Nis Windows

www.niswindows.com

Review Buku 14 – Beli Karena Butuh “ The Secret of Financial Management for Young Muslimah”

Posting Komentar

Judul Buku: Beli Karena Butuh; The Secret of Financial Management for Young Muslimah

Penulis: Andi Sri Wahyuni, Akt

Jumlah : 141 halaman

Tahun : 2018

Penerbit: Quanta Books

ISBN: 978-602-04-8014-5

Coba diingat-ingat apakah barangmu sudah digunakan sebagaimana mestinya? Apakah sudah dipakai sesuai fungsinya?

Boleh jadi barang tersebut cuma kamu beli karena ingin saja. Atau sebenarnya barang itu tidak esensial(penting) buat hidupmu sehingga jarang kamu pakai. Apalagi namanya membeli barang yang tidak terpakai dengan baik kalau bukan boros alias mubazir? Kalian tahukan bahwa pelaku mubazir itu temannya setan. Dan sebagai seorang muslim harus menjauhi sifat-sifat setan ini apalagi berteman. tidak saja dalam hal barang, dalam hal makanan ataupun jasa pun demikian. kalian harus mempertanyakannya lagi apakah itu benar-benar kebutuhan kalian?

Remaja muslimah adalah bagian dari penggerak peradaban, sudah seharusnya setiap aktivitasnya di isi dengan pembelajaran yg memberdayakan. Termasuk pembelajaran dalam mengelola keuangan pribadi. Sebelum kalian belanja coba hitung dulu ada berapa item barang yang ada di kamarmu? mungkin kamu akan males menghitungnya karena kamu sadar barangnya terlalu banyak. yaudah coba hitung hanya barang yang ada dalam lemari pakaianmu. Contoh seperti kerudung ada 10, kaos kaki 3, ciput 3, baju kaos 6, baju kemeja 5, dll. total ada berapa jumlahnya?  Apakah dengan total sebanyak itu kamu masih mau beli ? Tidak jarang ketika berbelanja kita malah membeli barang yang tidak ada di list. Ini bisa mengurangi kemungkinan kita membeli karena kita tahu betul bahwa barang kita sudah cukup. bahkan barang yang gratis pun tidak perlu diambil kalau tidak perlu.

ada cerita si penulis yang datang ke suatu tempat di belanda yang ternyata disana ada memberikan buku gratis. mba andis ini mau ngambil buku tapi setelah dipikir-pikir buku gratis yang ada tidak ia kenal penulisnya dan kalau ia ambil kemungkinan besar juga tidak akan dibaca karena tidak terlalu tertarik dengan bukunya, selain itu buku yang ada dirumahnya  juga sudah banyak dan belum selesai dibaca. Seandainya saja mba Andis membawa pulang buku itu karena alasan gratis tadi mungkin akan ada seseorang yang sebenarnya membutuhkan jadi tidak bisa memiliki buku itu. padahal buku yang diambil pun juga kemungkinan besar tidak terbaca kan jadi mubazir.

Selai buang-buang uang, membeli barang yang tidak dibutuhkan juga menguras waktu dan tenaga untuk memilah milih barang  dan waktu untuk merawat barang tersebut. Pernah tidak terpikir, kok pekerjaan merapikan tidak pernah selesai? Setiap hari dihadapkan dengan masalah yang sama, itu lagi itu lagi. Bahkan meski sudah dirapikan, tetap aja kamarmu kembali berantakan. Selain karena masalah malas merapikan, bisa jadi masalahnya karena barangmu kebanyakan! Jangan-jangan kamu termasuk obesistuff. Menurut dee (dewi lestari) obesistuff adalah ketika kamu punya barang super banyak tetapi kamu tidak memakai barang tersebut dengan baik. Bahkan ada yang sudah berbulan-bulan tidak dipakai atau malah sudah bertahun-tahun.

Beli karena butuh. Bukan beli karena ingin. bukan beli karena yang lain sudah punya. bukan beli karena pengen terlihat kekinian. bukan beli karena ingin punya model yang lain lagi. tapi beli lah karena butuh. Butuh itu seperti apa sih?  udah punya baju yang motif bunga tapi baju yang warna pastel belum ada. jadi butuh banget beli baju yang warna pastel. apakah itu termasuk butuh?  Nah dalam buku ini akan membantu untuk bisa memprioritaskan apa yang benar-benar dibutuhkan. Juga Mengajari manajemen belanja yang baik dan mengajarkan tidak lagi boros.

dalam buku ini membahas 4 bagian utama.

1. Dasar pemikiran mengenai kebutuhan dan keinginan

2. Godaan-godaan yang membuat membeli barang yang tidak dibutuhkan

3. Hal-hal yang menguras kantong

4. Saran mengelola keuangan

ditulis oleh seorang dengan pendidikan S2 profesi akuntan yang saat ini menetap di Belanda. Andis dalam buku ini banyak sekali memasukan referensi buku-buku mengenai kesederhanaan. Seperti buku dari Marie Kondo, Fumio Sasaki, Francie Jay juga simeon lindstrom. Dapat dikatakan buku ini benar-benar memiliki isi yang kaya karena banyak referensi yang ia baca itu. Dan tentu saja mba andis juga memasukan hadits atau ayat-ayat Al-Qur'an.  Covernya didesain dengan bagus, begitu juga dengan tulisan bagian dalamnya yang berwarna pink dan biru sehingga tidak bosan dibaca sesuai dengan target pembaca yaitu young muslimah. Yang mungkin tidak begitu suka dengan buku yang terlalu kaku tanpa hiasan visual.



     

Niswin
Hey you can call me Niswin. I born and live at Banjarmasin City, Kalimantan Selatan Province. I work as an administration in a small government office. I am blogger and reviewer book. I also love cat. You can follow my instagram @niswindows_com and also my lifestyle blog www.niswindows.com

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar

Follow by Email