Nis Windows

www.niswindows.com

Review Buku (17) - The Extraordinary Story of Chairul Tanjung

8 komentar


Judul buku : The Extraordinary Story of Chairul Tanjung Indonesia's Most Inspiring Entrepreneur (The English Translation of Si Anak Singkong)

Biographer : Thahja Gunawan Diredja

Penerbit : Kompas

Tahun :  2014

Jumlah : 410 halaman ebook


Sekilas Tentang Buku Ini

Buku yang menceritakan kisah hidup Chairul Tanjung ini adalah versi bahasa inggris dari buku yang berjudul Anak Singkong. Dulu sering banget iklan bukunya tayang di Trans TV dan Trans 7. Tak lain karena beliau memanglah pimpinan dari Trans Corporation. 

Selain karena sering lihat iklannya di televise aku pengen baca buku ini juga karena waktu itu lagi viral CEO Gojek yang diangkat menjadi menteri pendidikan yaitu Nadiem Makarim. Sayangnya gak ada buku yang berceritakan profil Nadiem ini. Dan aku ketemu buku Chairul Tanjung berhubung di Gramedia Digital. 

Terus buku ini juga masuk dalam waiting list aku jadi sekalian lah pilih buku ini untuk di baca. Ya mirip-mirip lah cerita pak Nadiem yang asalnya pengusaha start up dan pak chairul yang pengusaha macam-macam bisnis  kemudian menjadi Menteri.

Oh ya aku juga sengaja baca buku ini karena ada versi bahasa inggrisnya. Beberapa waktu yang lalu aku sudah bisa baca novel berbahasa inggrisnya Tere Liye yaitu, earth, moon, dan sun. Sekarang aku ingin naik tingkat dari novel berbahasa inggris menjadi buku non fiksi berbahasa inggris. Ternyata rasanya susah baca non fiksi versi English gak senyaman novel bahasa inggris yang bahasanya kayak bahasa rutin sehari-hari.




Siapa Itu Chairul Tanjung?

Lahir di Jakarta pada tanggal 16 Juni 1962 pria yang bernama lengkap Prof. drg. Chairul Tanjung, M.B.A ini adalah seorang pengusaha ternama di Indonesia. Pada zaman presiden SBY, beliau pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian menggantikan Hatta Rajasa sejak 19 Mei 2014 hingga 27 Oktober 2014.


Isi Buku Chairul Tanjung

Buku ini terdiri dari 40 bab yang menceritakan kisah Chairul Tanjung. Bagian pertama menceritakan kehidupannya sebagai seorang yang menuntut ilmu. Dimana ia terlahir dari keluarga biasa. Beliau tinggal di jakarta di salah satu gang kumuh yang bernama gang abu. Ayahnya adalah seorang wartawan yang saat itu kesulitan ekonomi karena suatu kondisi. Dan ibunya seorang ibu rumah tangga yang memiliki 6 orang anak. Pada suatu waktu Chairul harus tinggal di tempat neneknya agar meringankan beban orang tuanya.



Bagian selanjutnya menceritakan pekerjaan yang pernah ia lakukan. Waktu kecil pernah berjualan es. Kemudian saat kuliah kedokteran beliau berusaha fotokopi hingga pernah menjual peralatan praktek kedokteran. Dan pernah juga berbisnis sepatu selepas lulus kuliah.



Kemudian bagian selanjutnya menceritakan pencapaian karir yang beliau peroleh. Salah satu hal yang patut dicontoh dari beliau adalah Networking. Dimana disaat sekolah beliau sudah pandai bernegosiasi ketika membeli tali tambang untuk keperluan piknik sekolah. Bahkan saat sudah lulus dan bekerja beliau tetap menjaga networking dengan menjadi ketua komite sekolah yang pertama kali membuat reuni besar-besaran yang akhirnya dapat membantu peningkatan fasilitas sekolahnya.

.

Pendapatku tentang buku Chairul Tanjung

Bagian yang aku sukai adalah background berliau yang tidak punya priviledge yang bagus, dalam artian seorang pengusaha bukan karena lingkungan atau keturunan pengusaha yang kaya. Bahkan meski tinggal di gang sempit dan mempunyai rumah dengan toilet di luar yang digunakan bersama tetangga lainnya beliau ini bisa berkuliah di kedokteran bahkan saudara beliau ini  juga sekolah kedoktoran yang bernama Chairil.

Aku sungguh tak menyangka background pendidikan Chairul Tanjung ini adalah Dokter Gigi. Aku berpikir karena beliau pengusaha ternama mungkin pendidikannya dalam jurusan ekonomi dan semacamnya ternyata dari kesehatan. Buat kalian yang merasa salah jurusan jangan khawatir siapa tau nasib kalian bisa berubah seperti pak chairul ini.

Bagian awal cerita menyenangkan dibaca kemudian dibagian akhir banyak sekali pencapaian yang diperlihatkan beserta foto-fotonya. Jadi aku kurang tertarik dengan bagian buku terakhir.


Oh ya aku baca buku Chairul Tanjung ini di aplikasi Gramedia Digital. Kalian sudah pernah pakai aplikasi itu belum? 
Niswin
Hey you can call me Niswin. I born and live at Banjarmasin City, Kalimantan Selatan Province. I work as an administration in a small government office. I am blogger and reviewer book. I also love cat. You can follow my instagram @niswindows_com and also my lifestyle blog www.niswindows.com

Related Posts

8 komentar

  1. Aku masih baca versi bahasa indonya
    background pendidikan bukan berarti jalan hidup sesuai dgn gelar
    aku suka networkingnya pak CT

    BalasHapus
  2. Aku belum pernah baca dan kaget background pendidikannya kedokteran gigi. Kirain salah tulis gelar hehe

    BalasHapus
  3. Yei sama kita, langganan gramedia digital. Meski mode bacanya kurang nyaman buat usia tua, tapi murah dan bisa banyak baca buku.

    BalasHapus
  4. salah satu value yang perlu dicontoh para blogger: networking 😁

    BalasHapus
  5. Punya bukunya tapi belum kebaca sama sekali, untung baca artikel ini, jadi punya gambarannya hehee

    BalasHapus
  6. Marik banget kisah Pak Chairil Tanjung. Masuk list bacaan aku selanjutnya, hehe. Makasih buat sharingnya mbaa, jadi tertarik untuk baca buku ini juga😊🤗

    BalasHapus
  7. waah backgroundnya jedokteran gigi ya, mirip tasya farasya yg youtuber kecantikan dokter gigi jg backgroundnya

    BalasHapus
  8. Oh aku sering dengar nama tokoh ini, walah ternyata tokoh hebat.
    Aish thank ka infonya

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email