Nis Windows

www.niswindows.com

Review Buku : Disiplin Berkesinambungan

5 komentar

 Judul buku : Disiplin Berkesinambungan

Penulis : Khalifa Bisma Sanjaya/M. Nur

Penerbit : PT Elex Media Komputindo

Tahun :  2020

Jumlah : 80 halaman ebook



-Kenapa Tertarik Membaca Buku Ini?

Awalnya aku sudah baca bukunya Pak Khalifa yang berjudul “Obat Malas Dosis Tinggi untuk Employee dan Worker” dan bukunya baguuus banget. Lalu ketemulah buku ini “Disiplin Berkesinambungan : Teladani, Tekuni, Istikamah dengan Cita-citamu”. Pas banget aku ngerasa susah untuk disiplin dan istikomah. Beberapa hari doang semangatnya eh nanti menurun.

Covernya mirip-mirip gambar kartun papan jepit gitu. Agak terkejut sih ini halamannya sedikit, cuma 80 halaman ebook. Soalnya buku yang satunya itu sekitar hampir 300 halaman. Cuma 80 halaman gini bagus dan berisi gak ya bukunya?

Btw, 80 halaman ebook itu jumlah semuanya ya, jumlah termasuk cover, daftar isi, daftar pustaka dan backcovernya. Anggaplah perkiran aja jumlah halamanya. Aku rada malas mencari nomor halaman terakhir asli dari buku digital susah scrollnya lama loading. Kalau buku fisik tinggal balik cari halaman terakhir yang ada nomornya lebih mudah. Nah tapi kalau halaman untuk kutipan favorit aku tetap pakai halaman asli ya karena tidak perlu geser-geser lagi udah dikasih bookmark.

-Bagaimana Isinya?

Buku ini berisikan 9 Bab, yang didalamnya ada berbagai cerita yang meningkatkan semangat kita dalam disiplin. Berikut aku ringkaskan beberapa poin agar mudah disiplin berkesinambungan dari buku ini.

Cara untuk menjadi disiplin :

1. Tumbuhkan keinginan pada diri untuk menjadi lebih baik, untuk mendapatkan nilai lebih baik atau temukanlah tujuan kuat.

2. Tanyakan pada diri apa yang harus dilakukan dalam mencapainya.

3. Jika sudah mulai butuh ilmu, haus ilmu dan siap belajar keras lanjut untuk dilakukan secara rutin dan berkesinambungan. 

4. Sadari bahwa bermalas-malasan tidak ada gunanya dan hanya membuang umur yang sangat berharga. Ubahlah kebiasaan dari hal yang paling kecil misal yang pergi ke mall di selingi dengan pergi ke toko buku.

5. Renungilah nikmat Allah. Bagaimana cara kerja jantung yang luar biasa Allah ciptakan, Mengapa Allah takdirkan air laut berasa asin, dan nikmatnya sinar matahari. Jangan sampai kita menyia-nyiakan nikmat yang Allah berikan.

6. Ketahuilah yang sudah mati ingin hidup lagi bukan untuk tertawa dan makan minum tapi agar bisa beribadah karena tau besarnya pahalanya sedangkan mereka tidak dapat lagi beribadah.

7. Lihatlah ke bawah, agar kita tahu kita lebih beruntung. Ada anak lain yang masih kecil harus bekerja di jalanan, apakah mereka sempat untuk mengaji atau mengikuti majelis ilmu? Selagi ada kesempatan untuk belajar silahkan belajar yang rajin, mengaji yang ikhlas dan bersyukurlah.

8. Jadilah kreatif. Kreatif adalah berusaha menemukan cara-cara yang lebih baik. Kalau rasanya malas belajar dengan hanya membaca carilah model belajar lain misalnya dengan menulis, mendengar atau menonton video pembelajaran.

9. Sudah melakukan cara kreatif tapi masih kurang paham. Lakukanlah beberapa kali hingga lima atau tujuh kali. Butuh waktu ? Ya tidak apa-apa. Tinggal cari cara gimana supaya punya banyak waktu untuk mempelajarinya.


