Nis Windows

www.niswindows.com

Hari Blogger Nasional dan Blogger Terkenal

Posting Komentar
Hari Blogger Nasional dan Blogger Terkenal


Hari Blogger Nasional dan Blogger Terkenal



Kalian tau gak ternyata tanggal 27 Oktober 2020 kemaren adalah Hari Blogger Nasional. Aku baru tau beberapa bulan yang lalu bahwa ternyata ada ya peringatan hari untuk Blogger. Selain tentang Hari Blogger Nasional aku juga mau cerita tentang 3 tokoh Blogger terkenal Indonesia.

Sebelumnya ada yang belum tau blogger itu apa?

Jadi Blogger itu adalah individu yang mempunyai Blog. Sedangkan Blog adalah buku harian atau jurnal yang umumnya dikelola secara pribadi oleh individu disebut blogger, meski ada pula blog dari korporat. Kalau kata Mba Marita di Materi pertama kelas Blogspedia Coaching for Newbie, Blog adalah catatan harian atau jurnal pribadi di internet yang bisa diakses kapan saja.

Hari Blogger Nasional ini pertama kali dicanangkan oleh Pak Muhammad Nuh selaku Menteri Komunikasi dan Informatika RT pada 27 Oktober 2007 yang lalu. Jadi udah 13 tahun nih pencanangan Hari Blogger Nasional. 

Pada 23 Agustus 1999, Blog pertama kali dikembangkan oleh Pyra Lab yang membuat Blogger.com sebagai salah satu perangkat publikasi blog pertama di dunia. Kemudian pada Februari 2003, Pyra Labs diakuisisi oleh Google. Hal ini membuat pengguna lebih leluasa mengunakan blogger.com, untuk membuat akun di blogger.com pengguna cukup memiliki akun google mail. 

Hari Blogger Nasional dimeriahkan dengan apa aja sih? 


o Foto Sosial Media

Temen-temen blogger, Komunitas blogger banyak membuat foto di social media yang mengucapkan Hari Blogger Nasional. Contohnya kayak foto yang aku bikin di Story Instagram aku dibawah.

Selamat Hari Blogger Nasional


o Bikin Twibon untuk Profil

Twibon itu adalah foto yang dibagian tengahnya kosong. Jadi hanya dibagian pinggir fotonya aja yang ada gambar atau tulisan. Dan biasanya ini dipakai untuk foto profil misalnya di whatsapp atau instagram. Gak mesti hari blogger nasional juga. Kalau ada peringatan hari apa pun biasanya orang-orang mau kok mengunakan. Dulu jaman kuliah kalau ada HIMA yang ulang tahun mereka bakal menyuruh seluruh anggotanya menggunakan twibon.

o Membuat Tulisan di Blog

Nah ini seperti yang aku lakukan. Kalau di social media ya paling Cuma bertahan beberapa hari kan. Kalau story instgaram cuma satu hari setelah itu hilang. Pun kalau di upload ke feeds instagram beberapa hari juga akan ketindih sama feeds yang lain. Nah makanya perlu nih kita ikat di Blog biar mudah kalau pengen ngebaca ulang.

o Ada Kelas Online tentang Blog

Nah ini tuh seperti Webinar Marathon Coaching Growthing kemaren. Kegiatannya ada tiga hari lagi dan membahas hal yang bisa meningkatkan skill sebagai seorang blogger.

Part 1 : 25 Oktober 2020 - Bongkar Rahasia Page View Blog
Part 2 : 26 Oktober 2020 - Fotography dan Media Sosial
Part Final : 27 Oktober 2020 - Diskusi Santai Tentang Blog dan SEO


Tokoh Blogger Terkenal

o Raditya Dika

Siapa yang gak kenal sama Bapak satu anak ini ? Nama lengkapnya Dika Angkasaputra Moerwani Nasution lahir 35 tahun yang lalu di Jakarta, 28 Desember 1984. Dia memulai karirnya yang sekarang dari ngeblog loh. 

Kalau kalian ke blognya Dika sekarang udah gak ada lagi postingannya. Setelah kalian klik Radityadika.com yang ada kalian akan dibawa ke halaman youtubenya Raditya Dika aja.

