Nis Windows

www.niswindows.com

Serunya Conversation Class di LIA Banjarmasin

Posting Komentar


Maret ini kelas Conversation Level 3 bakal final dan itu berati kelasnya akan selesai. Belajarnya bisa berlanjut kalau kamu mau ikut lanjut ke kelas conversation level 4.

Di kelas Conversation itu lebih santai dan seru dibandingkan dengan kelas TOEFL. Kalau di toefl belajarnya harus memahami rumus rumus grammar dan kalau pelajaran tahap 1 gak masuk atau masih gak ngerti bakal susah untuk mengerti pelajaran selanjutnya. Kecuali kalian baca modul lagi di rumah. Ain’t nobody have no time for that! Haha..

Nah beda kalau di conversation. Rasanya seru abis banyak gamesnya. Terus berasa kayak rugi gitu kalau gak masuk. Di TOEFL juga ada games nya tapi gak sebanyak di conversation. Di Toefl gamesnya ada yang pakai kahoot.it untuk mencek kemampuan murid. Jadi di kahoot itu kita harus online dan menyimak soal dengan batas waktu jadi ketauan yang paling tinggi nilainya siapa. Games lain kayak ngasah konsentrasi juga ada.
Kelas Conversation Level 3 ini tutornya miss Emma dan dimulai dari Januari 2020 sampai Maret 2020 ini. Aku mau ceritain gimana kelas conversation di LIA itu.

Aku masuk kelas ini karena udah males sama kelas toefl. So karena aku masih pengen belajar English jadi aku pengen coba kelas conversation. Wkwk sok rajin.. Ya jadi honestly aku learning english to get a better job buat ngambil tes toefl yang sering dicari waktu apply job. Nah tahun ini sertifikat toefl ku bakal kadaluarsa karena udah dua tahun jadilah pengen belajar english lagi. Harusnya sih aku dibulan april ini ngambil test TOEFL di ULM atau di UIN. Tapi ya lagi rada sibuk gitu mungkin bakal keundur. Jadi semoga terlaksana test toeflnya. Tetapi karena kelas toefl level 4nya tidak dibuka maka aku lanjut ke kelas Conversation. Siapa tau nanti ada wawancara kerja dan diminta pakai bahasa inggris. Who knows?

Pertama masuk kelas Conversation Level 3  pesertanya banyak dan random banget dari segala usia. Dalam satu kelas itu sampai ada 20 orang, akhirnya dihari pertama itu dipisah yang peserta baru dan peserta yang berasal dari kelas Conversation Level 2.

Materi yang dipelajari itu ada Small talk, memperkenalkan diri, nelpon, memberikan arah jalan, meberikan ide dan banyak lagi. Katanya kalau udah level 6 nanti bakal diajarkan berbicara selama sekitar 20 menit untuk presentasi.

Murid harus menjawab soal online dari google form sebelum kelas berlangsung. Soal ini ada yang tentang grammar/vocab dan ada tentang listening, biasanya yang didengarkan dari video youtube dan kita harus menjawab pertanyaan seputar apa yang kita dengar. Kadang bisa jadi bukan dari youtube tapi file audio dari LIA itu sendiri.

Nah waktu mulai pembelajaran Teacher bakal nanyain how are you today , how was your day, what do you do today. Dari pertanyaan itu bikin convertation terjadi. Kayak misalnya hari ini ada final test untuk murid yang masih SMA. Atau teacher kadang nanya sebelum datang ke kelas kamu dari mana. Ada yang jawab dari rumah, kantor atau mall. Terus miss bakal nanyain lagi wow really? What do you do at the mall? Buy lipstick because there is a discount.

Terus kalo ada yang dipertemuan kemaren gak masuk miss bakal nanyain gini “where were you when the last meeting?” “why you absen on tuesday?” Someone ada yang jawab because they have to study for exam, go to friend house for doing homework, or even working. Terus miss nanyain lagi what homework? Dijawab sama muridnya untuk membuat kerajinan.

Nah terus teacher bakal nanyain soal onlinenya apakah sudah dikerjakan dan miss bakal membahasnya sebentar. Selanjutnya teacher nyuruh membuat dialog. Setiap kelompok bisa dua orang atau tiga orang tergantung materi dialognya. Misalnya dialog tentang small talk, tiap kelompok terserah mau dialognya ada dimana misal small talk waktu lagi di rumah sakit, di bank, di hotel dll. Terus dipraktekan di depan atau dikursi aja.

