Nis Windows

www.niswindows.com

Review Buku : Ensiklopedia Sejarah Indonesia

Posting Komentar

Judul buku : Ensiklopedia Sejarah Indonesia

Penulis : Afra Nur Azza

Penerbit : Khazanah Pedia

Tahun :  2017

Jumlah : 192 halaman ebook


Buku yang cocok untuk anak-anak karena lebih berwarna dan beranimasi di bagian atas dan bawahnya. Selain itu juga lengkap dengan foto-foto sejarah seperti hasil dari peninggalan zaman batu, penjajah eropa dan juga tokoh pejuang dari Indonesia.

Buku ini terbagi menjadi 5 bagian. Sayangnya tidak ada bagian sejarah kemerdekaan Indonesia.

1. Zaman Pra Sejarah

Zaman ini disebut juga zaman nirleka yaitu zaman belum adanya baca tulis. Contohnya terjadi pada zaman dinosaurus. Zaman ini terbagi menjadi 4 yaitu : 
  • Zaman Berburu
  • Zaman Batu
  • Zaman Berpindah
  • Zaman menetap dan bercocok tanam

2. Zaman Kebudayaan dan Kerajaan Hindu-Budha

Pada abad ke-4 di Jawa Barat terdapat kerajaan yang bercorak Hindu-Budha yaitu kerajaan Tarumanagara yang dilanjutkan kerajaan Sunda sampai abad ke-16.

Pada masa ini pula muncul dua kerajaan yang besar yakni Sriwijaya dan Majapahit. Pada tahun 1331-1364 Patih Majapahit bernama Gajah Mada berhasil memperoleh kekuasaan yang sebagian besar wilayannya adalah Indonesia serta hampir seluruh semenanjung Melayu.

  • Kerajaan Kutai

adalah kerajaan hindu pertama di Indonesia. Terletak di tepi sungau Mahakam, Kalimantan Timur. Raja Kutai pertama adalah Kudungga. Kudungga mempunyai anak bernama Aswawarman dan memiliki cucu bernama Mulawarman.

  • Kerajaan Tarumanegara

adalah kerajaan hindu yang terletak di dekat sungai Citarum, Jawa Barat. Raja yang paling terkenal adalah Purnawarman.

  • Kerajaan Kaling

adalah kerajaan yang berada di sekitar Purwodadi dan Blora. Raja yang terkenal adalah Ratu Sima yang dikenal sebagai ratu yang tegas, jujur dan bijaksana.

  • Kerajaan Sriwijaya

adalah kerajaan budha yang berada du Sumatra Selatan. 

  • Kerajaan Mataram Kuno

adalah nama lain dari Kerajaan Medang yang berdiri di Jawa Tengah. Raja pertama bernama Rakai Mataram Sang Ratu Sanjaya

  • Kerajaan Kediri

adalah satu dari dua kerajaan pecahan Kahuripan. Airlangga membagi Kahuripan menjadi dua kerajaan agar menghindari perselisihan dua putranya. 

  • Kerajaan Singosari

adalah yang terletak di Malang, Jawa Timur. Kerajaan ini didirikan oleh Ken Arok setelah berhasil membunuh Bupati Tumapel Tunggul Ametung. 

  • Kerajaan Majapahit

adalah kerajaan yang terletak di Mojokerto. Raja pertamanya adalah Raden Wijaya kemudian dilanjutkan oleh Jayanegara. 


3. Zaman Kebudayaan dan Kerajaan Islam

Banyak teori yang bermunculan tentang bagaimana berkembangnya agama Islam di Indonesia. Seperti teori Gujarat, Teori Mekkah dan teori Persia. Kerajaan Islam yang ada di Indonesia adalah seperti berikut :

  • Kerajaan Samudra Pasai

adalah kerajaan Islam pertama yang berada di Sumatra. Kerajaan ini didirikan oleh Sultan Malik Al Saleh. Pada masa pemerintahan Sultan Ahmad Malik al Tahir ada kunjungan Ibnu Batutah yang mengadakan oerjalanan India Cina.

