Nis Windows

www.niswindows.com

Review Buku 27 - Bumi Manusia

Posting Komentar

Judul buku : Bumi Manusia
Penulis: Pramoedya Ananta Toer
Penerbit : Lentera Dipantara
Tahun :  Cetakan 28, Juli 2018
Jumlah :  551 Hal .
.
▪Salah satu buku yang terkenal sepanjang masa. Katanya zaman dulu kalo punya buku ini bisa ditangkap karena dianggap menentang penguasa. mungkin karena isi nya dapat memunculkan jiwa perlawanan .
▪Berkisah tentang seorang laki - laki pribumi bernama minke (bukan nama asli) yang sedang bersekolah di H.B.S. Surabaya, yaitu sekolah untuk orang belanda, setengah belanda/indo, dan pribumi pilihan. Walau minke sudah tau nama panggilannya mempunyai arti yang tidak baik, ia lebih suka memakai nama itu dibanding nama asli nya karena ketidak sukaannya dengan asal usulnya yang seorang pribumi bangsawan. Walaupun dia pribumi bangsawan, kata pribumi didepannya menandakan sebagai manusia terendah dinegeri sendiri.
▪ suatu ketika robert suurhof (indo)  teman satu sekolah minke yang tidak terlalu akrab menantang ke-philogynik-an(buaya darat/mulut manis) minke dengan menaklukan seorang gadis indo di rumah besar yang akan didatangi. Padahal maksud lain dari suurhof adalah untuk menjelekan minke dan agar dirinya terlihat lebih baik karena berstatus indo dibanding minke yang pribumi. rumah besar itu milik tuan mellema(orang belanda)  didalamnya ada perusahaan pertanian dan perternakan. Disebut-sebut rumah besar ini penuh misteri. Rumah besar dan perusahaan ini di atur oleh istri tidak sah tuan mellema, nyai ontosoroh, seorang wanita hebat yang dulunya dijual ayahnya kepada tuan mellema untuk menjadi nyai(istri tidak sah). Ia memiliki 2 orang anak yaitu robert mellema dan annelies mellema.
▪kemudian cerita berlanjut mengenai terungkapnya misteri keluarga nyai ontosoroh, sekolah minke yang harus terombang-ambing bersamaan dengan diolok-oloknya sebagai pribumi disekolah, dan pergolakan melawan kesewenang-wenangan hukum belanda.


Baca pakai #bukufisik ✏Tulisan yang lain #reviewbukuniswin2019
✊@gerakan_1week1book #gerakanoneweekonebook
.
.
#bukupramoedyaanantatoer #bumimanusiaquotes #bumimanusia #buku #katabuku #kutipanbuku #reviewbuku #literasibanjarmasin #bukubanjarmasin

Niswin
Hey you can call me Niswin. I born and live at Banjarmasin City, Kalimantan Selatan Province. I work as an administration in a small government office. I am blogger and reviewer book. I also love cat. You can follow my instagram @niswindows_com and also my lifestyle blog www.niswindows.com

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar

Follow by Email