Nis Windows

www.niswindows.com

Pengalaman Blogspedia Coaching Batch 1

1 komentar



Tak terasa sudah tahun 2021 aja nih dan itu tandanya sudah hampir 3 bulan aku ikut kelas belajar blog pemula. Nah jadi aku bakal share pengalaman blogspedia coaching batch 1 yang mulai aku ikuti sejak tanggal 12 Oktober 2020 kemaren.

Blogspedia apaan sih ?



Blogspedia adalah suatu blog yang di miliki oleh seorang momblogger bernama Marita Ningtyas yang berisikan panduan dan tips blogging mudah untuk para pemula sejak akhir tahun 2018. Kalian bisa kunjungi blogspedia disini https://www.blogspedia.my.id/ dan selain itu mba Marita juga punya blog utama yaitu https://www.maritaningtyas.com/ 

Alasan Blogspedia dibuat : 

1. Karena Blogging Membuatku Berbinar

Mba Marita ini adalah seorang penulis artikel entah artikel untuk blognya ataupun blog orang lain. Beliau bilang sehari itu ada sampai menulis 5 artikel. Keren banget kan 5 artikel gimana bagi waktunya itu. Aku 1 artikel aja bisa menghabiskan waktu minimal 3 jam, dari bikin outline, riset dan cari referensi, mulai menulis dan membuat desain fotonya sampai akhirnya publish artikel. 
Nah dengan membuat second blog Mba marita jadi bisa menghilangkan kejenuhan dari kerjaannya menulis karena artikel yang lain itu kan kerja yang mana pasti ada aturan dan tata penulisan beda dengan blogspedia yang sesuka hatinya.

2. Karena Blogging Itu Kaya!

Kata beliau “kalaupun bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah dari blogging, hal tersebut adalah bonus. Meski nggak nolak juga sih kalau nanti jadi kaya dari ngeblog”. Untuk bisa meningkatkan level kecupuan momblogger menuju level mastah ada banyak hal yang harus dipelajari, dikulik dan diutak-atik. 

3. Sebagai Dokumentasi Belajar

Mba Marita ini sering banget punya pengalaman habis ngutak-atik kode, habis ganti warna, habis bikin ini itu, tapi lupa nggak dicatat langkah-langkahnya. Lalu saat ada teman-teman yang minta diajari hal-hal tersebut, Mba Marita lupa caranya bagaimana. Nah, Blogspedia ini salah satu alasan dibuatnya karena hal ini.

4. Spesial Buat Kalian yang Pengen Belajar tapi Malas atau Bingung Googling!

Sebenarnya banyak banget tutorial ngeblog di google. Mungkin karena bingung saking banyaknya tutorial bertebaran ya jadi malas googling deh. Nah, dengan hadirnya Blogpedia teman-teman nggak usah blogging kalau butuh informasi terkait ngeblog dan hal-hal terkait dengannya. Ingat saja Blogpedia dan menurutku sendiri blogspedia itu bahasanya bener-bener sederhana dan mudah dipahami untuk blogger pemula yang dari nol sama sekali.

Kemudian setelah blogspedia berumur 2 tahun mba Marita membuat kelas online untuk belajar ngeblog yang akan beliau bimbing. Jadilah semua kegiatan kelas blogspedia coaching batch 1 ini penuh ilmu daging karena beliau sendiri sudah bikin artikel tutorial di blogspedia ini selama 2 tahun. 

Awal Ikut Kelas Blogspedia Coaching Batch 1

Aku lihat info kelas blog untuk pemula ini dari foto yang dibagikan teman blogger di social medianya. Setelah aku lihat aku tertarik banget buat ikutan apalagi ini kelasnya gratis. Berhubung aku juga lagi kesusahan buat belajar ngeblog, mau ngubah ini gimana caranya… mau ngedit ini kok gak bisa. Jadi ini pas banget buat aku.

Kelas blogspedia coaching batch 1 ini awalnya cuma menerima 25 orang sampai akhirnya karena peminatnya yang banyak jadi coach terima sebanyak 50 orang. Sudah banyak yang gugur di medan perang sehingga sekarang tersisa sekitar 30 orang saja. Dan tulisan ini adalah salah satu tugas akhir dari Blogspedia Coaching Batch 1.

Syarat daftar Blogspedia Coaching Batch 1

Berikut ini adalah form pendaftaran untuk mengikuti BLOGSPEDIA Coaching Batch 1. Biar kalian tau syarat ikutan blogspedia ini apa aja. Siapa tau nanti ada batch 2 nya kan..