  • Kerajaan Aceh

Kerajaan ini didirikan oleh Sultan  Ibrahim yang bergelar Ali Mughayat Syah (1514-1528)

  • Kerajaan Demak

adalah kerajaan islam pertama di Pulau Jawa. Demak sebelumnya merupakan daerah bawahan dari Majapahit. Demak ini adalah daerah yang diberikan kepada Raden Patah, yang merupakan keturunan Raja Majapahit terakhir. 

  • Kerajaan Pajang

Pada tahun 1568 berdirilah kerajaan Islam Pajang. Pendirinya aalah Sultan Adiwijoyo atau Joko Tingkir.

  • Kerajaan Banten

semula merupakan daera kekuasaan kerajaan Pajajaran/

  • Kerajaan Cirebon

terletak diperbatasan antara Jawa Barat dan JawaTengah.

  • Kerajaan Banjar

merupakan kerajan islam yang terletak di Pulau Kalimantan Selatan. Raja pertama ialah Pangeran Surianata (1438-1460) dan raja terakhir adalah Pangeran Tumenggung (1588-1595)

  • Kerajaan Malaka

didirikan oelh pangeran dari Palebang bernama Parameswara yang lari ke Malaka ketika terjadi serangan di Majapahhit.

  • Kerajaan Ternate dan Tidore
  • Kerajaan Mataram Islam
  • Kerajaan Makasar

4. Datangnya Bangsa Eropa di Nusantara

Hindia Timur atau Indonesia telah lama dikenal sebagai daerah penghasil rempah-rempah seperti vanili, lada dan cengkeh. Hal ini mendorong para pedagang asia barat datang dan memonopoli rempah-rempah tersebut. Mereka membeli bahan dari petani Indonesia dan mewajibkan mereka hanya menjual ke pedagang Eropa.

Kemudian pada tahun 1453 jatuhnya Konstantinopel kepada Turki Utsmani membuat terputusnya pasokan rempah-rempah. Konstantinopel merupakan tempat bandar perdagangan yang adalah kota terbesar dan termakmur di Eropa pada masa itu. 

Disini aku masih bingung kenapa jadi terputus ya, apakah Turki Utsmani gak suka dengan sistem monopoli atau gimana? Nanti kita cari tahu lagi.

Lalu karena boikot pasokan rempah-rempah tersebut membuat orang-orang Eropa menjelajahi jalur pelayaran ke wilayahnya langsung. Dalam perkembangannya mereka tidak saja berdagang tetapi juga menguasai sumber rempah-rempah tersebut.

Tujuan Bangsa Kedatangan Bangsa Barat

- Mencari kekayaan/berdagang
- Menyalurkan jiwa penjelajah
- Menyebarkan agama
- Mencari kemulian bangsa

Kedatangan Bangsa Portugis

Pada tahun 1503 Alfonso de Albuquerque berhasil menaklukan Goa di Pantai Barat yang kemudian menjadi pangkalan tetap Portugis. Kemudian Portugis mulai menekan Malaka, Maluku, dan Ternate.


Kedatangan Bangsa Spanyol

Di bawah pimpinan Magelhaen pada tanggal 7 April 1521 Spanyol sampai di Pulau Cebu. Raja Cebu menerima baik Spanyol karena sedang terjadi perang antar suku di Cebu. Dengan tawaran bantuan perang dari Spanyol maka Raja cebu menerima baik Spanyol. Dalam perjalanan ke spanyol mereka singgah di Tidore.


Kedatangan Bangsa Inggris

Pada tahun 1579 Francis Drake berlayar ke Indonesia dengan membawa rempah dari ternate. Perjalanan berikutnya pada tahun 1586 dipimpin oleh Thomas Cavendish. Keberhasilan ini mendorong Ratu Elizabeth I meningkatkan pelayaran internasionalnya.

