Nis Windows

www.niswindows.com

Tips HP terlihat smart dan produktif

1 komentar


Zaman sekarang kita semakin dituntut banyak hal, tidak hanya bekerja dengan benar tapi juga harus cepat. Nah untuk itu aku mau kasih tau tips membuat HP menjadi smart dan produktif. HP adalah barang yang sangat penting sekarang ini. Segalanya bisa lebih mudah lewat HP. Tapi lama kelamaan ada gak yang merasa gak sadar terlalu lama menggunakan HP ?  Ya kalau penting sih gak apa apa ya apalagi main HP nya bisa mendatangkan uang siapa yang gak mau?

HP adalah ?

HP adalah singkatan dari Handphone, kadang juga disebut Telepon genggam, telepon seluler(ponsel) atau smartphone. HP menurut wikipedia merupakan perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, tetapi dapat dibawa ke mana-mana (bahasa Inggris: portable atau mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (jadi komunikasi nirkabel, bahasa Inggris: wireless communication). 

Fungsi HP

Handphone ini memiliki fungsi utama sebagai alat komunikasi melalui suara ataupun pesan. Kemudian seiring waktu handphone juga bisa berfungsi untuk menangkap siaran radio, televise dan juga dilengkapi dengan audio, kamera, game serta layanan internet. 

Saat ini HP sudah sangat canggih sehingga fungsinya juga sudah hampir sama dengan computer. HP sekarang sudah bisa menggantikan berbagai macam peran

1. Peran kamera digantikan oleh HP sehingga tidak perlu membawa kamera besar yang berat untuk mengabdikan momen

2. peran televisi digantikan dengan youtube, dimana kita bisa memilih apa yang ingin ditonton

3. peran kantor pos dalam berkirim pesan yang digantikan oleh sms bahkan sekarang sms pun sudah digantikan oleh chat dengan aplikasi seperti whatsapp. Yang dalam hitungan detik pesan kita sudah bisa dibaca.

4. peran pasar digantikan dengan marketplace online, kalau dulu kita harus kelilingin toko-toko di pasar dulu biar yakin mau beli barang sekarang cukup dengan membukanya di hp dan bisa memilih barang yang ingin dibeli bahkan ada fitur filter yang akan memudahkan pemilihan barang.

5. peran dompet dengan fitur mobile banking, sekarang jarang ke atm karena udah punya handphone yang memorinya muat untuk instal mobile banking. Jadi ini sungguh menghemat waktu. Aku kalau mau keluar persiapannya lama. harus siapkan motor, siapkan tas, siapkan pakaian paket lengkap seperti kaus kaki, gamis, jilbab, dan masker. Ya sekitar 30 menit lah habis buat keluar rumah sampai balik lagi kerumah. Daripada 30 menit habis mending di rumah aja bayarnya gak sampai 5 menit selesai pembayaran dan tidak perlu siap-siap lagi.

6. Peran computer dalam mengetik file sudah bisa dilakukan di HP dengan mengunakan aplikasi pembuka file seperti WPS yang bisa digunakan untuk membuka aplikasi berformat excel, word juga power poin dan lainnya.


Hal Negative dari HP

Dari fungsi dan peran HP diatas tentu ada hal yang negative dari HP dan harus dihindari seperti lupa waktu. Contohnya :

1. Lupa waktu bermain game di hp

2. Lupa waktu scrolling instagram, tiktok dan social media lainnya

3. Lupa waktu makan dan sholat


Tips HP terlihat smart dan produktif

Gimana caranya kita gak terjerat hal negative dari hp? Nah disini aku akan sebutkan beberapa tips yang membuat HP menjadi smart dan produktif. Kalian juga harus persiapkan memori hape kalian untuk beberapa aplikasi yang menunjang hp kalian agar tambah produktif.


1. Pakai aplikasi kesehatan digital 

sumber : google.com


Aplikasi ini adalah aplikasi dari google kalian bisa mendownloadnya secara gratis di playstore.

