku taroh disini juga sekalian kalau kalian tertarik dengan bukunya.
My Book Wish List di Ipusnas

1. 100job 200
2. Lpdp 300
3. Waktumu hanya sebentar 195
4. Jodoh dunia akhirat merayu allah
5. Amazing islam 130
6. Coretan nino jogja ?
7. Hidup itu harus pintar  ngegas ngerem 230
8. how to save an hour every day 195
9. Dongeng pohon impian nivea 37 hal
10. Lovable lady 245
11. Quite daya introvert 400
12.pintar mencari jodoh 167
13. Hutang


14. decluttering rumah
15. great personality plys
16. jangan bodoh mencari jodoh 175
17. Anak shaleh shalehah anak keren 168
18. Anak gemar  baca  tulis 224
19. Berpikir diluar pemikiran orang awam
20. #nasihatdiri utk insan produktif, 70 nasehat sederhana
21. Bekerja dibela-belain sempurna ibadah seadanya
22. Seni kepemimpinan para nabi
23. Amalan sunah percepatan rezeki
24. Rahasia sukses disainer otodidak
25. #salam jari tanpa cincin, tulisan para single parent
26. Yahudi, agama, etnis dn sejarah yg tersembunyi
27. The leadership secrets of genghis khan
28. Stop mengeluh, siap krja krja dn kerja
29. Dale carnegie
30. Cari alasan bolos @ monday?
31. Sang penjaga waktu
Teach like finland
32. Jodoh fahd fahdepie
33. Jatuh hati pd motessori
34. Cerdas uang zaman sekarang
35. Yes  im <30 and still single, so what?
36. Emotional healing theraphy
37. Financial tips  for mom
38. #parentlearn biarkan anak bertanya
39. Kapan kamu nikah janagan menikah kalo cuma ikut ikutan
40. Berani tidak populer
41. The worriers guides book
42. Sukses dg menguak rahasia qodha dan qodhar
Niswin
Hey you can call me Niswin. I born and live at Banjarmasin City, Kalimantan Selatan Province. I work as an administration in a small government office. I am blogger and reviewer book. I also love cat. You can follow my instagram @niswindows_com and also my lifestyle blog www.niswindows.com

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email