Dika memulai blog dengan tulisan komedi yang pada masa itu belum banyak. Dia banyak menulis tentang cerita remeh dan absurd di blog yang bernama Kambingjantan.com. itu adalah awal nama domain raditya dika. Disana ia bercerita tentang perjalanan hidupnya yang penuh kekonyolan. Tentang ke empat adiknya, kisah percintaannya dan kisahnya yang berkuliah di Australia. 

Kemudian pada tahun 2005 tulisannya di blog mulai diterbitkan menjadi sebuah novel berjudul “Kambing Jantan: Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh”. Aku jadi inget filmnya Dika diawal dia menerbitkan buku. Dia masuk ke toko buku dan terkejut melihat bukunya masuk di katalog peternakan. Hahaa..

• 2005 - Kambing Jantan: Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh
• 2006 - Cinta Brontosaurus
• 2007 - Radikus Makankakus: Bukan Binatang Biasa
• 2008 - Babi Ngesot: Datang Tak Diundang Pulang Tak Berkutang
• 2010 - Marmut Merah Jambu
• 2011 - Manusia Setengah Salmon
• 2015 - Koala Kumal
• 2018 - Ubur-Ubur Lembur

Nah itu buku-buku yang sudah ditulis Dika. Hampir semua sudah aku baca sisa si ubur-ubur lembur aja yang belum. Padahal aku gak pernah sekalipun beli loh. Jadi baca dimana tuh gak pernah beli tapi udah baca?

Jadi ini tuh bukunya terkenal banget. Temen-temenku yang hobi baca pasti punya buku ini. Terus aku pinjem deh. Aku ingat pernah minjam yang Marmut Merah Jambu sama temen.

Selain itu aku juga pinjam di perpustakaan berbayar gitu. Dan kebanyakan perpustakaan berbayar itu punya novel dan komik, jadi novel Raditya Dika mudah ditemukan. 

Ada juga yang aku baca dari perpustakaan sekolah. Di sekolahku siswa di wajibkan menyumbang satu buku fiksi. Itu yang bikin buku perpustakaan sekolah jadi variatif. 

Setelah sukses menulis buku, Dika mulai memfilmkan bukunya sekaligus menjadi actor di film sendiri. Bikin buku, bikin film, gitu terus sampai dia juga jadi Sutradara dan Komika. Sekarang dia lebih aktif sebagai Youtuber dan Podcaster.

o Alit Susanto

Alit ini aku kenal dari sebuah buku berjudul Skripshit. Pria berumur 33 tahun ini lahir di Sragen, Jawa Tengah pada tanggal 1 Oktober 1987. Berawal dari tulisannya di dunia maya juga di shitlicious.com hingga akhirnya ia menerbitkan sebuah novel pada tahun 2020 berjudul Skripshit. Ceritanya berkisah tentang mahasiswa semester akhir yang belum juga lulus.


o Bena Kribo

Lebih muda dibandingkan Dika dan Alit. Bena berumur 30 tahun, lahir di Jakarta, 3 Februari 1990. Bena dikenal sebagai blogger yang menulis tentang kejadian sehari-hari yang dialaminya, juga tentang hal yang sedang tren, dengan gaya bahasa remaja dan dengan penambahan visualisasi seperti gambar dan video.

Pada tahun 2007 Bena mulai menulis blog di Friendster, tapi dengan perkembangan dunia blog muncullah blogger. Sehingga pada tahun 2008 ia membuat blog yang beralama di benazio.blogspot.com. kemudian blog tersebut sekarang menjadi Benablog.com

Sekian tulisanku mengenai Hari Blogger Nasional dan Blogger terkenal. Dengan mengetahui asal-usul Hari Blogger Nasional semoga menambah semangat dalam ngeblog. Dan bisa tau juga orang-orang yang sukses dari Ngeblog.

Sumber : Wikipedia.com , Tirto.id


Niswin
Hey you can call me Niswin. I born and live at Banjarmasin City, Kalimantan Selatan Province. I work as an administration in a small government office. I am blogger and reviewer book. I also love cat. You can follow my instagram @niswindows_com and also my lifestyle blog www.niswindows.com

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email