Nis Windows

www.niswindows.com

Review Buku : Belajar Cara Belajar

Posting Komentar

 Judul buku : Belajar Cara Belajar, Keahlian Paling Penting Manusia Modern

Penulis : Syarif Rousyan Fikri, Mohammad Ikhsan dan Aditya Banuaji

Penerbit : PT Grafika Mardi Yuana, Bogor

Tahun :  2020

Jumlah : 172 halaman ebook



-Kenapa Tertarik Membaca Buku Ini?

Penulis buku ini adalah founder dari chanel youtube Hujan Tanda Tanya. Dulu aku sering nonton karena videonya menarik secara keseluruhan mulai dari pembawaan presenter, animasi dan isi video itu sendiri. Tapi sekarang mereka lebih focus dengan aplikasi Pahamify jadi sepertinya tidak banyak video baru lagi. Atau aku yang kudet aja ya.. Well nanti aku cek lagi lah youtubenya. Sekarang lebih sering muncul videonya Satu Persen. 

-Bagaimana Isinya?

Buku ini terbagi menjadi 5 bagian yaitu cari tau kenapa harus belajar cara belajar, tentukan apa tujuan, pasang pola pikir untuk maju, bangun sistem yang mendukung belajar dan mengunakan teknik belajar yang pas.

1.  cari tau kenapa harus belajar cara belajar

Dalam buku ini juga meberitahukan mitos dan fakta seputar belajar. Misalnya pendapat bahwa kecerdasan adalah bawaan lahir dan tidak bisa ditingkatkan adalah mitos. Cara terbaik belajar :

- Latihan soal, kuis dan simulasi sebelum ujian

- Belajar dengan cara mengulang-ulang dalam waktu tertentu lebih efektif daripada satu waktu sekaligus (sistem kebut semalam)

Otak memiliki jutaan sel saraf yang saling terhubung melalui sirkuit-sirkuit di otak yang terbentuk karena kebiasaan, cara berpikir, perasaan dan perbuatan. Ketika belajar hal yang baru sel saraf akan menyambungkan pengetahuan lama dengan pengetahuan baru.

Ketika berpikir sel saraf(neuron) tadi akan menembakan zat yang membentuk jalan(neurotrasmitter) di antara sel saraf. Jalan tersebut merupakan wujud fisik dari ingatan kita. Ketika belajar hal baru ada ikatan baru yang terbentuk di otak kita. Semakin banyak jalan yang terbentuk, pengiriman informasi pun akan jadi lebih cepat, sehingga otak berpikir lebih cepat juga.


2. tentukan apa tujuan

Dengan memiliki tujuan akan membuat kita terfokus pada hal yang ingin dicapai, hal ini juga membuat tingkat stres lebih rendah. Tidak memiliki tujuan yang jelas akan menimbulkan rasa malas dan gagal. Tingkat kebahagian ada tiga yang pertama kesenangan, kemudian Kegemaran dan terakhir Tujuan. 

Kadang kala ada yang belum mengetahui tujuan yang membuat kita bahagia. Kalau seperti itu berusalah pada apapun yang bisa kamu lakukan karena kadang perlu waktu untuk menemukannya.

Ikigai adalah konsep tujuan hidup yang seimbang. Dimana antara hal apa yang kita sukai, kita mampu bisa, kita butuhkan dan juga bisa mendapat imbalan. Hal empat tersebut harus seimbang masing-masing porsinya maka kita akan mendapatkan ikigai.

3 Jenis Neurotransmitter paling penting untuk mencapai performa otak :
-Dopamin : aktif ketika ada sesuatu yang baru, membuat fokus dan efek puas/candu
-Noradrenalin : aktif ketika ada ancaman sehingga membuat cepat tanggap dan waspada
-Asetilkolin : Aktif ketika otak di puncak performa yang membuat selalu siaga dan efek belajar jadi sangat mudah.

Asetilkolin ini sangat banyak terdapat pada bayi karena otak mereka sedang cepat-cepatnya membentuk jalur neuron baru. Berbeda dengan orang dewasa yang hanya diproduksi dalam keadaan sedang fokus, berolahraga, menemukan sesuatu yang baru, penting dan mengejutkan.

Agar suatu hal menjadi seru/puas/candu hal tersebut harus tidak terlalu sulit atau terlalu mudah karena otak akan merasa bosan. Makanya perancang game membuat permainan dengan lawan level yang sesuai.