Ciri-ciri manusia kreatif menurut Mufakir Ahmad :

1. Tak pernah berhenti belajar

2. Memandang kegagalan sebagai satu langkah maju untuk mendekati kesuksesan

3. Suka berimajinasi

4. Selalu ingin tahu

5. Menghubungkan titik-titik

6. Memanfaatkan kolaborasi

7. Memiliki pertanyaan-pertanyaan besar

8. Tahu bagaimana mengatakan tidak 

9. Meluangkan waktu ketika membutuhkannya

10. Mencari pengalaman baru

11. Senantiasa bisa berekspresi dan berseni, meskipun ada banyak keterbatasan

12. Benar-benar mengikuti impian terbesar mereka



-Kutipan Favoritku

“Ketika jiwa sudah mulai butuh ilmu, haus ilmu dan siap untuk belajar keras silakan gunakan rumus berikutnya yaitu hafal dan pahami ilmu itu secara rutin dan berkelanjutan” Hal : 3

“Jantung manusia bentuknya kecil hanya sebesar buah pear tapi kehebatannya luar biasa. Jantung dapat memompa darah dalam sehari sekitar 2.200 galon. Jika umur kita sampai 60 tahun, maka kerja jantung memompa darah kira-kira sebanyak 345.000 ton darah. Tanpa pernah macet, berhenti, rusak dan diservis. Pompa merek apa yang sanggup bekerja terus selama 60 tahun tanpa henti?” Hal : 14

“Salah satu bahaya yang akan menimpa semua penduduk bumi ketika air laut tidak asin adalah bumi akan menjadi pusat dari segala macam wabah penyakit. Kadar air garam berfungsi untuk mensterilkan air sehingga mampu mencegah terjadinya pembusukan dan perkembangbiakan penyakit.” Hal : 17

“Penyakit pikiran dalam buku The Magic of Thinking Big dapat memunculkan alasan untuk menunda, menyepelekan dan membatalkan setiap usaha yang sedang dilakukan. Penyakit ini disebut Penyakit Dalih  yang menggerogoti keyakinan, motivasi dan semangat seseorang dengan tekun. Penyakit Dalih ada berbagai bentuk; Dalih kesehatan, Dalih usia, dan dalih keberuntungan” Hal : 53

“Menanam kebaikan, menanam kesalehanm buahnya langsung bisa dinikmati hari ini juga, yaitu tentramnya jiwa, rezeki yang berkah, dicintai oleh keluarga, masyarakat bahkan penduduk langit” Hal : 55

“Sofyan Ats Tsauri bertutur – Siapa yang bersedekah dari harta haram maka ia seperti orang yang mencuci pakaian dengan air kencing. Sementara pakaian hanya dapat disucikan dengan air bersih dan perbuatan dosa hanya dapat disucikan dari yang halal “ Hal : 60



-Kesimpulan dan Pendapat

Aku suka buku ini karena lebih banyak memberikan contoh cerita yang berhubungan. Misalnya perjalanan TV yang dahulu dimulai dari yang tabung besar dengan warna yang hanya hitam putih sampai sekarang yang setebal jari tangan dan layarnya yang sudah berwarna seperti aslinya. Dalam hal ini diperlukan proses perubahan secara bertahap dan berkesinambungan. 

Selain itu ada juga cerita orang-orang yang keren seperti Khalid bin Walid yang kreatif dan Pendiri Whatsapp yang dulunya kesusahan hingga sekarang perusahaanya dibeli seharga triliunan rupiah.

Buat yang ingin mensetting diri agar bisa disiplin berkesinambungan yuk baca bukunya. Semoga bermanfaat dan bisa meningkatkan kedisiplinan kita.

Niswin
Hey you can call me Niswin. I born and live at Banjarmasin City, Kalimantan Selatan Province. I work as an administration in a small government office. I am blogger and reviewer book. I also love cat. You can follow my instagram @niswindows_com and also my lifestyle blog www.niswindows.com

Related Posts

5 komentar

  1. Kalo baca dari tulisan Niswin aja, bukunya udah terlihat menarik bagiku. Jadi pengen ikutan baca nih. Supaya diriku bisa disiplin & berkesinambungan hehe, sesuai seperti judul buku.

    BalasHapus
  2. Setuju bgt kita harus belajar terus dan berusaha kan mba biar hasilnya juga selalu maksimal

    BalasHapus
  3. Duh mbak, nampol banget ini buku ya. Bener2 manfaat menjadikan kita manusia yang lebih baik. Semiga makin banyak buku2 motivasi begini. Duhhh jadi pengen banyak beribadah,huhuhu

    BalasHapus
  4. buku yang menarik dan inspiratif banget nih. ntar aku cari di ipusnas ah kali aja ada

    BalasHapus
  5. Buku yg diceritakan dg contoh cerita mmg lebih asyik dibanding buku yang saklek cerita ttg point aja ya mba. Akupun jg begitu. Hihi. Jd penasaran sm bukunya

    BalasHapus

Posting Komentar