Sebelum mengisi form ini, baca syaratnya terlebih dahulu. Ketahuan asal baca dan nggak tahu syarat-syaratnya, langsung dieliminasi di hari pertama belajar. 
Syarat Pendaftaran: 
1. NEWBIE; - Hanya untuk yang baru bikin blog atau sudah punya blog tapi belum TLD. Hanya terima platform blogspot. (Daripada salah ngajarin, mending platform yang aku paham aja, wkwk. Salah ngajarin kode bisa berabe). *TLD: top level domain (dot com, dot net, dot my dot id, dst) - Belum tahu caranya bikin blog sama sekali, tapi mau tahu dan mau belajar. - Tidak menerima yang coba-coba, atau ngaku-ngaku newbie. 
2. Punya hobi menulis. 
3. Siap begadang buat ngerjain tugas dan siap dieliminasi kalau nggak ngerjain tugas. 
4. Kelas Gratis/ TIDAK DIPUNGUT BIAYA, tapi harus siap ngeluarin dana untuk beli custom domain. Nggak harus domain yang 150ribuan, domain 10ribuan juga boleh. Yang penting nanti tahu cara masangnya. 
5. Punya semangat belajar yang tinggi, no ngeluh dan baper club. 
#Bonus: 
1. Bisa Ngeblog from Zero to Hero 
2. Peluang Mendapat Penghasilan dengan Menjadi Content Writer untuk Blogspedia Group


Kegiatan Blogspedia Coaching Batch 1

 

- Materi

Silabus Materi Kelas Blogspedia coaching batch 1 ini sudah bagus banget. Disertai nama materi dan tanggal serta tugasnya. Jadi kalau punya waktu luang bisa duluan dikerjain tugasnya karena kita gak tau kali aja ada urusan dadakan sehingga jadi telat menyelesaikan tugasnya. Karena kalau telat kita bisa didepak dari grup. 

Kelas berlangsung selama kurang lebih 3 bulan, menggunakan platform Whatsapp Group dan Google Classroom. Materinya terdiri dari 22 materi mulai dari adab blogger, cara menulis artikel, cara edit blog sampai tutorial membeli domain berbayar dan ganti template seperti yang tertera pada foto di atas. 

- Jadwal kelas mentoring

Mentoring Kelas diadakan setiap hari Senin dan kamis malam. Jadi setiap hari senin dan kamis coach akan memberikan materi dalam google classroom kemudian di jam 8 malam coach akan memberikan materi yang sudah dishare di google classroom dan mendiskusikannya, jadi teman-teman bisa bertanya. 

Sekitar jam 11 malam coach akan menutup mentoring dan tugas akan muncul. Tugas ini berhubungan dengan materi yang diberikan. Kayak contoh materi pertama tentang adab seorang blogger, maka setelah mentoring selesai coach akan membuat tugas di google classroom untuk mengirimkan tulisan mengenai adab seorang blogger.

- Standar Tugas

Menulisnya pun tidak sekedar menulis tetapi ada standar yang ditetapkan seperti harus 800 kata, memasukan link eksteral dan lainnya yang disesuaikan dengan materi yang telah dipelajari. Jika sudah sampai ditahap belajar desain maka mba Marita akan minta foto dalam artikel dengan jumlah tertentu.

Oh ya tentunya ada batas waktu dalam tugas menulis essay. Biasanya maksimal batasnya 2 hari. Kalau tugas diberikan pada hari senin maka batas waktunya adalah hari kamis jam 1 malam. Artinya tugas itu harus selesai pada hari rabu karena jika telat satu menit aja maka dianggap belum selesai mengirimkan tugas di google classroom dan akan ada tanda bahwa meyerahkannya terlambat. 

Dan jangan lupa untuk klik serahkan ya di classroom karena kalau gak diserahkan bakal dianggap tidak mengerjakan walau sebenarnya tugasnya sudah di upload. Semoga nanti google classroom bisa nambahin fitur warna di tombol serahkan itu. Misalnya kalau sudah serahkan jadi berubah warna hijau. Dan kalau belum warnanya merah. Soalnya fatal banget kalau udah dikerjain dan upload eh belum ke klik serahkan.

Jika tugas diberikan pada hari kamis maka batas waktunya adalah hari sabtu. Waktu ini terkadang juga berubah rubah ada yang ditaruh jam 8 pagi ada yang jam 1 malam. Jadi kalian harus bener-bener memahami batas waktunya. Tapi kalau gak ngerti masih bisa kok Tanya di grup whatsapp dengan teman-teman yang lain.

Yang paling berkesan dari kelas blogspedia

  • Aku suka bagian belajar barengnya di waktu materi ganti domain website dan pasang template baru. Materi tersulit menurutku karena gak bisa diselesaikan dalam satu hari.
  • Aku suka juga waktu tugasnya menulis artikel tentang partner di grup. Jadi kita saling mengenal teman yang lain dan saling kasih tau kesalahan blog oleh teman kita karena kalau teman ada salah kita juga berpeluang untuk dikeluarkan dari grup.
  • Coachnya hebat banget bisa ngecek artikel temen-temen yang bisa ada 30 artikel. Blogwalking gak sampai 15 aja aku kehabisan waktu.

Oke sekian pengalaman blogspedia coaching batch 1, pengalaman belajar blog yang benar-benar mudah untuk blogger pemula kayak aku. Terimakasih banyak ya mba Marita. 

Niswin
Hey you can call me Niswin. I born and live at Banjarmasin City, Kalimantan Selatan Province. I work as an administration in a small government office. I am blogger and reviewer book. I also love cat. You can follow my instagram @niswindows_com and also my lifestyle blog www.niswindows.com

Related Posts

1 komentar

  1. Aku liat acara nya seru yaa, apalgi dari diajari dari awal banget. Asik kalo belajar lewat grup, apalgi banyak orang nya. Ramee jadinya Semangat ya mbak niswin belajar ngeblog nya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email