Pada tahun 1811 Inggris mampu menguasai daerah jajahan Belanda. Sehingga membuat terjadinya Kapitulasi Tuntang tanggal 18 September 1811 yang berisi :
- Daerah jajahan Belanda diserahkan kepada Inggris
- Tentara Belanda menjadi tawanan Inggris
- Orang-orang Belanda dapat menjadi pegawai Inggris.

Akan tetapi armada inggris tidak mampu menyaingi armada Belanda sehingga terjadinya Perjanjian London pada tahun 1815 yang mengharuskan Inggris mengembalikan kekuasannya di Indonesia kepada Belanda.


Kedatangan Bangsa Belanda 

Bangsa Belanda datang pada tahun 1596 yang dipimpin oleh Cornelis de Houtman dan Pieter Keyzer. Dengan membawa empat buah kapal mereka mendarat di Pelabuhan Banten pada 22 Juni 1596. Akan tetapi kedatangan mereka ditolak karena sikap Cornelis yang arogan.

Lalu pada 1 Mei 1598 Belanda kembali mengirimkan rombongan yang dipimpin oleh Jacob van Neck yang berhasil mengambil simpati penguasa Banten sehingga pedagang Belanda diperbolehkan berdagang di Pelabuhan Banten.

Bangsa Belanda cukup panjang berkuasa di Indonesia. Setelah kedatangan beberapa kali ke Indonesia muncullah VOC(serikat dagang Belanda) hingga lahirnya pemerintahan Hindia Belanda di Indonesia yang dipimpin Herman Willem Daendel sebagai Gubernur Jendral pertama.

5. Masa Kependudukan Jepang

Jepang mulai menguasai Indonesia sejak tanggal 8 Maret 1942, yaitu ketika Panglima Tertinggi Hindia Belanda menyerah tanpa syarat di Kalijati, Bandung. Jepang datang dengan mengaku sebagai saudara tua dan membawa semboyan 3 A yang penuh kepalsuan.

Pada zaman Jepang dikenal tenaga kerja paksa yang dinamakan Romusha. Untuk menyamarkan keberadaan romusha Jepang berhasil memanupulasi dengan memperhalus istilah Romusha menjadi "Pekerja Ekonomi" atau "Pahlawan Pekerja".

Sejak zaman Meiji (1868) hingga berakhirnya Perang Dunia Ke II (1945), Hiroshima merupakan pusat industri militer dan logistik untuk keperluan perang. Hiroshima berada di kota pelabuhan di tepi laut pedalaman seto. Senjata nuklir "Little Boy" dijatuhkan di kota ini pada tanggal 6 Agustus 1945 dan membunuh korban sebanyak 140.000 orang.

Nagasaki adalah ibu kota dan terbesar di prefektur Nagasaki yang terletak di pesisir sebelah barat daya Kyusu, Jepang. Pada tanggal 9 Agustus 1945 bom nuklir "Fat Man" dijatuhkan di atas Nagasaki yang membunuh sebanyak 80.000 orang.

Kedua kota tersebut adalah satu-satunya serangan nuklir yang pernah terjadi.

Enam hari setelah jatuhnya bom di Nagasaki, pada tanggal 15 Agustus 1945 Jepang mengumumkan menyerah tanpa syarat kepada Sekutu, mendatangani instrumen menyerah pada tanggal 2 September yang secara resmi mengakiri Perang Pasifik dan Perang Dunia II. Hal ini memicu para nasionalis untuk segera memproklamirkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Nah sekian dulu review buku Ensiklopedia Sejarah Indonesia. Maaf ya agak panjang karena aku sekalian sambil ngeresume biar ingat apa yang udah dibaca. Soalnya kalau sejarah ya gitu suka lupa, apalagi banyak tanggalnya. Semoga dengan memahami sejarah kita bisa mendapatkan banyak manfaat untuk Indonesia kedepannya. Aamiin.


Niswin
Hey you can call me Niswin. I born and live at Banjarmasin City, Kalimantan Selatan Province. I work as an administration in a small government office. I am blogger and reviewer book. I also love cat. You can follow my instagram @niswindows_com and also my lifestyle blog www.niswindows.com

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email