Dengan aplikasi ini kalian bisa mendata penggunaan aplikasi dan juga menutup aplikasi sesuai batas waktu yang ditentukan. Jadi kalian tau sehari itu berapa jam sih buka youtube, berapa jam sih scrolling instagramnya. Kalau hitung sendiri pasti susah karena kadang buka pesan kadang buka instagram. Nah dengan aplikasi ini dia otomatis akan menghitung penggunaan layar yang dipakai.


Lihat kebiasaan digital harian :

• Frekuensi Anda menggunakan berbagai aplikasi

• Jumlah notifikasi yang Anda terima

• Seberapa sering Anda memeriksa ponsel


Lepaskan perhatian dari ponsel kapan saja:

• Timer aplikasi harian memungkinkan Anda menyetel batas seberapa sering Anda menggunakan aplikasi.

• Mode Waktu Tidur akan mengingatkan Anda untuk melepaskan perhatian dari ponsel saat malam hari, menyetel jadwal untuk mengubah warna layar ke Hitam putih, dan mode Jangan Ganggu akan menonaktifkan suara notifikasi agar Anda mendapatkan tidur malam yang cukup.

• Mode Fokus memungkinkan Anda menjeda aplikasi yang mengganggu cukup dengan satu ketukan, sehingga Anda dapat lebih fokus pada kegiatan yang menjadi prioritas. Anda juga dapat menyetel jadwal untuk mengaktifkan mode Fokus secara otomatis dan mengurangi gangguan selama di kantor, sekolah, atau rumah.



2. Mengunakan widget whatsapp 

sumber : nakita.grid.id


sehingga bisa membaca pesan tanpa membukanya. Ketika kalian pengen cepat membaca tanpa membuka kalian cukup melihat isinya di widget whatsapp yang sudah disediakan. Nah kalau di hp aku widgetnya gak bisa di custome jadi mentok ukarannya sekecil itu sehingga sulit untuk menggeser pesan ke lainnya.


3. Mengganti ringtone dengan suara otomatis

Ketika ada pesan masuk hp kamu bukan mengeluarkan nada dering music tetapi berbicara ada pesan masuk, atau ada telpon masuk. Ini bisa bikin keren handphone kamu banget jadi kayak robot otomatis berbicara gitu. 

Caranya pertama-tama kalian merekam dulu suara yang akan di jadikan ringtone. Aku menggunakan suara google translate. Jadi aku buka google translate lalu ketik kata “grup” dan “chat” “panggilan whatsapp”. 

Ketiga kata itu aku perlukan agar bisa membedakan yang mana pesan pribadi dan yang mana chat grup. Aku juga membedakan panggilan biasa ke nomor telpon dan mana panggilan melalui whatsapp. Dengan menggantinya membuat aku responsive untuk segera membalas chat atau menggangkat telepon

Sehingga aku menganti suara ringtonenya jadi jika ada teman yang menelpon melalui whatsapp maka hpku akan mengeluarkan suara “panggilan whatsapp.. panggilan whatsapp..”

Jika ada teman yang menchat secara pribadi aka nada ringtone “ chat.. chat”. Jika ada pesan grup akan muncul suara “grup.. grup..”

Setelah suara mba google translated rekam aku mulai menganti ringtone whatsapp aku dan jadi deh.


Okedeh cukup sekian dulu tips membuat hp menadi smart dan produktif. Semoga bermanfaat ya..


x

Niswin
Hey you can call me Niswin. I born and live at Banjarmasin City, Kalimantan Selatan Province. I work as an administration in a small government office. I am blogger and reviewer book. I also love cat. You can follow my instagram @niswindows_com and also my lifestyle blog www.niswindows.com

Related Posts

1 komentar

  1. Biasanya kalo suka pegang hp aku jadi suka lupa untuk mengerjakan hal lain wkwk. Apapun itu. Eh itu kok lucu banget sih mbak niswin, bisa kasih ringtone dengan bunyi yang kita suka

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email