Nis Windows

www.niswindows.com

Review Buku 15 - Celoteh Keni

Posting Komentar
Judul Buku: Celoteh Keni
Penulis: Kenia Dyanti Sukmarini
Jumlah : 164 halaman
Tahun : 2018
Penerbit: Bhuana Ilmu Populer
#ijakpus



Kebetulan nemu buku ini di aplikasi ijakpus. Sebelumnya pernah baca bukunya mba DK Wardhani yang berjudul Kota Kita. Terus scrolling ignya dan sempat liat gambar ilustrasi beliau yang keren-keren juga beberapa gambar karya anaknya yang bernama Keni. Hingga akhirnya waktu ketemu buku “Celoteh Keni” di ijakpus jadi tertarik juga mau baca.

Jadi buku ini ditulis oleh keni seorang anak SD yang saat ini sudah homescholing. Bukunya ditulis saat Keni berumur 7 tahun. Kabarnya dari Keni umur 4 atau 5 tahun, mba DK Wardhani udah rajin ngumpulin karya-karya Keni, sampai akhirnya menjadi sebuah buku.

Ceritanya seperti buku harian yang isinya bervariasi dan banyak gambarnya. Tapi bukan buku harian yang banyak curhatnya ya. Semacam dear diary bla.. bla..….. bukan kayak gitu. Jadi isinya cerita Keni tentang keluarga, sahabat, liburan, belajar, tips membuat makanan/komik/kerajinan tangan/permainan/ensiklopedia dll. Tipsnya dibuat dengan bahasa sederhana khas anak-anak. Gambarnya pun sederhana, maksudnya bisa dipahami ini bentuk nya gambar apa walaupun coret-coret gitu, ya khas anak-anak lah. Tapi kayak gitupun udah keren loh. Soalnya dia gambarnya detail banget apalagi kalau ensiklopedia dan komik.. Terus dalam buku ini Keni juga ngasih tau untuk berbuat baik, dan tidak takut berkarya. Kalo ada anak-anak yang baca buku ini mungkin bakalan terinspirasi untuk berbuat dan berkarya kayak Keni ini.

Dari buku ini kita bisa melihat sudut padang seorang anak. Seperti surat keni ketika memikirkan kalau ibunya meninggal. Atau ada juga surat yang lucu kayak gini :

”Assalamu’alaikum bu
Aku mau tanya boleh kan? Begini ehm.. 
Kalau barangku sama Radit hilang. Kok ibu nyuruh kami cari sendiri?
Kok ibu gak bantu cari?
Kalau barang ibu hilang, kok aku disuruh bantu cari? Jawab ya bu 
Oke sekian dari aku
Insya Allah ibu bisa membaca ini ya, Ibu Tersayangku.
Selamat membaca.
Salam dari Keni untuk Ibu”
Mungkin bagi kita lucu tapi bagi ibunya bisa jadi ngeselin ya.. gak kebayang jawaban ibunya apa. Jangankan kamu yang kecil ken, aku yang besar ini aja masih suka bertanya-tanya kenapa kalo barang dirumah rusak gara-gara aku, aku nya yang dimarahin, tapi kalau rusak karena orang tua tetap aku yang dimarahin. Eh curcol :P Akupun gak kebayang kalau jadi ibu bakal jawab apa tuh. Hha..

Terus hal yang aku kurang suka ada tulisan yang fontnya tipis dan kelihatan berwarna abu-abu jadi bacanya harus di zoom dulu. Gak tau ya kalau bentuk fisiknya sama atau gak. Tapi gak apa-apa kok masih bisa kebaca :)





Niswin
Hey you can call me Niswin. I born and live at Banjarmasin City, Kalimantan Selatan Province. I work as an administration in a small government office. I am blogger and reviewer book. I also love cat. You can follow my instagram @niswindows_com and also my lifestyle blog www.niswindows.com

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar

Follow by Email