3. Pasang pola pikir untuk maju

Dari 100 orang yang kita kenal hanya 5 orang yang akhirnya cocok dan dapat membantu meraih kesuksesan. Menemukan orang yang cocok yang memiliki pemikiran maju dapat memperkuat semangat kita.

Perlahan lama jika kebiasaan dijalankan hari demi hari akan menjadi seperti efek domino yang suatu saat kita akan mampu sampai ketempat tujuan.

4. Bangun sistem yang mendukung belajar 

Sistem adalah segala sesuatu yang mendukung kita untuk mencapai tujuan. Misalnya rutin belajar dan mengikuti simulasi ujian agar lulus ujian masuk perguruan tinggi. Kalian bisa membuat kolom menu belajar dan to do list agar mendukung waktu belajar. Time Blocking juga perlu dilakukan agar tidak terdistraksi yaitu mengatasi gangguan seperti gadget atau teman yang datang disaat yang tidak tepat.

5. Gunakan teknik belajar yang pas.

terus dievaluasi proses belajar kita dan ketahui teknik belajar yang lainnya seperti dibawah ini :
-agar mudah menghafal mengunakan lagu atau mengaitkan dengan sesuatu
-melakukan latihan soal
-flash card
-mengucapkan dan mencatat materi penting
-membuat mind mapping
-mencoba menjelaskan dengan orang lain 
-teknik pomodoro, yaitu konsisten 20 menit belajar 20 menit istirahat begitu seterusnya. 

Proses belajar yang tidak efektif :
- belajar pasif hanya sebatas mendengarkan guru tanpa proses tanya jawab dan diskusi
- kebiasaan belajar yang tidak baik hanya belajar ketika guru menerangkan di kelas dan tidak berusaha memahami materi

-Kutipan Favoritku

“Yang buta huruf di abad ke-21 bukanlah mereka yang tidak bisa baca dan tulis, melainkan mereka yang tidak bisa belajar, belajar meninggalkan dan belajar kembali – Herbert Gerjuoy : Psikolog” Hal : 4


“Kita harus belajar lebih cepat daripada orang lain agar dapat bersaing dan tidak tertinggal-Eric Ries”

Hal : 27


“Seorang pemain game membuat permainannya tidak terlalu sulit dan juga tidak terlalu mudah untuk dimainkan, agar tantangan yang diperoleh optimal” 

Hal : 51


“Keputusan paling penting dalam hidup adalah menentukan dengan siapa kamu menghabiskan waktumu – Moran Cerf : Ilmuan Neurosains” 

Hal :61


“Jika ada Halangan lakukanlah Rencana untuk mewujudkan Harapan dan meraih Hasil” 

Hal : 104


“Bangunlah sistem belajar yang nyaman supaya belajar jadi rutinitas yang menyenangkan bahkan jadi hobi “ 

Hal : 111


“Bisa menjelaskan artinya paham. Tidak bisa menjelaskan artinya belum paham” 

Hal : 126


“Cara agar belajar menjadi lebih focus : Tentukan jadwal, tetapkan durasi, pilih lokasi, lakukan persiapan, shutdown ritual” 

Hal : 131


“Sinar senter hanya akan menerangi satu titik apabila ujungnya ditutup kertas dengan sebuah lubang. Jika kertasnya diambil, sinarnya akan memancar ke mana-mana dan dapat menjangkau tempat yang sebenarnya tidak ingin disorot” 

Hal : 135



-Kesimpulan dan Pendapat

Desainnya dominan warna seperti logo Hutata yaitu awan biru dengan titik hujan tanda Tanya. Desainnya simple dan modern. Yang paling oke sih desainnya tuh rapi kayak porsi warna dan ilustrasinya bisa pas gitu.

Sangat membantu kita untuk belajar cara agar belajar bisa lebih efektif. Kita juga jadi tahu kenapa game itu lebih menarik karena mereka memberikan level yang tidak terlalu jauh dari kemampuan penguna itu sendiri. Ini berbeda ketika kita belajar apalagi belajarnya secara bersama-sama kita jadi disetarakan kemampuan dengan teman sekelas yang lain. Padahal sebenarnya masih level bawah akhirnya jadi malas belajar karena merasa level pelajarannya sudah terlalu tinggi.

Lebih lengkapnya baca bukunya ya. Semoga bermanfaat.



Niswin
Hey you can call me Niswin. I born and live at Banjarmasin City, Kalimantan Selatan Province. I work as an administration in a small government office. I am blogger and reviewer book. I also love cat. You can follow my instagram @niswindows_com and also my lifestyle blog www.niswindows.com

Related Posts

Posting Komentar