Selain disuruh bikin dialog pelajarannya juga diselingin sama materinya. Trus ada juga games seperti dibawah ini :

-gamesnya kita disuruh baris dalam satu baris memanjang. Semua peserta kira-kira ada 15 orang dibagi dalam 2 tim A dan Tim B. Dan dikiri disusun 5 buah kursi dan dikanan 5 buah kursi. Terus kita disuruh menebak apakah kalimat yang teacher ucapkan termasuk penelpon atau penerima telepon. Kalau  penelpon atau caller maka di kursi sebelah kanan dan kalau penerima telepon dikursi sebelah kiri. Kita disuruh cepet cepetan menduduki kursi yang benar. Siapa tim yang paling banyak dapat poin yang menang.

-games menebak benda. Dibagi 2 atau bisa 3 kelompok. Setiap perwakilan kelompok maju satu orang dan membunyikan bel lalu menjawab apa yang dikatakan teacher. Contohnya, this technology makes your clothes clean. Kalian harus menjawab washing machine.

-ada juga games atau lebih kayak kuis I have and I never. Jadi murid dibagi 3 kelompok. 1 kelompok bisa 3 orang atau lebih. Tiap kelompok disuruh membuat pertanyaan yes no question. Misalnya have you ever go to Duta Mall? Have you ever in friend zone? Nah kelompok yang nanya duduk didepan, sedangkan yang menjawab pegang kertas I have dan I never have.

-games speaker dan listener. Jadi setiap kelompok ada 2 orang  dibagi untuk 1 speaker dan 1 listener. Speaker akan berjalan ke setiap kelompok dan listener duduk mendengarkan speaker dari kelompk lain. Kalau total yang hadir ada 10 orang berarti ada 5 kelompok. Nah jadi disediakan peta dilayar lcd. Di peta itu ada library, school, hospital, hotel, restaurant dll. Tiap kelompok memiliki kisah yang berbeda misalnya dari library mau ke hotel. Jadi si Speaker Kelompok A harus berjalan ke listener kelompok B, C dan seterusnya menceritakan arah jalan kelompoknya dari library mau kemana, tapi tidak boleh menyebutkan kata hotelnya, hanya menyebutkan arahnya saja, misalnya keep going on laksana street and turn left to merpati street, the building is on the corner on merpati street. Jadi si listener kelompok lain itu yang harus menebaknya. Kemudian nanti teacher akan mencek apakah tebakan kita benar atau tidak.

-games tebak kata. Dibagi tiga kelompok. Satu kelompok bisa 3 orang atau lebih. Tiap kelompok menuliskan dikertas kosa kata subject, noun, dan verb yang sulit untuk ditebak kelompok lain. Saat kosa kata kita yang digunakan kita hanya diam dan kelompok lain bermain. 2 orang menebak kosakata, 1 orang menjelaskan kosakata tanpa menyebutkan kosakatanya. Misalnya kosakata yang harus ditebak adalah “cat” maka yang menjelaskan harus mengatakan “this animal sound like meow”. Atau ada kosakata “world” maka si penjelas bisa mengatakan “sinonim of earth”. And setelah di hitung poin yang menang bisa lanjut ke babak selanjutnya yaitu tiap kelompok yang membuat kosakata tadi harus membuat cerita dari kosakata yang dibuatnya. Jadi kalau vocabnya susah buat nyusahin kelompok lain bakal nyusahin ke dirisendiri juga. Wkwk.

-games remember people. Jadi games ini individual. Setiap orang disuruh menjadi seorang idola, bisa jadi penulis, penyanyi atau actor dan lain-lain. Terus kita disuruh bercakap-cakap dalam bahasa inggris selama beberapa menit misalnya 5 menit. Dan kita harus mengigat semua teman kita menjadi idola siapa dan apa profesi mereka. Jadi kita harus aktif bertanya “hi, what’s your name?” I am Raisa and I am in bali for conser, how about you?” “My name is Selena Gomez I am actrees and singer, I come here for holiday”

Sebenarnya ada macam-macam gamesnya tapi untuk saat ini itu aja yang aku ingat. Sekian dulu cerita tentang conversation class nya. Semoga bermanfaat. Terimakasih sudah membaca tulisan yang masih perlu banyak perbaikan ini. See you di tulisan yang lainnya.

Niswin
Hey you can call me Niswin. I born and live at Banjarmasin City, Kalimantan Selatan Province. I work as an administration in a small government office. I am blogger and reviewer book. I also love cat. You can follow my instagram @niswindows_com and also my lifestyle blog www.niswindows.com

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email